Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kontrak

kontrak

Ratings: (0)|Views: 1,057 |Likes:
Published by Sarwo Edhi
membahas masalah manajemen kontrak yang berlaku di Indonesia
membahas masalah manajemen kontrak yang berlaku di Indonesia

More info:

Published by: Sarwo Edhi on May 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

 
 
MA
 A 
FAKULT
AJEMEN KONTRAK DALADAN LUAR NEGERI
ibuat sebagai tugas dalam matakuliahSPEK HUKUM & ADM KONSTRUKSIOleh :
MEIDIL AQSA 080410101010055
dan
SARWO EDHI080410101010082
S TEKNIK JURUSAN TEKNIK NIVERSITAS SYIAH KUALA 2011
 
1
SIPIL
 
2
PendahuluanPengertian Kontrak Konstruksi
Imam Soehanto (1995 : 552) mendefinisikan kontrak konstruksi sebagai suatu proses dimanapemilik proyek membuat suatu ikatan dengan agen dengan tugas mengkoordinasikanseluruh kegiatan penyelenggaraan proyek termasuk studi kelayakan, desain, perencanaan,persiapan kontrak konstruksi dan lain-lain, kegiatan proyek dengan tujuan meminimkanbiaya dan jadwal serta menjaga mutu proyek.Selanjutnya dalam standar akuntansi keuangan definisi kontrak konstruksi adalah kontrakdan dinegosiasikan secara khusus untuk konstruksi suatu asset yang berhubungan giat satusama lain atau saling tergantung dalam hal rancangan, teknologi, fungsi dan tujuanpenggunaan pokok.Dari definisi tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa kontrak konstruksi adalah suatuikatan perjanjian atau negosiasi antara pemilik proyek dengan agen-agen mengkoordinasikanseluruh kegiatan proyek dengan tujuan untuk meminimalkan biaya dan jadwal serta menjagamutu proyek. Dalam kontrak konstruksi ada dua jenis kontrak yaitu :1. Kontrak harga tetap, yakni pihak kontraktor setuju dalam melaksanakan semua pekerjaanproyek yang dicanangkan di dalam kontrak dengan imbalan uang muka (harga) dengan jumlahnya tetap. Variasi jenis kontrak ini terdiri dari :a.
 
Harga tetap dari ekskalasi yaitu harga kontrak yang dapat disesuaikan, naik atauharga yang didasarkan atas suatu indeks eskalasi yang disetujui bersama.b.
 
Harga tetap dengan perangsang. Dalam hal ini kontraktor tambahan harga yang telahdisetujui sebagai perangsang misalnya bila kontraktor dapat menyelesaikan lebih darirencana.c. Kontaktor dengan satuan harga tetap. Kontrak ini bila mana jenis pekerjaan danspesifikasinya dapat secara jelas ditentukan sedangkan jumlah pekerjaan belumdapat diketahui secara tepat.
 
3
2. Kontrak dengan harga yang tidak tetap, yakni pihak pemilik membayar biaya-biaya (jasadan material) yang dikeluarkan untuk melaksanakan proyek diatur dalam kontrak ditambahdengan sejumlah uang yang ada dalam bentuk upah. Variasi jenis kontrak ini terdiri dari :a.
 
Harga tidak tetap dengan upah tetap. Pemilik membayar kembali semua biaya proyekyang dikeluarkan oleh kontraktor, ditambah fee yang jumlahnya tetap.b.
 
Harga tidak tetap dengan suatu batas maksimum. Pemilik membayar semua biayayang dikeluarkan oleh kontraktor untuk merampungkan proyek, ditambah upahsampai pada suatu batas maksimum.c.
 
Harga tidak tetap dengan resiko ditanggung bersama. Disini jumlah upah akan naiksesuai dengan penghematan yang dihasilkan, tetapi akan mendapat hukuman sesuaidengan jumlah keseimbangan yang terjadi di atas sasaran.d.
 
Harga tidak tetap dengan upah berubah-ubah jumlah upah bila pada akhir ternyatabiaya proyek sesungguhnya berada di bawah sasaran maka jumlah upah akan naikdemikian sebaliknya
I. Bentuk-bentuk Kontrak Konstruksi Dalam Negeri
1. Aspek Perhitungan Biaya :
 
a. Fixed Lump Sum PriceFixed Lump Sum Price ialah volume kontrak tidak boleh diukur ulang, hargapenawaran tidak boleh diubah kecuali pada salah satu volume dan harga satuan. Resikoakibat perubahan karena koreksi aritmatik menjadi tanggung jawab penyedia jasa. Penyedia jasa menanggung semua resiko. Jenis kontrak ini bersifat tetap dan pasti. Pemenang tenderharus menyelesaikan kontrak pengadaan barang dan jasa sampai pekerjaan tersebut selesaisesuai dengan jangka waktu penyelesaian yang sudah ditentukan. Apabila ada risiko dalampenyelesaian pekerjaan tersebut menjadi tanggungjawab pemenang tender. Dalam kontrak

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ahadi Syahputra liked this
yesrh liked this
rizky_wulandary liked this
Haryati Vee liked this
Hanavi Siahaan liked this
Azwani Suhaimi liked this
ega marga putra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->