Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sambutan Hardiknas 2011-Final

Sambutan Hardiknas 2011-Final

Ratings: (0)|Views: 281 |Likes:
Published by Dikbud Purworejo
Sambutan Menteri Pendidikan di Hardiknas 2011
Sambutan Menteri Pendidikan di Hardiknas 2011

More info:

Published by: Dikbud Purworejo on Apr 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2014

pdf

text

original

 
 SAMBUTAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONALPADA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2011SENIN, 2 MEI 2011
 Assalamu’alaikum wr. wb.Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua
Hadirin Peserta Upacara Yang Berbahagia 
 Alhamdulillah, marilah kita senantiasa bersyukur ke Hadirat Illahi Rabbi,Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kita semuamasih diberi kesempatan, kekuatan, kesehatan dan kecintaan, sehinggakita semua dapat melaksanakan peringatan hari Pendidikan Nasional 2 Mei2011.Melalui peringatan ini, perkenankan kami atas nama pemerintah inginmenyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginyakepada seluruh insan pendidikan, pemerintah daerah, organisasi yangbergerak di dunia pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya atassegala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang telah diberikan dalammembangun dan mengembangkan dunia pendidikan.Dalam kesempatan ini pula, kami menyampaikan selamat Hari PendidikanNasional tanggal 2 Mei 2011, semoga pendidikan kita semakin berkualitasdan semakin terbuka aksesnya bagi rakyat Indonesia secara keseluruhan.
Hadirin sekalian yang berbahagia 
Kita semua telah memahami, bahwa dalam dunia pendidikan itu, manusiasebagai pemeran utamanya, baik sebagai subyek sekaligus sebagai obyek.
 
Keilmuan sebagai medianya, memanusiakan manusia sebagai salah satutujuannya, dan kemampuan untuk menjawab berbagai persoalan yangsifatnya kekinian maupun antisipasi masa depan (kenantian) sebagaikeniscayaannya. Itulah sebabnya mengapa dunia pendidikan itu kompleks,menantang namun sangat mulia. Kompleksitas dan tantangan terusberkembang, seiring dengan perjalanan zaman. Oleh karena itu kita semuaharus secara bersama-sama terus-menerus berikhtiar dengan sungguh-sungguh untuk menanganinya, demi kemuliaan diri, bangsa, negara danumat manusia.
Hadirin sekalian yang berbahagia 
Di sisi lain, kita juga memahami dan menyadari tentang tantangan globaldan internal yang sedang dihadapi, yang mengharuskan kita semua untuk lebih memperkuat jati diri, identitas dan karakter sebagai bangsaIndonesia. Bangsa yang dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa potensisumberdaya alam dan manusia (bonus demografi) yang luar biasabesarnya. Demikian juga kesempatan yang sangat terbuka untuk menjadibangsa dan negara yang besar, maju, demokratis dan sejahtera. Olehkarena itu, dengan optimisme yang kuat, kerja keras dan cerdas sertasemangat kebersamaan, Insya Allah cita-cita mulia itu bisa kita wujudkan.Disinilah mengapa pendidikan berbasis karakter dengan segala dimensi danvariasinya menjadi penting dan mutlak. Karakter yang ingin kita bangunbukan hanya karakter berbasis kemuliaan diri semata, akan tetapi secarabersamaan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa. Karakter yangingin kita bangun bukan hanya kesantunan, tetapi secara bersamaan kitabangun karakter yang mampu menumbuhkan kepenasaranan intelektualsebagai modal untuk membangun kreativitas dan daya inovasi.Karakter yang bertumpu pada kecintaan dan kebanggaan terhadap Bangsadan Negara dengan Pancasila, UUD NKRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika danNegara Kesatuan Republik Indonesia sebagai pilarnya.
 
Itulah alasan mengapa tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2011 iniadalah
Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa 
denganSubtema
Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti.
 Tema ini mengingatkan kembali kepada kita semua tentang hakikatpendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kitayaitu Ki Hajar Dewantoro yang hari ini kita peringati hari kelahirannyasebagai Hari Pendidikan Nasional. Pendidikan, kata Ki Hajar Dewantoroadalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin,karakter), pikiran (
intellect 
) dan jasmani anak didik.
Hadirin sekalian yang berbahagia 
Menyikapi perkembangan aktual terhadap munculnya perilaku destruktif,anarkis dan radikalis, pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yangbesar.Karena itu, pada kesempatan yang baik ini, kami ingin mengajak kepadapara pemangku kepentingan pendidikan, terutama Kepala Sekolah, Guru,Pimpinan Perguruan Tinggi dan Dosen, harus memberikan perhatian danpendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk danmenumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasih sayang, toleranterhadap realitas keanekaragaman yang dibenarkan oleh peraturan danperundangan.Perhatian lebih itu bisa dalam bentuk memberikan ruang aktivitas yangpositif, sehingga bisa dicegah tumbuhnya pemikiran dan perilaku destruktif,anarkis, kekerasan dan radikalisme.
Hadirin sekalian yang berbahagia 
Dengan tema peringatan tersebut, kita tidak ingin peringatan HariPendidikan Nasional 2011 hanya sebagai seremoni biasa, tetapi kita inginwujudkan dalam kegiatan nyata. Insya Allah mulai tahun ajaran2011/2012, pendidikan berbasis karakter kita jadikan sebagai gerakannasional, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Arman Tirtajaya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->