Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
105Activity
×
P. 1
As Ma

As Ma

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 21,956|Likes:
Published by Maya Rachmah

More info:

Published by: Maya Rachmah on Apr 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
Makalah
ASMA
Di susun oleh :Maya Rachmah Sari0910723033
 
FUN
DAME
NT
AL ASMA
1. Definisi Asma
Asma adalah penyakit yang memiliki karakteristik dengan sesak napas danwheezing, dimana keparahan dan frekuensi dari tiap orang berbeda. Kondisi ini akibatkelainan inflamasi dari jalan napas di paru-paru dan mempengaruhi sensitivitas saraf pada jalan napas sehingga mudah teriritasi. Pada saat serangan, alur jalan napasmembengkak karena penyempitan jalan napas dan pengurangan aliran udara yangmasuk ke paru-paru (WHO, 2011).Asma juga ditandai dengan meningkatnya respon trakea dan bronkus terhadaprangsangan dengan manifestasi nya dapat berubah secara spontan maupun hasilpengobatan (Muttaqin, 2008).Dengan demikian, asma adalah kelainan inflamasi dengan ciri adanya obstruksialiran napas, hipersensitivitas bronchial dan terdapat inflamasi (Bethesda, 2007).Inflamasi kronis pada bronkus tersebut berhubungan dengan hiperresponsif darisaluran pernafasan yang menyebabkan episode
wheezing
, apneu, sesak nafas danbatuk-batuk terutama pada malam hari atau awal pagi (Kepmenkes, 2009).
2. Etiologi Asma
S
ampai pada saat ini etioologi asma masih belum jelas diketahui secara pasti,namun ada beberapa hal yang merupakan faktor predisposisi dan presipitasi timbulnyaserangan asma bronkhial (Tanjung, 2003; Muttaqin, 2008).
a. Faktor pr 
edis
 po
sisi 
 
GenetikDimana yang diturunkan adalah bakat alerginya, meskipun belum diketahuibagaimana cara penurunannya yang jelas. Penderita dengan penyakit alergi biasanyamempunyai keluarga dekat juga menderita penyakit alergi. Karena adanya bakat alergiini, penderita sangat mudah terkena penyakit asma bronkhial jika terpapar denganfoktor pencetus.
S
elain itu hipersentifisitas saluran pernafasannya juga bisa diturunkan.
b. Faktor pr 
esi 
 p
ta
si 
 
AlergenDimana alergen dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :1. Inhalan, yang masuk melalui saluran pernapasan
 
ex: debu (
D
e
rmatop
h
a
g
o
ides
pt 
e
ro
nissynus
), bulu binatang, serbuk bunga, spora jamur, bakteri dan polusi2. Ingestan, yang masuk melalui mulutex: makanan dan obat-obatan3. Kontaktan, yang masuk melalui kontak dengan kulitex: perhiasan, logam dan jam tangan
Perubahan cuaca
 
Cuaca lembab dan hawa pegunungan yang dingin sering mempengaruhi asma.Atmosfir yang mendadak dingin merupakan faktor pemicu terjadinya serangan asma
.
Kadang-kadang serangan berhubungan dengan musim,seperti: musim hujan, musimkemarau, musim bunga. Hal ini berhubungan dengan arah angin serbuk bunga dan debu.
 
S
tress
S
tress/ gangguan emosi bukan penyebab asma namun dapat menjadi pencetusserangan asma, selain itu juga bisa memperberat serangan asma yang sudah ada.Disamping gejala asma yang timbul harus segera diobati penderita asma yangmengalami stress/gangguan emosi perlu diberi nasehat untuk menyelesaikan masalahpribadinya. Karena jika stressnya belum diatasi maka gejala asmanya belum bisa diobati.
y
 
L
ingkungan kerjaMempunyai hubungan langsung dengan sebab terjadinya serangan asma. Hal iniberkaitan dengan dimana dia bekerja. Misalnya orang yang bekerja di laboratoriumhewan, industri tekstil, pabrik asbes, polisi lalu lintas. Gejala ini membaik pada waktulibur atau cuti.
y
 
Olah raga/ aktifitas jasmani yang berat
S
ebagian besar penderita asma akan mendapat serangan jika melakukanaktifitas jasmani atau aloh raga yang berat.
L
ari cepat paling mudah menimbulkanserangan asma.
S
erangan asma karena aktifitas biasanya terjadi segera setelah selesaiaktifitas tersebut
y
 
Obat-obatanBeberapa klien asma bronkhial sensitif atau alergi terhadap obat tertentuseperti pennisilin, salisilat, beta blocker dan kodein.
3. Epidemologi Asma

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->