Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RANGKUMAN IPS KELAS 4

RANGKUMAN IPS KELAS 4

Ratings: (0)|Views: 458 |Likes:

More info:

Published by: Salma Karyodinomo Saimin on May 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

 
BAB 1 KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKANSUMBER DAYA ALAM
A.Jenis-Jenis Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusiauntuk kelangsungan hidupnya yang berasal dari alam. Berdasarkan sumbernya,sumber daya alam terdiri atas dua bagian, yaitu sumber daya alam hayati dansumber daya alam nonhayati. Sumber daya alam hayati adalah sumber dayaalam yang berasal dari mahluk hidup. Contohnya hujan dan hasil pertanian.Sedangkan, sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yangberasal dari benda mati. Contohnya air, bahan galian, dan tanah.Berdasarkan kemampuan untuk diperbarui, sumber daya alam terdiriatas dua bagian, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapatdiperbarui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis dan selalu dapatdiremajakan kembali. Contohnya, air, tanah, hewan,. Sedangkan, sumber dayaalam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang suatu saatakan habis dan tidak dapat diremajakan kembali. Contohnya adalah berbagaimacam jenis bahan galian.
1.Jenis dan Persebaran Sumber Daya Alam 
1)Bahan Galia
Bahan galian logam dan bukan logam. Bahan galian logam adalahtembaga, timah, bauksit, bijih besi, emas, perak, mangan, dan nikel.Bahan galian bukan logam adalah minyak bumi, batubara, aspal,belerang, intan, yodium, asbes, dan marmer.1)Minyak Bumia)Pulau Sumatra: Peureulak, Langkat, Pangkalan Brandan, Dumai,Rumbai, Rengat, Plaju, dan Prabumulih.b)Pulau Jawa: Blora, Cepu, dan Wonokromo.c)Pulau Kalimantan: Kutai, Pulau Bunyu, Pulau Tarakan, danBalikpapand)Pulau Papua: Sorong dan Klamoro.e)Maluku: Bulak.
 
2)Batubaraa)Pulau Sumatra: Ombilin dan Sawah Lunto (Sumatra Barat), BukitAsam, dan Tanjung Enimb)Pulau Kalimantan: Lembah sungai Mahakam, Pulau Laut, Lembahsungai Berau.c)Pulau Sulawesi: Sulawesi Selatan.d)Pulau Jawa: Banten (Jawa Barat).3)Batu GampingSultra, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura.4)NikelDaerah penghasil nikel dijumpai di daerah Pomala, Kolaka, (SulawesiUtara), Soroako (Sulawesi Selatan).5)Bauksit (Alumunium)Pulau Bintan dan peleburan pemurniannya Di Asahan (Sumut)6)TembagaPegunungan Jayawijaya (Papua), diusahakan oleh PT. Freeport diTembagapura.7)Emas dan PerakBengkulu, dan Papua. Bersamaan dengan pertambangan tembaga.8)Timah PutihPulau Bangka, Belitung, dan Singkap. Pusat peleburan timah putih diMuntok (Bangka). Manfaatnya untuk industri mesin, pembuatankaleng, dan bahan pelapis. Keistimewaan logam ini adalah tidakberkarat.9)KaolinKaolin adalah tanah liat yang berwarna putih. Pulau Belitung, Bangka,dan Jawa Barat.10)Pasir KuarsaJawa Barat, Tengah, Timur, Kaltim, Nangroe Aceh Darussalam,Sumbar, Kepulauan Riau, dan lain-lain.
2)Hasil pertanian, peternakan, dan perikanan.
Contoh hasil pertanian antara lain padi, jagung, kacang kedelai, kacanghijau, dan sayur-sayuran. Contoh hasil peternakan antara lain ayam,
 
sapi, dan kuda. Dan contoh hasil perikanan antara lain ikan, udang, dankerang mutiara.
3)Hasil hutan.
Hasil-hasil hutan antara lain: kayu rotan, getah damar, gambir, dansebagainya.
2.Memanfaatkan Sumber Daya Alam.
Hindari pemanfaatan lahan yang merusak kesuburan tanah. Misalnya,penggunaan pupuk buatan dan pestisida yang berlebihan. Kita juga harusmencegah terjadinya pencemaran sungai dan laut. Misalnya dengan tidakmembuang limbah industri ke sungai atau laut.Ada sumber daya alam tertentu yang tersebar hanya di daerahtertentu saja. Terutama untuk sumber daya alam bahan tambang. Dipakaimemakmurkan hidup seluruh warga negara.
B.Bentuk Kegiatan Ekonomi
Ada berbagai bentuk kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya.Semua bentuk kegiatan itu merupakan kegiatan ekonomi.
1.Produksi 
Kegiatan menghasilkan alat pemuas kebutuhan manusia.
a.Produksi sektor primer, sekundeer, tersier.
1)Produksi sektor primer, misalnya kegiatan mengolah/eksplorasisumberdaya alam seperti kegiatan pertanian, pertambangan, danperikanan.2)Produksi sekunder, misalnya mengolah hasil sektor primermenjadi barang siap pakai, seperti pabrik susu dan percetakan.3)Produksi tersier, misalnya jasa, perbankan, guru, salon, danperancang busana.Menjadi barang siap pakai, seperti pabrik susu dan percetakan.
b.Produksi sektor publik dan swasta.
1)Produksi sektor publik, misalnya kegiatan produksi yang dimiliki olehnegara atau pemerintah, seperti PT. Garuda Indonesia, PT. KantorPos Indonesia, dan PT. Kereta Api Indonesia.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Herlina Apryenni liked this
Herlina Apryenni liked this
Supar Thok liked this
Azza Helmi liked this
Tan Tai Pinn liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->