Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH SIA

MAKALAH SIA

Ratings: (0)|Views: 669 |Likes:
Published by Koeswandi Farazt
makalah SIA CEp kuswandi
POLBAN
makalah SIA CEp kuswandi
POLBAN

More info:

Published by: Koeswandi Farazt on Apr 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2012

pdf

text

original

 
1
PROSES PEMBELIAN
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Perusahaan dagang adalah suatu organisasi yang bergerak dibidang penjualan barang dan jasa. Kegiatan penjualan yang dilakukan oleh perusahaandagang tak lepas dari proses pembelian. Proses pembelian itu sendiri dilakukan perusahaan dagang sebagai fasilitas untuk menerima dan menyimpan persediaan barang yang nantinya akan dijual. Entitas yang berperan penting dalam proses pembelian adalah pemasok. Perusahaan memerlukan pemasok karena pemasok menyediakan barang-barang yang akan dijual oleh perusahaan nantinya.Persediaan barang merupakan kunci utama dalam kegiatan penjualan, karena jikatidak ada persediaan barang maka perusahaan tidak dapat menjalankankegiatannya. Persediaan barang itu sendiri akan diperoleh perusahaan melalui proses pembelian terlebih dahulu. Oleh karena itu proses pembelian sangat berperan penting dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dagang.Setiap harinya perusahaan dagang, jasa, maupun manufaktur melakukan pembelian guna memperlancar usahanya. Setiap perusahaan pun pasti membuatsistem agar kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan baik. Beberapa perusahaan pembeli menginginkan sedikit persediaan dengan biaya lebih rendah, tetapimemiliki produk yang selalu tersedia. Jika itu terjadi maka akan membuatkonsumen puas.Proses Pembelian merupakan awal dari proses penjualan suatu barang didalam perusahaan dagang. Oleh karena itu proses pembelian sangat penting peranannya dalam keberlangsungan perusahaan sehingga harus didukung olehsistem dan pengendalian intern yang baik supaya proses pembelian berjalansistematis dan mampu mengantisipasi serta mengatasi segala gangguan yang dapatmenghambatnya.
 
2
 
PROSES PEMBELIAN
 
1.2 SASARAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari bab ini mahasiswa diharapkan mampu untuk:1.
 
M
engetahui definisi dan fungsi dasar dari proses pembelian.2.
 
M
engetahui hubungan antara proses pembelian dan lingkungannya.3.
 
M
engetahui fungsi dari rantai persediaan dalam organisasi.4.
 
M
emahami karakteristik logika dari tipe proses pembelian.5.
 
M
enggambarkan proses logika dari proses pembelian.
 
3
 
PROSES PEMBELIAN
 
BAB IIURAIAN MATERI
2.1 Definisi dan Fungsi Proses Pembelian
Proses pembelian adalah suatu interaksi dari struktur orang-orang, peralatan metode-metode, dan pengendalian-pengendalian yang didesain untuk menyelesaikan fungsi utama, yaitu:1.
 
menangani pekerjaan rutin dari departemen pembelian dan penerimaan.2.
 
mendukung proses pengambilan keputusan bagi para manajer yangmenangani departemen pembelian dan penerimaan3.
 
membantu menyiapkan laporan internal dan eksternal.Pertama, proses pembelian menangani pekerjaan rutin dari departemen pembelian dan penerimaan dengan menangkap dan mencatat data operasi yang berhubungan dari hari ke hari dari departemen tersebut. Data yang telah dicatatselanjutnya dapat digunakan untuk menghasilkan sumber data (seperti laporan pesanan pembelian dan penerimaan) dan untuk membuat laporan internal daneksternal.Proses pembelian mempersiapkan sejumlah laporan perseorangan yangdigunakan pada berbagai level manajemen. Sebagai contoh, manajer departemen pembelian dapat menggunakan laporan pesanan pembelian untuk memastikanorder yang belum terpenuhi.Dalam pembahasan ini kita akan membahas dua bagian yang akan berhubungan dengan proses pembelian yaitu barang dan jasa. Yang termasuk  barang yaitu bahan baku, persediaan, perlengkapan, aktiva tetap, dan harta tak  berwujud. Jasa digambarkan oleh pemasok di luar, mencakup kontraktor, perusahaan catering, servis handuk, konsultan, auditor dan lain sebagainya.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
gagabonn liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->