Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
CARA MAMULAI BISNIS

CARA MAMULAI BISNIS

Ratings: (0)|Views: 530|Likes:
Published by Win Haryanto

More info:

Published by: Win Haryanto on May 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/17/2013

pdf

text

original

 
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB
 
Ir. Suprapto M.Si.
 
KEWIRAUSAHAAN
1
 
CARA MEMULAI BISNIS
Banyak jalan menuju Roma, begitu piila cara seseorang menjadi wirausahawandapat dimulai dari mana saja, kapan saja, baik dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lainmaupun bekerja sama dengan orang lain. Dapat juga dilakukan dengan melakukan kerjasama usaha dengan pihak lain, baik individu maupun kelompok.Banyak kisah-kisah sukses para wirausahawan dimulai dengan keberanian,kesabaran, ketekunan, dan kemampuan mengelola usahanya secara bertahap sampaimencapai kesuksesan. Dari cerita yang menyenangkan sampai menyedihkan, karenamereka selalu menghadapi berbagai risiko.Beberapa penyebab mereka menjadi pengusaha atau wirausahawan pun sangatberagam: karena desakan ekonomi, dikeluarkan dari tempat kerja yang lama, putussekolah, dukungan keluarga, gengsi, tidak sengaja, ingin kerja sampingan, hanya coba-coba, atau karena motif-motif lain sehingga mereka terdorong untuk menjadi pengusaha.Cara-cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk memulai bisnis (usaha),baik itu dilakukannya sendiri maupun bersama teman-teman, adalah sebagai berikut:
1
. Memulai Bisnis Baru
Memulai suatu bisnis baru sering kali merupakan pilihan yang paling menarik bagipara pemula. Modal awal tidak terlalu besar dan terdapat kepuasan memulai suatuusaha sendiri. Tetapi harus dipahami bahwa mengelola bisnis baru memerlukanalokasi waktu, tenaga, dan pikiran sepenuhnya, di samping membutuhkan keahliankhusus, risiko tinggi yang dihadapi, dan kerugian atau pendapatan yang rendahpada tahap-tahap awal.Merintis usaha baru atau bisnis baru yaitu membentuk dan mendirikan usahadengan menggunakan modal, ide, organisasi, dan manajemen yang dirancangsendiri.
Terdapat tiga bentuk usaha yang bisa dirintis oleh Anda, yaitu:
a. Perusahaan milik sendiri (sole proprietorship), yaitu bentuk usaha yang dimilikidan dikelola sendiri.b. Persekutuan (partnership), yaitu kerja sama antara dua orang atau lebih.c. Perusahaan berbadan hukum (corporation), yaitu perusahaan yang didirikan atasdasar badan usaha dengan modal berupa saham.
 
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB
 
Ir. Suprapto M.Si.
 
