Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I Seluk Beluk Kalimat

BAB I Seluk Beluk Kalimat

Ratings: (0)|Views: 930 |Likes:
Published by Ibnu So'im

More info:

Published by: Ibnu So'im on Apr 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1. Latar Belakang MasalahUntuk memenuhi pembuatan tugas kelompok ini, kami mencari bahan dari berbagaisumber, baik itu dari buku maupun dari dunia maya.Dalam makalah ini kami membahas tentang seluk beluk kalimat. Kata-kata di dalamkalimat ada yang menyendiri dan ada yang berkelompok dengan kata-kata lain. Masing-Masing kelompok tersebut disebut kesatuan sintaksis. Kesatuan sintaksis itu ditentukan oleh permutasi atau pemindahan. Kata atau kelompok kata yang dapat dipindahkan tempatnyatanpa mengubah arti merupakan kesatuan sintaksis. Kata-kata tersebut disebut gatra. Untuk mencari gatra tersebut perlu adanya prinsip-prinsip,untuk itu kami akan membahasnya dalammakalah ini.Didalam kalimat, ada yang disebut kalimat analitis dan kailmat sintesis.Untuk menambah wawasan kita, kami pun akan membahasnya dalam makalah ini.2. Rumusan MasalahAdapun Rumusan masalah dari makalah ini yaitu:a.
 
Apa saja prinsip-prinsip dalam mencari gatra kalimat dan macam-macamketerangan kalimat.
 
 b.
 
Apakah yang dimaksud kalimat analitis dan sintesis serta bagaimana variasisusunannya.3. Tujuan Penulisan.Makalah ini ditulis dengan tujuan:a. Untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan. b. Sebagai pembelajaran bagi kami agar dapat membuat karya ilmiah.c. Untuk menerangkan prinsip-prinsip dalam mencari gatra dan menerangkanmacam-macam keterangan kalimat.d. Untuk menerangkan tentang kalimat analitis dan sintesis serta variasisusunannya.
 
BAB IISELUK BELUK KALIMAT
1. PRINSIP-PRINSIP MENCARI GATRA DAN MACAM ± MACAM KETERANGANKALIMAT1.1 Pengertian GatraKata - kata di dalam kalimat ada yang menyendiri dan ada yang berkelompok dengankata lain. Masing - masing kelompok kata tersebut disebut kesatuan sintaksis. Jadi hubunganantara kata satu dengan kata yang lain tidaklah sama eratnya.Kesatuan sintaksis itu ditentukan oleh permutasi atau pemindahan. Kata atau kelompok katayang dapat dipindahkan tempatnya tanpa mengubah arti merupakan suatu kesatuan sintaksis.Kata atau kelompok kata tersebut disebut gatra. Jadi, gatra ialah kesatuan sintaksis di dalamkalimat yang dapat diubah-ubah letaknya tanpa mengubah arti kalimat tersebut. Gatra - gatratersebut disebut fungsi atau jabatannya. Fungsi-fungsi tersebut adalah subyek (S), predikat(P), objek (O) dan keterangan (K). Gatra subyek dan predikat dianggap sebagai gatra mutlak yang harus ada jika suatu ujaran mau disebut kalimat. Tetapi apabila sudah diketahui olehkedua belah pihak yang berbicara, salah satu atau keduanya dapat juga tidak tidak disebutkan.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
abqohartea liked this
Andiv Saputra liked this
Hamdani Dani liked this
arifinqolbi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->