Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
41Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Industri [makalah]

Manajemen Industri [makalah]

Ratings: (0)|Views: 4,986 |Likes:
Published by marit triono

More info:

Published by: marit triono on Apr 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Produksi dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang dilakukan untuk mengolah ataumembuat bahan mentah atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.Produksi dapat juga diartikan sebagai tindakanintensional untuk menghasilkan sesuatu yang berguna.Pengawasan produksi dan operasi merupakan kegiatan untuk mengatur danmengkoordinasikan penggunaan sumberdaya dana serta bahan secara efektif danefisien untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang dan jasa.Fungsi terpenting dalam produksi dan operasi meliputi:Proses pengolahan merupakan metode yang digunakan untuk pengolahan masukan1.Jasa-jasa penunjang merupakan sarana yang berupa pengorganisasian yang perluuntuk penetapan teknik dan metode yang akan dijalankan, sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.2.Perencanaan merupakan penetapan keterkaitan dan pengorganisasian darikegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktuatau periode tertentu pengendalian atau pengawasan merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dantujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan pada kenyataannya dapatdilaksanakan3.Manajemen operasi merupakan pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial yangdibawakan dalam pemilihan, perancangan, pembaharuan, pengoperasian, dan pengawasan sistem-sistem produktif. Faktor-faktor produksi yang digunakandalam proses transformasi bahan baku menjadi berbagai produk atau jasamencakup tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan sebagainya.
1
 
BAB IIPEMBAHASANA. Pengertian Sistem Produksi
Produksi dalam sebuah organisasi pabrik merupakan inti yang paling dalam, spesifik serta berbeda dengan bidang fungsional seperti keuangan, personalia dan lain-lain.Sistem produksi merupakan kata yang sudah tidak asing di dunia industri.Sistem produksi terdiri dari dua kata yaitu sistem dan produksi. Defenisi kata sistemadalah kelompok elemen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu,sedangkan defenisi kata produksi adalah aktivitas untuk menghasilakan barangdan/atau jasa.
 
Sistem produksi memiliki komponen stuktural dan fungsional yang berperan penting dalam menunjang kontunuitas operasional sistem produksi. Komponenstruktural yang membentuk sistem produksi terdiri dari bahan baku (material), mesindan peralatan, tenaga kerja, modal, informasi, dan lain-lain. Sedangkan komponenfungsional terdiri dari : perencanaan, pengendalian, koordinasi, yang kesemuanya berkaitan dengan manajemen dan organisasi.
2
 
Kesimpulan yang didapat adalah sistem produksi merupakan keseluruhan proses atau kegiatan operasional yang dimulai ketika muncul order dari bagianmarketing, kemudian perencanaan produksi disusun oleh bagian PPIC sampai denganselesainya order tersebut di bagian produksi dan siap untuk dikirim ke customer.Adapun elemen-elemen utama dalam sistem produksi adalah input, proses danoutput, serta adanya mekanisme umpan balik untuk pengendalian sistem produksi ituagar mampu melakukan continious improvement.Suatu proses dalam sistem produksi dapat didefenisikan sebagai integrasi dariinput, yaitu : Tenaga kerja, material, informasi metode kerja, dan mesin atau peralatandalam suatu lingkungan guna menghasilkan nilai tambah bagi produk, agar dapatdijual dengan harga yang kompetitif di pasar. Proses itu mengubah input menjadioutput melalui sejumlah langkah yang terorgananisasi.Agar suatu sistem produksi dapat berjalan dengan baik maka perlu adanya perencanaan (planning) dengan baik pula. Tujuan utama dari proses perencanaanadalah menyeimbangkan antara supply dan permintaan (demand). Supplymenunjukkan kemampuan untuk memproduksi barang/jasa untuk memenuhi permintaan dengan tergantung pada sumber daya yang dimiliki dalam sistem.
B. Sistem Perencanaan Produksi
Perencanaan adalah fungsi manajemen yang paling pokok dan sangat luas meliputi perkiraan dan perhitungan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktuyang akan datang mengikuti suatu urutan tertentu. Perencanaan merupakan salah satusarana manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan karena itu setiaptingkat manajemen dalam organisasi sangat membutuhkan aktivitas perencanaanTujuan perencanaan harus tegas, jelas dan mudah dimengerti. Seringkali perencanaanharus mengalami perubahan, oleh karena itu perencanaan harus besifat luwes danterbuka untuk dapat dirubah bila diperlukan. Sifat luwes ini mengakibatkan pelaksanaan kegiatannya harus dimonitor dan dikendalikan terus menerus yang
3

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ari Desmarianto liked this
Ihsan Ibrahim liked this
Lukman Setiadi liked this
Ihsan Ibrahim liked this
Eko Nur Sanjaya liked this
Surya Hutabarat liked this
Eko Nur Sanjaya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->