Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Ph Meter

Laporan Ph Meter

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 4,217 |Likes:

More info:

Published by: Benni Pranatal Cristian Sirait on Apr 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2013

pdf

text

original

 
BAB I PENDAHULUAN1.1 Tujuan Percobaan Praktikum1.2 Prinsip Kerja pH Meter
Pada prinsipnya pengukuran suatu pH adalah didasarkan pada potensial elektro kimia yangterjadi antara larutan yang terdapat didalam elektroda gelas (membrane gelas) yang telahdiketahui dengan larutan yang terdapat diluar elektroda gelas yang tidak diketahui. Hal inidikarenakan lapisan tipis dari gelembung kaca akan berinteraksi dengan ion hydrogen yangukurannya relative kecil dan aktif, elektroda gelas tersebut akan mengukur potensial elektrokimiadari ion hydrogen atau diistilahkan dengan potential of hydrogen. Untuk melengkapi sirkuitelektrik dibutuhkan suatu elektroda pembanding. Sebagai catatan, alat tersebut tidak mengukur arus tetapi hanya mengukur tegangan.Gambar 1. Skema elektroda pH meter  pH meter akan mengukur potensial listrik (pada gambar alirannya searah jarum jam) antaramerkuri Cloride (HgCl) pada elektroda pembanding dan potassium chloride (KCl) yangmerupakan larutan didalam gelas electrode serta potensial antara larutan dan elektroda perak.Tetapi potensial antara sampel yang tidak diketahui dengan elektroda gelas dapat berubahtergantung sampelnya, oleh karena itu perlu dilakukan kalibrasi dengan menggunkan larutanyang equivalen yang lainya untuk menetapkan nilai dari pH.
 
E
lektroda pembanding calomel terdiri dari tabung gelas yang berisi potassium kloride (KCl)yang merupakan elektrolit yang mana terjadi kontak dengan mercuri chloride (HgCl) diujunglarutan KCl. Tabung gelas ini mudah pecah sehingga untuk menghubungkannya digunkanceramic berpori atau bahan sejenisnya.
E
lektroda semacam ini tidak mudah terkontaminasi olehlogam dan unsure natrium.
E
lektroda gelas terdiri dari tabung kaca yang kokoh yang tersambung dengan gelembung kacatipis yang. Didalamnya terdapat larutan KCl sebagai buffer pH 7.
E
lektroda perak yang ujungnyamerupakan perak kloride (AgCl
2
) dihubungkan kedalam larutan tersebut. Untuk meminimalisir  pengaruh electric yang gak diinginkan, alat tersebut dilindungi oleh suatu lapisan kertas pelindung yang biasanya terdapat dibagian dalam elektroda gelas.Pada kebanyakan pH meter modern sudah dilengkapi dengan thermistor temperature yaitu suatualat untuk mengkoreksi pengaruh temperature. Antara elektroda pembanding dengan elektrodagelas sudah disusun dalam satu kesatuan.m Gambar 2.
E
lektroda pH meter modernKeterangan gambar.
 
1. Bagian perasa electrode yang terbuat dari kaca yang sfesifik.2. Larutan buffer.3. Cairan HCL.4.
E
lektroda ukur yang dilapisi perak.5. Tabung gelas elektroda.6.
E
lektroda referensi.7. Ujung kawat yang terbuat dari keramik.
1.3 Teori1.3.1 Defenisi pH Meter
 pH meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur derajat tingkat keasaman atau kebasaansuatu larutan atau yang lazimnya disebut dengan pH suatu larutan.
1.3.2 pH
 pH adalah suatu satuan ukur yang menguraikan derajat tingkat kadar keasaman atau kadar alkalidari suatu larutan. Unit pH diukur pada skala 0 sampai 14. Istilah pH berasal dari " p", lambangmatematika dari negatif logaritma, dan " H", lambang kimia untuk unsur Hidrogen. Definisi yangformal tentang pH adalah negative logaritma dari aktivitas ion Hydrogen. pH = -log[H+]. pH dibentuk dari informasi kuantitatif yang dinyatakan oleh tingkat derajat keasaman atau basayang berkaitan dengan aktivitas ion hydrogen. Nilai pH dari suatu unsur adalah perbandinganantara konsentrasi ion hydrogen [H+] dengan konsentrasi ion hidroksil [OH-]. Jika konsentrasi

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Karla Fransiska liked this
Ayu Fitriani liked this
Muhamad Ghadafi liked this
Ito Purnomo liked this
Afive Faizal liked this
Sandjaya Buddy liked this
Azura Linda added this note
bukan yg ini yg saya mauuuu

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->