Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Organisasi Beserta Tokoh Tokohnya

Teori Organisasi Beserta Tokoh Tokohnya

Ratings: (0)|Views: 923 |Likes:
Published by Syahayuniar Messayu

More info:

Published by: Syahayuniar Messayu on Apr 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

 
1
Teori Klasik 
Adam Smith
Adam Smith dalam bukunya berjudul
The Wealth of Nation
terbit pada tahun1776 menjelaskan bagaimana meningkatkan efisiensi dengan melakukan pembagian kerja sebagai suatu pedoman dalam desain organisasi. Adam Smith percaya bahwa pembagian tenaga kerja akan efektif jika syarat syarat berikutterpenuhi, yakni:1.
 
Kesatuan control
: perlu adanya sutu piramida hierarkhi dengan suatu pu-sat otoritas, dan suatu lingkup pengawasan tertentu pada tiap tingkatan.2.
 
Spesialisasi
: berdasarkan tujuan tegas,´ proses´ atau klien atau pelanggan3.
 
Kesatuan geografis
: orang orang yang perlu secara fisik ditempatkan me-nurut spesialisasi mereka.
Max Weber
Max Weber membuat rangkuman mengenai bentuk organisasi yang efisien. Iamenyebutnya sebagai birokrasi dan mengambarkan birokrasi sebagai berikut:
y
 
Suatu organisasi dengan fungsi fungsi resmi yang beroperasi secara terusmenerus dengan dibatasi oleh sutu aturan.
y
 
Setiap unit disusun dengan suatu lingkup kecakapan tertentu.
y
 
D
isusun sedemikian rupa sehinnga jabatan jabatan yang ada mengikuti prinsip hierarki sebagai tersebut.Adam Smith menggambarkan bahwa dalam membangun organisasi diperlukansyarat syarat sebagai dasar membangun organisasi. Menurut saya , syarat san-gat penting karena orang orang yang terpilih sesuai dengan syarat tersebut me-merankan peranan penting dalam membangun organisasi. Hanya saja pemba-gian kerja tersebut tidak memperhatikan sisi lain yang mendukung kinerja seo-rang individu.
 
2
 
y
 
D
itetapkan dengan aturan aturan teknis (berhubungan dengan tugas) dannormative ( berhubungan dengan tingkah laku).
y
 
Memperkerjakan staf secara resmi. Mereka menerima dan meletakkan ja- batan berdasarkan criteria yang bersifat impersonal.
y
 
D
iatue secara legal sehingga jabatan jabatan itu tidak dipegang berdasar-kan hak, dan kepemilikan dipisahkan dari pengawasan.Lebih jauh Weber mengemukakan cara birokrasi membantu mengesahkan kekua-saan dengan menggunakan pertimbangan hukum yang rasional.
H
enri Fayol
G
M di suatu industry pertambangan yang besar di Perancis menulis suatu artikeldengan judul Administration Industriale et generale.
D
alam tulisannya ia menge-mukakan ide, bahwa manajemen terdiri dari lima unsure, yakni perencanaan, pen-gorganisasian, perintah koordinasi, dan pengawasan. Kategori tersebut ditambah ³motivasi´, sering dipakai hingga sekarang untuk menjelasakan tugas manajerial.
F.W Taylor
F.W Taylor di Amerika membangun pemikiran mengenai majemen ilmiah yangmenyatakan bahwa karyawan adalah makhluk yang rasional yang berusaha mem- perbesar pendapatan mereka, dan tugas manjemen adalah menggunakan teknik dan prosedur yang menghasilkan usaha yang maksimum dan efisien. TaylorismeMenurut saya ,Weber membentuk hieraki atau aturan teknis dalam menjalankansuatu organiasi. Ia menyebutnya sebagi birokrasi. Ini sangat penting karena tiaporang dalam suatu organisasi memiliki peranan yang berupa kewenangan dantanggung jawab.Menurut saya ,Henry Fanyol memetakan unsure unsure yang membuat manaje-men yang baik dan ada yang ditambahkan lagi dengan motivasi sebagi penggerak individu dalam menciptaka manajemen yang baik.
 
3
 
lebih merupakan suatu filosofi manajemen daripada sebagi teori organisasi.Meskipun demikian, dapat dilihat bagimana perluasan teknik seperti studi gerak dan waktu dan system pembayaran intensif merupakan suatu pengembangan ala-mi dan manajerlisme dan diyakini dalam struktur yang rasional dan beruntutan.
Teori Neo Klasik 
H
ugo Munsterberg
D
iakui secara luas sebagai penemu psikologi industry. Hugo Munsterbergmenerbitkan buku pedomannya, psychology Industrial Efficiency, yaitu padatahun 1913. Buku ini menjembatani secara penting antara manajemen ilmiah danteori neoklasik yang matang, yang telah berkembang sekitar tahun 1930-an.Munsterberg mengembangkan tes tes psikologi secara ilmiah yang akanmemperkenalkan atau menunjukkan hal hal yang mudah mendapatkankecelakaan, yaitu pekerjaan juru mesin kereta api listrik, nahkoda nahkoda kapalyang mungkin mendapatkan keputusan yang benar dalam suatu keadaan darurat,dan para wanita yang mungkuin menjadi operator telepon yang baik. Ia jugamengadakan pengkajian yang sama terhadap beberapa pengusaha lainnya. Ia berusaha untuk mendapatkan orang orang terbaik bagi suatu pekerjaan dan ia jugamelakukan penelitian dan merancang pekerjaan itu sendiri untuk dihadapkan padakeseimbangn yang lebih mendekatkan ddengan sifat sifat dan kemampuanmanusia. Ia meneliti secara monoton, meletihkan , penyesuaian secara psikologis,dan semua factor yang dapat memepengaruhi secara kuat dan prestasi kerjannya.Munsterberg mengemukakan bahwa langkah pendekatannya agaknya akanmengurangi pemborosan yang tak terbatas pada sumber sumber pengahasilanmanusia dan akan mendatangkan keuntungan ekonomi yang besar kepadaMenurut saya ,Taylor menganalogikan manusia sebagai makluk yang selalu be-rusaha mendapatkan kebutuhannya sebagai dasar usaha yang dilakukan manusia.Oleh karena itu, manusia hanya dilihat sebagi salah satu sisi dan mengesamping-kan manusia sebagai makhluk lain yang terlepas dari makhluk ekonomi.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Evon Tan liked this
cca_annisa liked this
Zulrahmat Togala liked this
Akhmad Naufal liked this
Busyuk Cyg liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->