Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Climate Change in Indonesia

Climate Change in Indonesia

Ratings: (0)|Views: 85 |Likes:
Published by Alifa Maharani

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Alifa Maharani on Apr 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/13/2012

pdf

text

original

 
2011
CLIMATE CHANGE
In Indonesia
Tugas Rekayasa Perkotaan
Alifa Maharani08/269275/TK/34381
 
1
CLIMATE CHANGE
Perubahan iklim global merupakan malapetaka yang akan datang!Kita telah mengetahui sebabnya - yaitu manusia yang terus menerusmenggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil seperti batu bara,minyak bumi dan gas bumi.Perubahan iklimmerupakan sesuatu yang sulit untuk dihindari olehmahluk hidup dizaman sekarang ini. Penyebabnyaperubahan iklimituadalah karena aktivitas manusia sendiri antara lain efek dari gas rumahkaca yang berkumpul di atmosfer kita, seperti gas karbon dioksida danmetana dan lain-lain yang mengakibatkan kerusakan lapisan ozon diatmosfer. Gas karbon dioksida ini sendiri dihasilkan oleh pembakaranbahan bakar fosil dan juga dari asap industri, sedangkan gas metanadihasilkan akibat pembuangan sampah.Kita sudah mengetahui sebagian dari akibat pemanasan global ini,yaitu mencairnya tudung es di kutub, meningkatnya suhu lautan,kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakitberbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badaibesar. Kita juga telah mengetahui siapa yang akan terkena dampak palingbesar, Negara pesisir pantai, Negara kepulauan, dan daerah Negara yangkurang berkembang seperti Asia Tenggara.Selama bertahun-tahun kita telah terus menerus melepaskankarbondioksida ke atmosfir dengan menggunakan bahan bakar yangberasal dari fosil seperti batubara, gas bumi dan minyak bumi. Hal initelah menyebabkan meningkatnya selimut alami dunia, yang menujukearah meningkatnya suhu iklim dunia, dan perubahan iklim yang tidakdapat diprediksi juga mematikan.Sangat kecil kemungkinan bahwa pemanasan global hanyadisebabkan oleh variasi alamiah. Model iklim yang hanyamemperhitungkan variasi alam (terutama aktifitas matahari dan letusangunung) tanpa mempertimbangkan efek gas rumah kaca gagalmenghasilkan keluaran yang sesuai dengan kenyataan/pengamatan. Hasilsimulasi menjadi akurat setelah memasukkan efek gas rumah kaca kedalam model. Hal ini seperti ditunjukkan pada gambar berikut.
CLIMATE CHANGE In Indonesia
 
1
Kejadian-kejadian iklim yang ekstrim akan mengalami perubahanseorong dengan perubahan iklim dunia. Gelombang panas diperkirakanakan semakin intensif, lebih sering dan berlangsung lebih lama. Di daerahdengan empat musim, jumlah hari dengan suhu lebih rendah dari suhubeku akan semakin berkurang. Musim panas akan lebih kering dan musimdingin akan menjadi lebih lembab. Disamping itu, intensitas badai tropisakan semakin tinggi. Jika emisi gas rumah kaca dikurangi, cepat atau lambatkonsentrasi gas-gas tersebut di atmosfer akan berkurang tergantung dari jenis gasnya. Konsentrasi sebagian gas akan langsung berkurang seketikadengan adanya pengurangan emisi, namun sebagian lagi bahkan adayang tetap meningkat selama beberapa abad setelah pengurangantersebut.
CLIMATE CHANGE In Indonesia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->