Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KOMPETENSI

KOMPETENSI

Ratings: (0)|Views: 43 |Likes:
Published by Ihs Kenzi

More info:

Published by: Ihs Kenzi on May 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2012

pdf

text

original

 
RINGKASAN
POTRET KOMPETENSI GURU IPA DALAM PEMANFAATANTEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUKPEMBELAJARAN DI TINGKAT SMA JAKARTA PUSAT
Oleh :Rahmah Kurniawaty, S.Kom., S.S., M.TRusva. R, S.Kom., M.Pd1.PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang Masalah
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keluarnya Permendiknasnomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dankompetensi guru yaitu Standar kompetensi guru Paud/TK/RA
,
guru kelasSD/MI, dan guru mata pelajaran SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, danSMK/MAK pada kompetensi paedagogik yaitu agar memanfaatkanteknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaranyang diampu dan pada kompetensi profesional yaitu agar memanfaatkanteknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.Untuk menindaklanjuti pemanfataan teknologi informasi dankomunikasi demi kepentingan pembelajaran pada kompetensipaedagogik dan pengembangan diri pada kompetensi profesional guruini, kami sebagai peneliti ingin mengetahui sejauh mana hal tersebut telahditerapkan pada mata pelajaran yang diteliti dan apakah telahmenggunakkan TIK sebagai media. Harapan kami, hasil penelitian iniakan berguna bagi para pengambil keputusan untuk mempertimbangkanprogram-program yang harus diberikan sehubungan dengan TIK bagipara guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di DKI Jakarta yang jugaakan berimbas secara nasional.
b.Pembatasan Masalah
Sejauh mana kompetensi profesional guru IPA dalampemanfaatan TIK untuk pembelajaran untuk tingkat SMA.
c.Perumusan Masalah
Adakah Kompetensi Profesional Guru IPA dalam pemanfaatanteknologi informasi dan komunikasi (TIK) di SMA Negeri wilayah JakartaPusat.
d.Manfaat Penelitian
Memberikan gambaran mengenai kompetensi guru SMA dalammenggunakan TIK dalam proses pembelajaran sehingga dapatdilakukan
treatment-treatment 
yang dianggap perlu oleh pengambilkebijakan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas guru-guruSMA di wilayah DKI Jakarta.
 
2.KAJIAN TEORIa.Kompetensi Profesional Guru
Kompetensi profesional guru adalah ilmu yang harus dimiliki olehsetiap guru dalam menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Kompetensiprofesional guru tersebut diantaranya adalah memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasi untuk pengembangan diri dalam hal ini adalahmemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasidan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untukpengembangan diri demi kepentingan pembelajaran yang diampu.
b.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala sesuatu yangberkaitan dengan komputer dan peralatannya, baik software maupunhardware serta perlengkapan komunikasi, pembuatan komponen-komponennya, dan jasa dalam arti yang luas yaitu kegiatan terkaitdengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer informasiantar media.
c.TIK Sebagai Alat Bantu Pembelajaran
TIK sebagai alat bantu pembelajaran dapat dikelompokkan dalamtiga kategori, antara lain kategori pertama sebagai alat bantu guru yaitusebagai media animasi peristiwa, alat uji siswa, referensi ajar, evaluasikinerja siswa, alat simulasi kasus, alat peraga visual dan alat komunikasiantar guru. Kategori kedua adalah sebagai alat bantu interaksi guru-siswa, yaitu sebagai alat komunikasi guru dengan siswa, untuk kolaborasikelompok studi dan sebagai alat bagi manajemen kelas terpadu. Kategoriketiga adalah sebagai alat bantu siswa itu sendiri pada prosespembelajaran melalui buku interaktif, alat belajar mandiri, latihan soal,media ilustrasi, simulasi pelajarqan, alat karya siswa dan sebagai mediakomunikasi antar siswa.
3. METODOLOGI PENELITIANa.Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana kompetensiprofesional guru-guru SMA di wilayah DKI Jakarta dalam pemanfaatanTIK sebagai obyek, alat maupun media dalam proses pembelajaran.
b.Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMA yang berada di wilayah JakartaPusat, dari 13 SMA Negeri yang ada di sana sebagai responden diambilsebanyak 6 SMA. SMA negeri yang menjadi responden adalah SMAN30, SMAN 5, SMAN 4, SMAN 77, SMAN 27 dan SMAN 1. Pelaksanaanpenelitian dilakukan pada bulan Oktober 2008.
c.Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif. Data dan informasi yang diolah dikumpulkan dari respondendengan menggunakan kuesioner.
d.Unit Analisis
Unit analisis dilakukan pada instrumen terhadap guru IPA itu sendiriyang mana instrumen ini mempunyai 2 bentuk yaitu bentuk tertutup dan
 
 jawaban pendek. Selain instrumen pada guru IPA diberikan jugainstrumen pada kepala sekolah, dan tata usaha yaitu instrumentmengenai SDM dan infrastruktur dari sekolah tersebut.
e.
Instrumen Penelitian.
1.
Instrumen Potret Kompetensi Guru IPA untuk Pemanfaatan TIKdalam Pembelajaran.
Instrumen yang diberikan
 
pada guru IPA tediri dari duainstrumen yaitu instrumen dengan jawaban tertutup dan instrumendengan jawaban terbuka.
2.Instrumen Kebijakan Pengembangan TIK untuk MeningkatkanMutu Pendidikan
Instrumen ini diberikan kepada kepala sekolah. Alasanmengapa kepala sekolah juga dimasukkan ke dalam respondenadalah karena kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah akanmempengaruhi proses pembelajaran guru di kelas, terutamakebijakan yang mendukung kearah implementasi teknologi informasidalam pembelajaran. Instrumen ini merupakan instrumen penunjang,agar data dari kompetensi profesional guru IPA dapat menjadi lebihmendukung.
3.
Instrumen Pemanfaatan Teknologi Informasi dan KomunikasiUntuk Mengelola Manajemen Sekolah
Untuk hal tersebut kami memberikan instrumen kepada tatausaha sekolah berupa instrumen terbuka.
f.Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini data diperoleh dengan memberikan instrumenkompetensi profesional guru kepada guru IPA sebagai data utama.Sebagai data penunjang diperoleh dengan memberikan instrumenkepada kepala sekolah dan tata usaha sekolah.
g.
Teknik Analisis Data
Analisis data dimulai dengan analisis statistik deskriptif untukkompetensi profesional guru IPA dalam pemanfaatan TIK dalampembelajaran. Analisis deskriptif dilakukan guna penyajian distribusifrekuensi, rata-rata (mean), frekuensi terbanyak (modus), nilai tengah(median), simpangan baku dan varians dari tiap variabel. Penyajian dataditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik.
3.HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASANA.Deskripsi Data Hasil Penelitian
Untuk mendapatkan skor dari instrumen tipe A menggunakanperhitungan statistik deskriptif yang berguna untuk melihat rerata (mean),nilai tengah (Median), nilai yang sering muncul (Modus), Simpanganbaku (Standar deviasi), varians dan distribusi frekuensi, kemudiandisajikan dalam grafik histogram.
B.Instrumen Data Utama
a.
Instrumen Potret Kompetensi Guru IPA dalam Pemanfaatan TIKuntuk Pembelajaran / Instrumen tipe A
Berdasarkan penelitian diperoleh data kompetensi guru IPAdalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran adalah sebanyak 49,0%

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->