Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ayat iptek

Ayat iptek

Ratings: (0)|Views: 391 |Likes:
Published by hadiprana

More info:

Published by: hadiprana on Apr 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

 
Ayat-Ayat Al-Qur'an yang berhubungan dengan IPTEK 
Al-Qur¶an dan IPTEK (2): Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan dalam IslamTsaqafah Islamiyah13/11/2005 | 11 Shawwal 1426 H | 15,062 viewsOleh: Al-Ikhwan.netKirim PrintSetelah kita mengetahui betapa tinggi perhatian Islam terhadap ilmu pengetahuan dan betapa Allah SWTmewajibkan kepada kaum muslimin untuk belajar dan terus belajar, maka Islampun telah mengatur danmenggariskan kepada ummatnya agar mereka menjadi ummat yang terbaik (dalam ilmu pengetahuan dandalamsegala hal) dan agar mereka tidak salah dan tersesat, dengan memberikan bingkai sumber pengetahuan berdasarkanurutan kebenarannya sebagai berikut.
1. Al-Qur¶an dan Sunnah:
Allah SWT telah memerintahkan hamba-Nya untuk menjadikan al-Qur¶an dan Sunnah sebagai sumber  pertama ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan keduanya adalah langsung dari sisi Allah SWT dan dalam pengawasannya, sehingga terjaga dari kesalahan, dan terbebas dari segala vested interest apapun, karena iaditurunkan dari Yang Maha Berilmu dan Yang Maha Adil. Sehingga tentang kewajiban mengambil ilmu darikeduanya, disampaikan Allah SWT melalui berbagai perintah untuk memikirkan ayat-ayat-Nya (QS 12/1-3) danmenjadikan Nabi SAW sebagai pemimpin dalam segala hal (QS 33/21).
2. Alam semesta:
Allah SWT telah memerintahkan manusia untuk memikirkan alam semesta (QS 3/190-192) dan mengambil berbagai hukum serta manfaat darinya, diantara ayat2 yang telah dibuktikan oleh pengetahuan modern seperti :
y
 
Ayat tentang asal mula alam semesta dari kabut/nebula (QS 41/11).
y
 
Ayat tentang urutan penciptaan (QS 79/28-30): Kegelapan (nebula dari kumpulan H dan He yang bergerak  pelan), adanya sumber cahaya akibat medan magnetik yang menghasilkan panas radiasi termonuklir (bintang dan matahari) ₶ pembakaran atom H menjadi He lalu menjadi C lalu menjadi O baruterbentuknya benda padat dan logam seperti planet (bumi) panas turun menimbulkan kondensasi barumembentuk air baru mengakibatkan adanya kehidupan (tumbuhan).
y
 
Ayat bahwa bintang2 merupakan sumber panas yang tinggi (QS 86/3), matahari sebagai contoh tingkat panasnya mencapai 6000 derajat C.
y
 
Ayat tentang teori ekspansi kosmos (QS 51/47).
y
 
Ayat bahwa planet berada pada sistem tata surya terdekat (sama ad-dunya) (QS 37/6).
y
 
Ayat yang membedakan antara planet sebagai pemantul cahaya (nur/kaukab) dengan matahari sebagaisumber cahaya (siraj) (QS 71/16).
y
 
Ayat tentang gaya tarik antar planet (QS 55/7).

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->