Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,221 |Likes:

More info:

Published by: Prima Randisa Sativa on Apr 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PEND
AHULUA
N
 A. Latar Belakang
 Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) merupakan suatu gangguanyang kompleks yang disebabkan oleh berbagai faktor. PPOK memiliki suatukarakteristik berupa keterbatasan jalan napas yang tidak sepenuhnyareversibel. Di Indonesia belum ada data yang akurat tentang kekerapanPPOK. Namun pada Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) Depkes RI1992 menunjukkan angka kematian akibat asma, bronkitis kronis danemfisema menduduki peringkat ke-6 dari 10 penyebab tersering kematian diIndonesia. Angka kesakitan penderita PPOK laki-laki mencapai 4% danangka kematian mencapai 6%, sedangkan angka kesakitan wanita 2% danangka kematian 4%, dengan umur penderita di atas 45 tahun.
National Health Interview Survey 
mendapatkan, sebanyak 2,5 juta penderitaemfisema, tahun 1986 di Amerika Serikat didapatkan 13,4 juta penderita, dan30% lebih memerlukan rawat inap di rumah sakit. Dan berdasarkan temuan
The Tecumseh Community Health Study 
, PPOK menyumbang 3% dariseluruh kematian dan merupakan urutan kelima penyebab kematian di Amerika. Pada tahun 1992,
Thoracic Society of the Republic of China
(ROC)menemukan 16% penderita PPOK berumur di atas 40 tahun, pada tahun1994 menemukan kasus kematian 16,6% per 100.000 populasi, sertamenduduki peringkat ke-6 kematian di Taiwan.
3
 Berbagai faktor dapat berperan dalam peningkatan kejadian PPOK,baik sebagai faktor resiko serta sebagai faktor pencetus timbulnya PPOK.Faktor paling utama sebagai faktor resiko PPOK adalah kebiasaan merokok.Di Negara-negara maju tercatat bahwa 80-85% penderita PPOK adalahperokok. Namun hanya 15% perokok yang menderita PPOK dengan gejala
 
2
 
klinis nyata sedangkan sisanya bermanifestasi keterbatasan jalan napastanpa disertai sesak, batuk dan produksi sputum berlebihan. Kebiasaanmerokok yang masih tinggi ini terjadi pada umur diatas 15 tahun yaitu sekitar 60-70%. Tidak hanya kebiasaan merokok, paparan asap rokok pada perokokpasif juga dapat menjadi faktor yang dapat menimbulkan PPOK, meskipunbelum ada studi khusus yang meneliti tentang PPOK dan perokok pasif.Faktor-faktor lain yang dapat menjadi pemicu adalah faktor lingkungan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, partikel yang dapat menjadipencetus timbulnya PPOK antara lain debu, gas, asap kendaraan, danbahan-bahan antigen lain. Pengaruh industrialisasi dan pengaruh paparanpolusi udara terutama di kota-kota besar juga dapat memiliki dampak yangcukup besar terhadap penyebab timbulnya PPOK.
3
 Faktor jenis kelamin juga dapat menjadi faktor resiko, data dari
National Health and Nutrition Examination Surveys
(NHANES) I danNHANES III memperkirakan kemungkinan terjadinya PPOK lebih tinggi padalaki-laki dibandingkan dengan perempuan, kesimpulan ini diambil dari dataspirometri. Dan angka kejadian akan terus meningkat seiring denganbertambahnya usia. Usia juga dapat sebagai faktor resiko timbulnya PPOK. Adanya peningkatan usia rata-rata penduduk dari 54 tahun pada tahun 1960-an menjadi 63 tahun pada tahun 1990-an dapat menjadi penyebabpeningkatan pasien PPOK.
3
 
B. Tujuan
Tujuan penulisan tinjauan pustaka ini adalah untuk memberikangambaran secara singkat mengenai Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)meliputi definisi, faktor resiko, patogenesis, penegakan diagnosis danpenatalaksanaan terhadap Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).
 
3
 
BAB IITI
NJ
AUA
N
 
P
USTAKAA.
D
efinisi
 Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah penyakit paru kronikdengan karakteristik adanya hambatan aliran udara di saluran napas yangbersifat progresif non reversibel atau reversibel parsial, serta adanya responsinflamasi paru terhadap partikel atau gas yang berbahaya.
4
B.
P
enyebab
PPO
K
  Ada 2 (dua) penyebab dari penyumbatan aliran udara pada penyakitini, yaitu emfisema dan bronkitis kronis.Gambar I. Paru normal dibandingkan PPOK

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Dauz Arash liked this
GoEz Mcih Cakep liked this
Lisna Jupita liked this
Anisa Nur Rahma liked this
Wati Windayani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->