Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pendekatan Keilmuan Dalam Rangka Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara Terpadu Dan Sinergis

Pendekatan Keilmuan Dalam Rangka Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara Terpadu Dan Sinergis

Ratings: (0)|Views: 191|Likes:
Published by Yustinus Adityawan
Pengelolaan maupun perlindungan lingkungan hidup dapat didekati dengan integrasi berbagai disiplin keilmuan, salah satunya adalah geomorfologi dan terapannya.
Pengelolaan maupun perlindungan lingkungan hidup dapat didekati dengan integrasi berbagai disiplin keilmuan, salah satunya adalah geomorfologi dan terapannya.

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Yustinus Adityawan on Apr 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2015

pdf

text

original

 
1|
Pengelolaan Lingkungan -
2011
Pendekatan Keilmuan Dalam Rangka Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara terpadu dan Sinergis
PENDEKATAN KEILMUAN DALAM RANGKA PENGELOLAANLINGKUNGANHIDUP SECARA TERPADU DAN SINERGIS
Herlambang, Y.A.
1.Pendahuluan
Pertumbuhan di berbagai sektor diIndonesia baik meliputi pertumbuhanekonomi serta bertambahnya jumlahpenduduk, secara tidak langsungmempunyai korelasi positif terhadappeningkatan permintaan akan sumberdayaalam. Dimana peningkatan permintaantersebut bertujuan untuk mendukungberbagai bentuk dari aktivitas yang adadalam pertumbuhan di suatu negara(Herlambang, 2011).
Pengelolaan Lingkungan HidupTerpadu dan Sinergis
,dapat dibagi menjadibeberapa aspekyang salingbersinambungan yaitu aspek lingkunganhidup
(environmentalaspect)
, aspekpengelolaan lingkungan
(environmental assessment)
, serta aspek keterpaduan dankesinergisan dari program pengelolaanlingkungan hidup itu sendiri
(integrated and synergy)
.Lingkungan hidup merupakankesatuan ruang dengan semua benda, daya,keadaan, dan makhluk hidup, termasukmanusia dan perilakunya, yangmempengaruhi alam itu sendiri,kelangsungan perikehidupan, dankesejahteraan manusia serta makhluk hiduplain (UUPLH 32, 2009).
Gambar 1. Skema Pembangunan dan Ekosistem
(Diadopsi dan dimodifikasi dari Bohlen dan House, 2006)
 
2|
Pengelolaan Lingkungan -
2011
Pendekatan Keilmuan Dalam Rangka Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara terpadu dan Sinergis
Pengelolaan lingkungan sendiri dapatdidefinisikan sebagai upaya sistematis danterpadu yang dilakukan untuk melestarikanfungsi lingkungan hidup dan mencegahterjadinya pencemaran dan/atau kerusakanlingkungan hidup yang meliputiperencanaan, pemanfaatan, pengendalian,pemeliharaan, pengawasan, dan penegakanhukum (UUPLH 32, 2009). Sedangkanaspek keterpaduan dan kesinergisanmerupakan kondisi dari berjalannya danberhasilnya berbagai program pengelolaanlingkungan hidup yang telah direncanakan.
Gambar 2. Model Tekanan –Dampak Respon
(Sumber : Kementrian Lingkungan Hidup, 2006)
Telah dipaparkan pada bagian atas,dimana pembangunan dalam berbagaisektor kehidupan mengalami peningkatanyang cukup signifikan. Berdasarkan haltersebut, tentunya patut disadari bahwaterdapat 3 fakta sebagai konsekuensi dariproses pembangunan.Fakta yang ke-1, bahwa peningkatanpersentase permintaan akan sumberdayaalam tidak selaras dengan jumlahketersediaan sumberdaya alam yangmemadai, sehingga menyebabkan terjadinyamasalah tersendiri pada waktu mendatang.Fakta yang ke-2 bahwa peningkatanaktivitas pembangunan yang terjadi diIndonesia tidak sejalan denganpembangunan sumberdaya manusia yangmerata, adil, dan terintegrasi secara optimal.Kondisi tersebut tentunya akanmenyebabkan konsekuensi lanjutan yangberupa permasalah sosialserta ekonomi.
 
3|
Pengelolaan Lingkungan -
2011
Pendekatan Keilmuan Dalam Rangka Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara terpadu dan Sinergis
Fakta yang ke-3 bahwapembangunan ramah lingkungan harusmenjadi kebijaksanaan baik pusat maupundaerah sehingga akan tercipta kondisilingkungan yang serasi dan seimbang (KLH,2006).Berdasarkan pada fakta yang ke-3,dapat disimpulkan bahwa pembangunanberkelanjutan yang telah dicanangkan olehPemerintah(Pusat maupun Daerah)turutmengimplementasikan aspek keberlanjutanlingkungan hidup/ekologissebagai salahsatudasar darirencana jangka panjangdalam pembangunan berkelanjutan.Berdasarkan ketiga fakta sebagaikonsekuensi lanjutan dari aktivitaspembangunan, tentunya diperlukan adanyasuatu program pengelolaan, pemantauan,serta perlindungan lingkungan hidup yangsejalan dengan
grand-design
pembangunanberkelanjutan yang telah direncanakan,mencakup lingkupmulti sektoral, multispasial, multi temporal, dan multi skalapembangunan.Oleh sebab itu, patut disadaribahwa dalam pengelolaan lingkungan hidupmerupakan suatu kegiatan yang bersifatkompleks yang dapat ditunjang dariintergrasi dan konfigurasi dari berbagaiaspek keilmuan.
2.Terapan Keilmuan dalam PengelolaanLingkunganHidup
Pengelolaan lingkungan hidupmerupakan kajian yang bersifat kompleks,dimana didalamnya terdapat berbagaimacam kepentingan, yang tentunya patutdisadari bahwa kerap kali terjadi benturanberbagai kepentingan sehinggamengakibatkan tidak optimalnya prosespengelolaan lingkungan hidup.Berdasarkanhal tersebut tentunya diperlukan adanyakondisi yang kondusif, terintegrasi, dansinergis dalam berbagai skala lingkup,khususnya aspek keilmuan, perananstakeholder developer, serta ketepatanprogram pengelolaan lingkungan hidup(waktu, biaya, jenis program, pihakpelaksana
(implementer)
, jangka waktupelaksanaan).Sebelum lebih lanjut membahasmengenai terapan aspek keilmuan dalampengelolaan lingkungan hidup, tentunyaterdapat beberapa hal yang perludiperhitungkan yaitu aspek dampak, risiko,bencana, serta sumberdaya. Panniza (1996)memaparkan secara rinci mengenaiketerkaitan hubungan antara kondisilingkungan geomorfologi dengan manusia,yang dapat dipakai sebagai pertimbangandalam proses pengelolaan lingkungan hidup.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
ALphii Zakiyah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->