Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
88Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Draft Standar Akreditasi Baru 2011

Draft Standar Akreditasi Baru 2011

Ratings: (0)|Views: 84,080|Likes:
Published by M.Kes
Rencananya standar yang baru ini akan diberlakukan pada tahun 2012.....
Rencananya standar yang baru ini akan diberlakukan pada tahun 2012.....

More info:

Published by: M.Kes on Apr 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/04/2013

pdf

text

original

 
 
 Edisi 1(draft)
 
KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIATAHUN 2011
 
Standar Akreditasi Rumah Sakit draft 2
DAFTAR ISI
I. KELOMPOK STANDAR PELAYANAN BERFOKUS PADA PASIEN
 
BAB 1. AKSES KE PELAYANAN DAN KONTINUITAS PELAYANAN (APK)BAB 2. HAK PASIEN DAN KELUARGA (HPK)BAB 3. ASESMEN PASIEN (AP)BAB 4. PELAYANAN PASIEN (PP)BAB 5. PELAYANAN ANESTESI DAN BEDAH (PAB)BAB 6. MANAJEMEN DAN PENGGUNAAN OBAT (MPO)BAB 7. PENDIDIKAN PASIEN DAN KELUARGA (PPK)
II. KELOMPOK STANDAR MANAJEMEN RUMAH SAKIT
 
BAB 1. PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN (PMKP)BAB 2. PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI (PPI)BAB 3. TATA KELOLA, KEPEMIMPINAN, DAN PENGARAHAN (TKP)BAB 4. MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN (MFK)BAB 5. KUALIFIKASI DAN PENDIDIKAN STAF (KPS)BAB 6. MANAJEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI (MKI)
III. SASARAN KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT
 
SASARAN I. KETEPATAN IDENTIFIKASI PASIENSASARAN II. PEINGKATAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIFSASARAN III.PENINGKATAN KEAMANAN OBAT YANG PERLU DIWASPADAISASARAN IV.KEPASTIKAN TEPAT LOKASI,TEPAT PROSEDUR,TEPAT PASIEN OPERASISASARAN V. PENGURANGAN RISIKO INFEKSI TERKAIT PELAYANAN KESEHATANSASARAN VI. PENGURANGAN RISIKO PASIEN JATUH31428475664757992102114126141154155155156157158
 
Standar Akreditasi Rumah Sakit draft 3
I.
 
KELOMPOK STANDAR PELAYANAN BERFOKUS PADA PASIEN
BAB I AKSES KE PELAYANAN DAN KONTINUITAS PELAYANAN(APK)
GAMBARAN UMUM
Rumah sakit seyogyanya mempertimbangkan bahwa pelayanan di rumah sakit merupakan bagian darisuatu sistem pelayanan yang terintegrasi dengan para profesional dibidang pelayanan kesehatan dantingkat pelayanan yang akan membangun suatu kontinuitas pelayanan. Maksud dan tujuannya adalahmenyelaraskan kebutuhan pasien dibidang pelayanan kesehatan dengan pelayanan yang tersedia dirumah sakit, mengkoordinasikan pelayanan, kemudian merencanakan pemulangan dan tindakanselanjutnya. Hasilnya adalah meningkatkan mutu pelayanan pasien dan efisiensi penggunaan sumber daya yang tersedia di rumah sakit. Informasi diperlukan untuk membuat keputusan yang benar tentang :
-
Kebutuhan pasien yang mana yang dapat dilayani rumah sakit.
-
Pemberian pelayanan yang efisien kepada pasien.
-
Transfer dan pemulangan pasien yang tepat ke rumah atau ke palayanan lain.
STANDAR, MAKSUD DAN TUJUAN, ELEMEN PENILAIAN
 
 ADMISI KE RUMAH SAKIT
 
Standar APK.1.
Pasien diterima sebagai pasien rawat inap atau didaftar untuk pelayanan rawat jalan berdasarkan padakebutuhan pelayanan kesehatan mereka yang telah di identifikasi dan pada misi serta sumber daya rumahsakit yang ada.
 
Maksud dan Tujuan APK.1.
Menyesuaikan kebutuhan pasien dengan misi dan sumber daya rumah sakit tergantung pada keteranganyang didapat tentang kebutuhan pasien dan kondisinya lewat skrining pada kontak pertama.Skrining dilaksanakan melalui kriteria triase, evaluasi visual atau pengamatan, pemeriksaan fisik atau hasildari pemeriksaan fisik, psikologik, laboratorium klinik atau diagnostik imajing sebelumnya.Skrining dapat terjadi disumber rujukan, pada saat pasien ditransportasi emergensi atau apabila pasientiba di rumah sakit. Hal ini sangat penting bahwa keputusan untuk mengobati, mengirim atau merujukhanya dibuat setelah ada hasil skrining dan evaluasi.Hanya rumah sakit yang mempunyai kemampuan menyediakan pelayanan yang dibutuhkan dan konsistendengan misinya dapat dipertimbangkan untuk menerima pasien rawat inap atau pasien rawat jalan.Apabila rumah sakit memerlukan data tes skrining atau evaluasi sebelum penerimaan dan pendaftaranditetapkan dalam kebijakan tertulis.
 
Elemen Penilaian APK.1.
1.
 
Skrining dilakukan pada kontak pertama didalam atau di luar rumah sakit.2.
 
Berdasarkan hasil skrining ditentukan apakah kebutuhan pasien sesuai dengan misi dan sumber dayarumah sakit.3.
 
Pasien hanya diterima apabila rumah sakit dapat menyediakan pelayanan yang dibutuhkan pasienrawat inap dan rawat jalan dengan tepat.4.
 
Ada cara untuk melengkapi hasil tes diagnosis berkenaan dengan tanggung jawab untuk menetapkanapakah pasien diterima, dipindahkan atau di rujuk.

Activity (88)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Kar Hamdhani liked this
Farid Hajiri liked this
Muhammad Hariadi liked this
Selvia Joselyn liked this
Patricia Talakua liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->