Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Kliping IPS 8.8

Tugas Kliping IPS 8.8

Ratings: (0)|Views: 366 |Likes:
Published by Rinaldi Adam

More info:

Published by: Rinaldi Adam on Apr 28, 2011
Copyright:Attribution

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

original

 
▬ Manhajul Islam ♂ ▬▬ Ridho Dwi Budiyanyo ♂ ▬▬ Rnaldi Adam ♂ ▬
 
BUMD
Peranan 3 Sektor Usaha Formal Dalam Perekonomian IndonesiaBadan Usaha Milik Negara (BUMN)Sebagai realisasi dari pasal 33 ayat 2 dan 3 UUD 1945 maka didirikanlah Badan UsahaMilik Negara (BUMN). BUMN adalah bada usaha yang modalnya sebagian besar/seluruhnya milik pemerintah/negara. Badan usaha milik pemerintah pusat disebutBUMN,sedangkan badan usaha yang modalnya milik pemerintah daerah disebutBUMD(Badan Usaha Milik Daerah).BUMN dan BUMD didirikan utuk melayani kepentingan umum dan mencari keuntungandalam ranka mengisi kas negara.
BUMN
Pemerintah ikut berperan dalam menghasilkan barang dan atau jasa yang diperlukandalam rangka mewujudkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Hal ini sesuaidengan UUD 1945 Pasal 33 ayat (2), yang berbunyi: “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”.Pelaksanaan peran pemerintah dalam kegiatan produksi diwujudkan dalam kegiatanusaha hampir di seluruh sektor perekonomian. Sebagai pelaksana kegiatan produksi pemerintah mendirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berikut ini maksud dantujuan pendirian BUMN berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2003.1) Memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaannegara pada khususnya.2) Mencari keuntungan.3) Menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi orang banyak.4) Menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi.5) Turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomilemah, koperasi, dan masyarakat.Perhatikan pada Tabel 8.1 mengenai peran pemerintah dalam kegiatan produksi.
 
BUMS
BUMS adalah salah satu kekuatan ekonomi di Indonesia. BUMS merupakan badan usahayang didirikan dan dimiliki oleh pihak swasta. Tujuan BUMS adalah untuk memperolehlaba sebesar-besarnya. BUMS didirikan dalam rangka ikut mengelola sumber daya alamIndonesia, namun dalam pelaksanaannya tidak boleh bertentangan dengan peraturan pemerintah dan UUD 1945. BUMS dalam melakukan perannya mengandalkan kekuatan pemilikan modal. Perkembangan usaha BUMS terus didorong pemerintah dengan berbagai kebijaksanaan. Kebijaksanaan pemerintah ditempuh dengan beberapa pertimbangan berikut ini.a. Menumbuhkan daya kreasi dan partisipasi masyarakat dalam usaha mencapaikemakmuran sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. b. Terbatasnya modal yang dimiliki pemerintah untuk menggali dan mengolah sumber daya alam Indonesia sehingga memerlukan kegairahan usaha swasta.c. Memberi kesempatan agar perusahaan-perusahaan swasta dapat memperluaskesempatan kerja.d. Mencukupi kebutuhan akan tenaga ahli dalam menggali dan mengolah sumber dayaalam.Perusahaan-perusahaan swasta sekarang ini telah memasuki berbagai sektor kehidupanantara lain di bidang perkebunan, pertambangan, industri, tekstil, perakitan kendaraan,dan lain-lain. Perusahaan swasta terdiri atas dua bentuk yaitu perusahaan swasta nasionaldan perusahaan asing. Contoh perusahaan swasta nasional antara lain PT AstraInternasional (mengelola industri mobil dan motor), PT GhobelDharma Nusantara (mengelola industri alat-alat elektronika), PT Indomobil (mengelolaindustri mobil), dan sebagainya. Adapun contoh perusahaan asing antara lain PT FreeportIndonesia Company (perusahaan Amerika Serikat yang mengelola pertambangantembaga di Papua, Irian Jaya), PT Exxon Company (perusahaan Amerika Serikat yangmengelola pengeboran minyak bumi), PT Caltex Indonesia (perusahaan Belanda yangmengelola pertambangan minyak bumi di beberapa tempat di Indonesia), dan sebagainya.Perusahaan-perusahaan swasta tersebut sangat memberikan peran penting bagi perekonomian di Indonesia. Peran yang diberikan BUMS dalam perekonomian Indonesiaseperti berikut ini.a. Membantu meningkatkan produksi nasional. b. Menciptakan kesempatan dan lapangan kerja baru.c. Membantu pemerintah dalam usaha pemerataan pendapatan.d. Membantu pemerintah mengurangi pengangguran.e. Menambah sumber devisa bagi pemerintah.f. Meningkatkan sumber pendapatan negara melalui pajak.g. Membantu pemerintah memakmurkan bangsa.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->