Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN BADAN PENGAWAS 2010

LAPORAN BADAN PENGAWAS 2010

Ratings: (0)|Views: 2,692 |Likes:
Published by ujangketul62
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Published by: ujangketul62 on Apr 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2013

pdf

text

original

 
1
Kami yang bertandatangan di bawah ini: Nama-nama sebagai Pengurus BadanPengawas Koperasi Pegawai Negeri Sipil Dinas Kesehatan Kab Merangin(selanjutnya ditulis dan dibaca “KPN SEHAT”) telah melakukan pemeriksaanterhadap ADMINISTRASI dan KEUANGAN “KPN SEHAT”. Pengawasan mulaidilakukan sehari setelah pelaksanaan RAT tahun usaha 2009 pada 17 Maret 2010sampai dengan akhir Februari 2011. Pemeriksaan dokumen dilakukan dari Januarisampai dengan Februari 2011.Pengawasan yang dilakukan yang bersifat kwalitatif dan hasilnya adalah:1. adanya transaksi perkreditan yang dilakukan oleh KPN SEHAT,2. adanya transaksi pinjam yang tidak menggunakan prinsip bunga atas pinjamansebagaimana yang diterapkan KPN SEHAT kepada anggota lainnya,3. adanya keinginan beberapa anggota agar ada unit usaha warung serba ada, yangmenyediakan kebutuhan konsumsi rumahtangga dan perkantoran,4. juru buku belum maksimal dalam melaksanakan tugas pokoknya,5. adanya keinginan anggota untuk transaksi pinjaman di atas 20 juta rupiah,6. anggota hanya berkeinginan untuk segera dilaksanakannya pembagian SHU,tanpa mempedulikan pelaksanaan RAT,7. pelaksanaan dari rencana kerja dan rencana anggaran yang disusun dalam RATtahun 2009 belum seluruhnya terlaksana pada tahun buku tahun 2010.Dari pengawasan ini kami BADAN PENGAWAS menyarankan kepadaPENGURUS KPN SEHAT agar segera dan setepatnya melakukan:1. pembukaan unit usaha perkreditan dengan memenuhi pengadaan barangkeinginan anggota akan barang kebutuhan sekunder, seperti: SEPEDA MOTOR,MEUBELAIR, ELEKTRONIK, KOMPUTER dan lainnya sesuai kebutuhananggota,2. segera mengatur prinsip pinjaman atas nama kebutuhan mendesak anggota dankebutuhan dinas dalam ART,3. membuka unit usaha warung serba ada yang menyediakan kebutuhan SEMBAKOdan ATK dan konsumsi sekunder lainnya seperti rokok, minuman dingin,fhotocopy dan lain sebagainya,4. menyegerakan pengurusan HARTA TETAP TAK BERWUJUD, yang nilaiekonominya tidak menyusut seperti:a. tanda daftar koperasi (TDP)
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Softwarehttp://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
 
