Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
47Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengeluaran Pemerintah dan APBN

Pengeluaran Pemerintah dan APBN

Ratings: (0)|Views: 3,878 |Likes:
Published by ichlasia
makalah perekonomian indonesia ttg pengeluaran pemerintah dan APBN
makalah perekonomian indonesia ttg pengeluaran pemerintah dan APBN

More info:

Published by: ichlasia on Apr 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
Pengeluaran Pemerintah dan APBNMakalah Perekonomian IndonesiaPak Achma Hendra Page 1
 
PEREKONOMIAN INDONESIA 
³Pengeluaran Pemerintah dan APBN´
Dosen : Pak Achma Hendra Setiawan, S.E
Nama Kelompok :
1.
 
Alfarizi Cahya Utama C2C008
16
22
.
 
Anggun Kurnia Saraswati C2C008
166
 3
.
 
Bagus Anindito C2C008
17
04
.
 
E
sy Desmayanti C2C008
1
845
.
 
H
arjanti Puspa Arum C2C008
19
2
6.
 
Ic
hlasia Nurul Andra C2C008
196
 
7.
 
Paramita Agusning
.T.
C2C0082
1
2
8
.
 
Petrus Fraidy Legif Putra C2C0082
1
4
 
JURUSA
N
A
K
U
NT
A
N
SI
 
REG-2/
K
ELAS
BF
A
K
UL
T
AS
 
E
KONOM
I
 
UNIVERSITAS DIPONEGORO
 
Pengeluaran Pemerintah dan APBNMakalah Perekonomian IndonesiaPak Achma Hendra Page 2
 
BAB
I
 P
E
NDA
H
ULUAN
1.1
Latar Belakang
Kebijakan fiskal merupakan salah satu kebijakan dalam perekonomian yang dilakukanoleh pemerintah melalui instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).Pengertian anggaran dari sudut pandang ekonomi adalah pemenggalan tujuan perusahaan yangkemudian dipecah dalam rencana strategi tahunan dalam rangka mewujudkan tujuan perusahaan,rencana tahunan tersebut adalah anggaran yang merupakan kendali jalannya perusahaan agar sesuai dengan yang diharapkan. Adapun Kesalahan dalam penyusunan anggaran maupun dalam pelaksanaannya dapat menimbulkan kerugian yang berarti bagi perusahaan tersebut dan yanglebih buruk akibatnya adalah bangkrutnya perusahaan tersebut.Anggaran Keuangan pemerintah sangatlah penting dalam mengatur sumber daya yangada sehingga dapat memajukan negaranya. Akan sangat kacau kondisi suatu Negara apabiladalam pengelolaan sumber daya yang ada tidak direncanakan dengan sebaik-baiknya.Tentunyaaka nada banyak penyimpangan dalam menjalankan system kepemerintahannya.Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah rencana keuangan tahunan pemerintah Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal tersebut bermakna bahwa APBN disusun dengan mempertimbangkan Keadaan Negara saat itu. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negaraselama satu tahun anggaran (1 Januari - 31 Desember). Dalam pelaksanaannya apabila dirasa bahwa APBN tersebut harus mengalami revisi (perubahan) dikarenakan perubahan salah satuatau beberapa item yang terkandung dalam penyusunan, maka segera dilakukan perbaikan.Komposisi APBN secara garis besar memuat Pendapatan, Pengeluaran dan PembiayaanPemerintah. Sama halnya dengan Perusahaan, bahwa ketika pengeluarannya tidak diperhitungkan sehingga haruis dilakukannya peminjaman (berakibat pada pos pembiayaan) pada pihak lain tentunya perlu perhitungan akan kemampuan membayar (likuiditas dansolvabilitasnya). Hutang Indonesia hingga saat ini belum lunas yang berakibat semakin berkurangnya sumber daya guna membayar utang ± utang dan tersisa hanya sedikit yang akandigunakan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia yang begitu banyak.
 
Pengeluaran Pemerintah dan APBNMakalah Perekonomian IndonesiaPak Achma Hendra Page 3
 
APBN disusun berdasarkan siklus anggaran (
budget cycle
). Siklus dan mekanisme APBNini meliputi (a)tahap penyusunan RAPBN oleh pemerintah; (b) tahap pembahasan dan penetapanRAPBN menjadi APBN dengan Dewan Perwakilan Rakyat; (c) tahap pelaksanaan APBN; (d)tahap pengawasan pelaksanaan APBN oleh instansi yang berwenang, antara lain BadanPemeriksa Keuangan; dan (e) tahap pertanggungjawaban pelaksanaan APBN.Pengeluaran adalah hal yang perlu untuk mendapat perhatian dari penetapan jumlah yangdianggarkan pada pos tersebut. Komposisi pengeluaran pemerintah umumnya adalah Belanja Negara yang terdiri dari Belanja pemerinah pusat dan belanja untuk daerah.Makalah ini berusaha untuk membahas masalah APBN dan Pengeluaran pemerintah,seperti ilustrasi yang sedikit diutarakan bahwa penganggaran yang baik berakibat pada majunya perusahaan tersebut dan sebaliknya pengaggaran yang buruk ataupun asal asalan bahkan lebih parah lagi dianggarkan untuk kepentungan segelincir orang maka perusahaan tersebut sedangmenuju pintu kebangkrutan terbaiknya.

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ridwan Nyikuza liked this
Mala Ria liked this
M Al Thariq Ariq liked this
Rafles Rifa'i liked this
Vietha Anggraini liked this
Rafles Rifa'i liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->