KEWIRAUSAHAAN
2
 
2
. Membeli Bisnis yang Sudah Ada
 Alternatif lain yang dapat dipilih adalah dengan membeli usaha yang sudah ada. Halini menawarkan keuntungan dari pelanggan yang sudah ada tanpa menambahkompetisi. Penghasilan diperoleh lebih cepat dan pembiayaan lebih mudah, tetapi Anda harus membayar lebih untuk membeli usaha yang telah ada. Cara ini berarti Anda membeli perusahaan yang telah didirikan dan dikelola oleh orang lain dengannama (goodwill) dan organisasi usaha yang sudah ada.Keputusan untuk membeli suatu bisnis rrierupakan penilaian yang paling kritisdalam hidup Anda. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk memperolehsebanyak mungkin informasi tentang bisnis tersebut. Sering kali seorang pembelitergoda untuk membuat penawaran cepat berdasarkan emosi semata, dan bukanberdasarkan alasan yang objektif. Ingat bahwa usaha yang dijalankan bertujuanuntuk mengembalikan uang yang Anda tanamkan beserta keuntungan yangdiinginkan dan sadarilah tanggung jawab yang muncul jika bisnis tersebut gagal.Menyelidiki alasan pemilik menjual usahanya adalah hal yang penting. Penjualdapat memberikan alasan kondisi yang tidak sehat sehingga perusahaan dijual,tetapi alasan sebenarnya mungkin bisnis menu'run karena adanya persainganbaru, kurangnya permintaan dari pelanggan, atau alasan lain. Meskipun Andadapat meyakinkan diri bahwa dengan manajemen yang lebih baik bisnisnya dapatdisempurnakan, dalam banyak kasus ternyata tidak semudah yang dibayangkan.Tentukan jenis dan ukuran bisnis yang Anda pikir sesuai dengan bakat, minat,kepribadian, dan modal Anda. Yakinlah bahwa Anda dapat membiayai pembelianbisnis tersebut dan memiliki modal cukup untuk pengoperasian bisnis.Metode yang paling akurat untuk menilai kesehatan suatu bisnis adalahmemperkirakan suatu potensi keuntungan jangka panjang. Bagaimana potensiproduk atau jasa yang dihasilkannya. Bukan masalah berapa banyak waktu atauuang yang sudah ditanamkan oleh pemilik lama pada bisnis tersebut. Anda dapatmemastikan bahwa Anda dapat memperoleh kembali modal yang ditanamkan.Jangan lupa meneliti dan memverifikasi berbagai hal yang berkaitan dengan aspek-aspek legal yang dimiliki perusahaan, dan kondisi keuangan perusahaan yang akandijual, jangan sampai meninggalkan beban pekerjaan dan biaya tak terduga dikemudian hari.
 
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB
 
Ir. Suprapto M.Si.
 
KEWIRAUSAHAAN
3
 
3. Mengembangkan Bisnis yang Sudah Ada
Pilihan ini terjadi karena pengusaha atau wirausahawan tersebut melakukanpengembangan usaha yang sudah ada sebelumnya, baik berupa unit baru atauberupa cabang maupun penambahan kapasitas usaha lebih besar. Biasanya pilihanini terjadi pada perusahaan-perusahaan milik keluarga. Nilai-nilai yang tertanampada keluarga dapat pula membantu .atau memengaruhi operasi suatu bisnis,biasanya cenderung berupaya menjaga rasa kemanusiaan, berorientasi jangkapanjang, dan lebih menekankan kualitas.
4
. Memilih usaha franchise
Waralaba (franchise) adalah suatu bentuk usaha kerja sama antara pemilikwaralaba atau pewaralaba (franchisor) dengan penerima waralaba atau terwaralaba(franchisee) dalam mengadakan persetujuan jual beli hak monopoli untukmenyelenggarakan usaha (waralaba). Kerja sama ini biasanya dengan dukunganawal seperti pemilihan tempat, rencana bangunan, pembelian peralatan, pola aruskerja, pemilihan karyawan, pembukuan, pencatatan dan akuntansi, konsultasi,standardisasi, promosi, pengendalian kualitas, riset, nasihat hukum, dan sumber-sumber permodalan. Apabila kita tidak memiliki pengalaman dalam usaha, membeli bisnis waralabaadalah cara paling mudah untuk memiliki dan menjalankan usaha. Saat ini bisniswaralaba sedang tumbuh dengan pesat. Banyak investor yang membeli bisniswaralaba dari luar negeri maupun lokal. Usaha waralaba sangat beragam, mulaidaribisnis salon (Johnny Andrean, Rudy Hadisuwarno), lembaga pendidikan (LIA, EF,ILP, Primagama), makanan (Warung Pak Sadi, KFC), penatu, konsultan, minimarket (Indomart, Alfamart), bengkel mobil, dan sebagainya.Bisnis waralaba berkembang pesat karena hakikatnya bisnis ini dapat dimilikibanyak orang dengan standar mutu produk dan layanan yang sama, serta terbuktisukses menarik minat para pelanggan.Beberapa keunggulan bisnis waralaba yang paling mencolok dibandingkan denganmemiliki atau memulai usaha sendiri adalah proses belajar yang lebih singkat,menggunakan nama usaha yang terkenal, mendapat bantuan untuk memulaiusaha, jaminan suplai, dukungan usaha lain, serta kekuatan dalam kegiatanpromosi yang efisien.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->