Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
AKUNTANSI DAGANG

AKUNTANSI DAGANG

Ratings: (0)|Views: 1,916 |Likes:
Published by Muhammad Harun
Mari belajar
Mari belajar

More info:

Published by: Muhammad Harun on Apr 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

 
 Persiapan Olimpiade Ekonomi Halaman
1
 
SIKLUS AKUNTANSI
PERUSAHAAN DAGANG
A. PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PERUSAHAAN DAGANG1.Pengertian Perusahaan DagangDitinjau dari jenis usahanya perusahaan dapat dibedakan atas tiga macamyaitu :
Perusahaan Jasa, yaitu perusahaan yang kegiatan usahanya menjual ataumemberikan pelayanan jasa kepada masyarakat untuk mendapatkan laba ataukeuntungan.
Perusahaan Dagang, yaitu perusahaan yang kegiatan usahanya membeli barangkemudian menjualnya kembali tanpa merubah bentuknya.
Perusahaan Industri, yaitu perusahaan yang kegiatan usahanya membeli danmengolah bahan baku atau bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi,kemudian menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan.2. Ciri-ciri Perusahaan DagangDari pengertian di atas dapat dipahami bahwa ciri perushaan dagang adalahmembeli dan menjual barang dagang tanpa merubah bentuk barang tersebut. Jadikegiatan utamanya adalah adalah :
Membeli barang dagang
Pengeluaran uang
Penjualan barang dagang
Penerimaan uang
SMA Negeri 5 Parepare muh_yusuf_ginda 2007 
INDIKATOR :
1.Menafsirkan definisi perusahaan dagang2.Menguraikan ciri-ciri perusahaan dagang3.Mengklasifikasikan akun-akun khusus yang hanya dijumpai dalam perusahaan dagang4.Mengidentifikasikan metode pencatatan persediaan barang dagang5.Menganalisis dan mencatat transaksi ke jurnal umum6.Mencatat transaksi ke jurnal khusus7.Mencatat transaksi keuangan ke buku besar pembantu8.Memindahbukukan (memposting) dari jurnal ke buku besar umum9.Menyusun Neraca sisa / daftar sisa10.Membuat jurnal penyesuaian perusahaan dagang11.Membuat kertas kerja perusahaan dagang12.Membuat jurnal penutup13.Menutup buku besar 14.Membuat neraca sisa setelah penutupan15.Membuat jurnal pembali16.Menghitung harga pokok penjualan17.Menyusun laporan keuangan.
 
 Persiapan Olimpiade Ekonomi Halaman
2
 
3. Akun-akun khusus yang hanya dijumpai dalam perusahaan dagangDengan demikian akun-akun yang hanya dijumpai pada perusahaan dagangdan tidak dijumpai dalam perusahaan jasa yaitu :
Persediaan barang dagang
Pembelian
Beban angkut pembelian
Retur pembelian dan pengurangan harga
Potongan pembelian
Penjualan
Retur penjualan dan pengurangan harga
Potongan penjualan
Harga pokok penjualan
Perjanjian jual beli
Syarat penyerahan
FOB Shipping point, yaitu semua ongkos-ongkos sejak keluarnya barang dari gudang penjual sampai ke gudang pembeli ditanggungoleh pembeli.
FOB Destination point, yaiut semua ongkos-ongkos sejak keluarnya barang dari gudang penjual sampai ke gudang pembeli ditanggungoleh penjual.Syarat pembayaran
Kontan (tunai) ialah pembayaran yang dilakukan secara langsung (waktunya bersamaan dengan penyerahan barang). Cara ini disebut juga COD (cash ondelivery).
Kredit ialah pembayran yang dilakukan dengan jangka waktu yang ditentukan.Cara menyatakan pembayaran dalam faktur ada berbagai pernyataan, seperti :
n/30, artinya jangka waktu pembayaran paling lambat 30 hari sesudahterjadinya transaksi
EOM, artinya jangka waktu pembayaran paling lambat pada akhir bulan.
n/10 EOM, artinya jangka waktu pembayaran paling lambat tanggal 10setelah akhir bulan (tanggal sepuluh bulan berikutnya).
2/10-n/30, artinya jangka waktu pembayran paling lambat 30 hari, tetapi jika dibayar paling lambat 10 hari mendapat potongan 2 %.5. Metode pencatatan persediaan barang daganga. Metode Perfectual / Terusan / Inventory ( Perfectual Method )Metode perfectual adalah pencatatan yang dilakukan secara tertib dan teratur setiapada perubahan persediaan. Yang dimaksud perubahan adalah pembelian dan penjualan barang dagang, disamping itu ada kemungkinan pengembalian (retur  pembelian) dan penerimaan kembali (retur penjualan) barang dagang. b. Metode fisik / Periodik ( Physical Method )Metode fisik adalah perhitungan dengan cara melihat langsung secara wujud ataufisik barang dagang yang dimiliki saat itu (stock opname). Karena itu perusahaantidak mempunyai catatan yang teratur terhadap perubahan persediaan barang dagang.
SMA Negeri 5 Parepare muh_yusuf_ginda 2007 
 
 Persiapan Olimpiade Ekonomi Halaman
3
 
Sehingga setiap diperlukan data persediaan yang tersisa harus dilakukan perhitunganfisik.B. PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG DALAM JURNAL UMUMTransaksi pokok perusahaan dagang dan cara pencatatannya ke dalam Jurnal Umum dapatdilihat sebagai berikut :Pembelian barang dagang secara tunaiPembelianRp..KasRp ..Pembelian barang dagang secara kreditPembelianRp.Utang dagangRpPembayaran ongkos angkut barang yang dibeliBeban Angkut pembelianRp.KasRpMengembalikan sebagian barang yang sudah dibeli secara tunaiKasRp.Retur Pembelian dan PHRpMengembalikan sebagian barang yang sudah dibeli secara kreditUtang dagangRp.Retur Pembelian dan PHRpMembayar utang tanpa potonganUtang dagangRp.KasRp.Membayar utang dengan mendapat potonganUtang dagangRp.Potongan PembelianRp..KasRp.Menjual barang dagang secara tunaiKasRp.PenjualanRp.Menjual barang dagang secara kreditPiutang dagangRp.PenjualanRp...Menerima kembali sebagian barang yang sudah dijual secara tunaiRetur penjualan dan PHRpKasRp..
SMA Negeri 5 Parepare muh_yusuf_ginda 2007 

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jems Situmorang liked this
Nanang Kurnia liked this
Elli Eriyanti liked this
Elli Eriyanti liked this
Elli Eriyanti liked this
Khe Qe Thek'z liked this
Elli Eriyanti liked this
Chyesar Rahmat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->