2
b. nomor pokok wajib pajak (NPWP)c. surat izin tempat usaha (SITU)d. surat izin usaha koperasi (SIUP)5. mempertimbangkan mengangkat juru buku yang bertugas khusus penatabukuankas dan sebagai kasir membantu bendahara koperasi dalam administrasiikeuangan untuk koperasi dan berkantor di ruang kantor koperasi dengan gajiperbulan yang dibebankan kepada biaya operasional koperasi,6. menyegerakan pengumpulan simpanan sukarela dari anggota yang diberi bungadan segera memberlakukan simpanan pokok sebesar Rp. 100.000.oo terhitungmulai bulan April 2011,7. perlunya pemanfaatan dana pendidikan untuk pendidikan perkoperasian bagianggota dengan GBPP Perkoperasian, yang nara sumbernya dapat dilakukanoleh Pengurus, Badan Pengawas atau Akuntan Publik dan atau dari DinasKOPERINDAGKOP kabupaten atau Provinsi Jambi,8. penyusunan Anggaran Dasar Perubahan dan Anggaran Rumah Tangga KPNSEHAT telah selesai dan dalam RAT ini agar dapat di syahkan penggunaannya,9. jika memungkinkan ada modal penyetaraan bagi anggota yang baru masukdengan penghitungan dari simpanan rata-rata anggota 5 tahun.10. saran-saran terhadap hasil pengawasan seperti pada butir di atas mohon disikapidengan analisa ekonomi dan manfaat bagi anggota KPN SEHAT oleh pengurus.Sesuai dengan Anggaran Dasar “KPN SEHAT” dan kebijakan pemerintahlainnya perihal Perkoperasian di Indonesia, maka ruang lingkup pemeriksaan danpengawasan adalah:
1. ANGGARAN DASAR
ANGGARAN DASAR adalah kekuatan hukum perkoperasian nomor tiga setelahUUD 45 pasal 33; Kebijakan Pemerintah di bidang perkoperasian, dan seharusnyadijadikan pedoman dalam menjalankan koperasi. Anggaran Dasar disyahkanpemerintah melalui NOTARIS dengan AKTA PENDIRIAN dan kemudian disyahkanoleh pemerintah dengan Keputusan Kepala Daerah melalui Kepala Dinas KoperasiPerdagangan dan UKM Kabupaten.Salah satu isi dari AD adalah: PENGURUS, temuannya diantaranya adalahbelum mensikapi keputusan RAT tahun buku 2009 secara paripurna, setelah
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Softwarehttp://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
 
3
konfirmasi maka jawabannya adalah hal tersebut terjadi karena berhubungan denganbeban tugas pokok sebagai pejabat di Dinas Kesehatan Kab. Merangin. Selain itubelum berlakunya anggaran dasar perubahan dan anggaran rumah tangga yangdisusun oleh panitia penyusun AD dan ART KPN Sehat.Sebagai proses pembelajaran bagi semua maka BADAN PENGAWAS merasaperlu menuangkan sedikit informasi yang semoga saja bermanfaat bagi semua kita.Informasi tersebut adalah: Adapun tugas, wewenang dan tanggung jawab danmasing-masing jabatan pada Koperasi adalah sebagai berikut:
1.
 
Ketua;
Mempunyai kekuasaan tertinggi, dalam mengambil keputusan secara menyeluruhdengan persetujuan rapat anggota.a. Tugas ketua koperasi antara lain:1. Memimpin organisasi yang dipimpinnya2. Bertanggungjawab atas perkembangan koperasi kepada rapat anggota3. Mewujudkan dan membuat rencana jangka panjang koperasi. Bersama-samawakil ketua, sekretaris, dan bendahara menandatangani dokumen yang berhubungan dengan administrasi dan keuangan.b. Wewenang ketua koperasi adalah menetapkan ketentuan-ketetuan tentang pemberianlayanan koperasi kepada anggota.c. Tanggung jawab ketua koperasi yaitu memberikan laporan hasil pengelolaan koperasi di depan rapat anggota.
2.
 
Wakil ketua;
Mempunyai tugas, menggantikan posisi ketua jika berhalangan danmembantu tugas-tugas ketua untuk mengambil keputusan dan memberikan ide atau masukan untuk kepentingan pertumbuhan dan perkembangan koperasi.
3.
 
Sekretaris
 a .Tugas–tugas Sekretaris koperasi antara lain:1. menyusun laporan organisasi 2. melakukan kegiatan surat menyurat dan pencatatan3. mendata anggota koperasi 4. Mengarsip segala bentuk laporan koperasi b. Wewenang Sekretaris adalah melaksanakan tertib administrasi c. Tanggung jawab, Sekretaris bertanggung jawab terhadap administrasi organisasi.
4.
 
Bendahara
 a. Tugas–tugas Bendahara koperasi antara lain:1. Memberikan uang simpan pinjam kepada bagian administrasi untuk pinjamananggota.2. Menerima pinjaman dari badan usaha simpan pinjam3. Menyusun laporan keuangan dalam rangka rapat anggota
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Softwarehttp://www.foxitsoftware.com For evaluation only.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ria Septiani liked this
Gede Suyasa liked this
Dwi Winardi liked this
ainoway_2020 liked this
ainoway_2020 liked this
Alaika Muttaqin liked this
Alaika Muttaqin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->