Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
penyakit tanaman durian

penyakit tanaman durian

Ratings: (0)|Views: 1,932 |Likes:
Published by Andrixinata B

More info:

Published by: Andrixinata B on Apr 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2013

pdf

text

original

 
PAPER PRAKTIKUMHAMA DAN PENYAKIT TANAMAN TAHUNAN (PTN303)SURVEI PENYAKIT TANAMAN DURIAN DI DESA CIKALONGKECAMATAN CIANJUR Kelompok III
Andrixinata BLeli Tian RahmawatiFildzah JamalinaZakarias Wens PikinduA34070016A34080028A34080059A34080099
DosenDr. Ir. Supramana, M.SiDEPARTEMEN PROTEKSI TANAMANFAKULTAS PERTANIANINSTITUT PERTANIAN BOGOR 2011
 
PENDAHULUANLatar belakang
D
urian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebutan durian diduga berasal dari istilah Melayu yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an sehinggamenjadi durian. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yangkulitnya berduri tajam. Tanaman durian berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, danKalimantan yang berupa tanaman liar. Penyebaran durian ke arah Barat adalah keThailand, Birma, India dan Pakistan. Buah durian sudah dikenal di Asia Tenggarasejak abad 7 M. Nama lain durian adalah duren (Jawa, Gayo), duriang (Manado),dulian (Toraja), rulen (Seram Timur).
 King of the fruit,
itulah julukan yang diberikan orang pada durian. Julukanini menggambarkan betapa terkenalnya durian di Indonesia. Begitu banyak  penggemar, hukum pasar bagi durian-durian dijajakan di kota-kota besar seakan-akan tidak berlaku. Meskipun buah durian melimpah, harganya tidak pernahturun. Harga semakin melonjak ketika pasokan kurang.Peluang pasar di Indonesia sangat cerah, karena persepsi masyarakatterhadap buah ini masih tinggi, sehingga harga durian yang berkualitas bisamencapai Rp 30000/kg. Sementara itu, harga durian dipasaran yang kualitasnya biasa saja harganya dapat mencapai Rp 15000/kg. Perdagangan durian di pasar modern selama ini masih di dominasi oleh durian monthong dari Thailand. Hal inidisebabkan oleh mutu buah yang lebih sesuai dengan selera pembeli, konsumenmutu, dan sistem pasokan yang lebih baik.
D
i Indonesia pengelolaan kebun durian secara profesional dan berorientasikomersial merupakan suatu hal yang baru. Banyak kendala yang harusdipecahkan, begitu diambil keputusan untuk membuat kebun, maka persoalan pertama yang dihadapi adalah pemilihan lokasi yang cocok dan kultivar durianyang mampu tumbuh ditempat tersebut. Selain itu kendala yang sangat penting baik pada saat penanaman adalah hama dan penyakit. Penanggulangan hama dan penyakit di kebun durian berskala luas bukan pekerjaan sederhana. Kurangnya pengetahuan tentang hal ini dapat berakibat langsung terhadap produksi. Bentuk kongkrit penurunan produksi dapat berupa pohon tidak berbuah, buah rusak, bahan kematian pohon.
D
i berbagai kebun durian, baik di Indonesia, Malaysia, maupun Thailand, penyakit busuk pangkal batang akibat jamur 
 Phytophthora palmivora
merupakan penyakit paling menakutkan. Adapun hama terpenting yang bisa menimbulkankerugian besar ialah ulat penggerek buah.A.
 
Manfaat tanaman dan Buah
 Bagian buah yang dapat dimakan adalah salut biji berwarna kekuninganyang membungkus biji durian. Ketebalan salut atau daging durian bisa mencapai3cm, tergantung kultivarnya. Umumnya, setiap ruang dalam buah durian berisitiga biji.
 
D
aging buah durian bisa diolah menjadi bahan makanan lain yang tidak kalah sedapnya.
D
aging buah durian dapat difermentasi atau dijadikan asinan.Kini, arilus atau daging durian matang dapat diciutkan, dibungkus, laludibekukan. Cara ini efektif untuk memperpanjang daya simpan daging durian,terutama untuk tujuan ekspor. Namun, selama cita rasa durian lebih disenangidalam bentuk olahan, seperti es krim dan kue-kue.Biji durian yang direbus atau dibakar biasanya dikonsumsi sebagai makankecil. Pucuk dan buah yang masih muda biasanya dimasak untuk lalap. Kulit buahyang dikeringkan bermanfaat sebagai bahan bakar, terutama untuk mengasapiikan. Beberapa bagian pohon durian dimanfaatkan sebagai obat. Kayu pohondurian termasuk kasar, ringan, dan tahan lama,l tetapi bisa digunakan untuk kontruksi dan bahan perkakas rumah yang murah.
B.
 
Sejarah budidaya/penanaman komoditas terkait di Indonesia
Menurut Onny Untung (1999), rata-rata pohon durian warisan nenek moyang sudah berumur puluhan tahun dengan tinggi mencapai puluhan meter.Kondisi ini menimbulkan kerawanan, sebab pohon yang menghasilkan buahdurian unggul bisa saja mendadak mati, tanpa meninggalkan keturunan. Nasib ininyaris menimpa durian petruk, untung saja sebelum pohon induknya matitersambar petir, ada orang yang sudah memperbanyaknya secara vegetatif. Jadi,durian petruk yang dikenal sekarang ini sebenarnya dihasilkan dari keturunandurian petruk asal Jepara yang sudah mati.Pola bertanam durian yang mengandalkan pohon peninggalan jaman dahulukala itu sampai sekarang masih dominan di Indonesia. Meskipun demikian, sudahada sejumlah orang yang mencoba mengebunkan durian dengan skala cukup luas,mulai dari satu hektar sampai ratusan hektar. Orientasi mereka tidak lagi sekedar hobi, tapi sudah mengarah ke bisnis perkebunan durian dengan manajemen yangrapi.
D
urian yang ditanam dipilih yang paling digemari konsumen. Oleh karenadi Indonesia kini orang sedang ³demam´ durian bangkok, maka kultivar kani danotong, dua kultivar durian asal Thailand paling banyak ditanam orang.Perkebunan durian yang dikelola secara intensif seperti itu masih terpusat di PulauJawa, belum meluas sampai ke lain Pulau. Padahal selain di Jawa, tempat tumbuhdurian di Indonesia tersebar di Sumatera, Bali, Nusa tenggara, Kalimantan,Sulawesi, Maluku, dan Irian Jaya.
Tujuan
Mengamati jenis ± jenis penyakit durian secara langsung di lapangan danmenganalisis kejadian penyakit, keparahan penyakit yang menyebabkankehilangan hasil.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Cizka Bieber liked this
Miranti Sasmita liked this
Desi Setyowati liked this
Ackbar Cool liked this
Nona Noni liked this
Tha Aza liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->