Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TERUMBU KARANG

TERUMBU KARANG

Ratings: (0)|Views: 151 |Likes:
Published by Sony Shanjaya

More info:

Published by: Sony Shanjaya on May 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANTerumbu karang
adalah sekumpulan hewan karang yang besimbiosis dengan sejenis tumbuhanalgayang disebut
 zooxanhellae
. Terumbu karang termasuk dalam jenis filum
Cnidaria
kelas Anthozoa yang memilikitentakel.Kelas Anthozoatersebut terdiri dari dua Subkelas yaitu Hexacorallia (atau Zoantharia) danOctocorallia, yang keduanya dibedakan secara asal-usul,MorfologidanFisiologi.
Koloni karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebutPolip. Dalam bentuk sederhananya, karang terdiri dari satu polip saja yang mempunyai bentuk tubuhseperti tabung dengan mulut yang terletak di bagian atas dan dikelilingi olehTentakel.
Namun pada kebanyakanSpesies, satu individu polip karang akan berkembang menjadi banyak individu yang disebut koloni. Hewan ini memiliki bentuk unik dan warna beraneka rupa serta dapat menghasilkan CaCO
3
. Terumbukarang merupakan habitat bagi berbagaispesiestumbuhan laut, hewan laut, danmikroorganismelaut lainnya yang belum diketahui.
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1 PENGERTIAN TERUMBU KARANGTerumbu karang
secara umum dapat dinisbatkan kepada struktur fisik  besertaekosistemyang menyertainya yang secara aktif membentuk sedimentasi  kalsium karbonatakibat aktivitas biologi(biogenik) yang berlangsung di bawah  permukaanlaut. Bagi ahligeologi, terumbu karang merupakan struktur batuan sedimen dari kapur (kalsium karbonat) di dalam laut, atau disebut singkat dengan
terumbu
. Bagi ahli biologi terumbu karang merupakan suatu ekosistem yangdibentuk dan didominasi oleh komunitaskoral.Dalam peristilahan 'terumbu karang', "karang" yang dimaksud adalahkoral,sekelompok hewandariordo Scleractiniayang menghasilkankapur sebagai  pembentuk utama terumbu. Terumbu adalah batuan sedimen kapur di laut, yang jugameliputi karang hidup dan karang mati yang menempel pada batuan kapur tersebut.
Sedimentasi kapur di terumbu dapat berasal dari karang maupun darialga.
Secarafisik terumbu karang adalah terumbu yang terbentuk dari kapur yang dihasilkan olehkarang. Di Indonesia semua terumbu berasal dari kapur yang sebagian besadihasilkan koral. Kerangka karang mengalamierosidan terakumulasi menempel didasar terumbu.
2.2 HABITAT
Terumbu karang pada umumnya hidup di pinggir pantai atau daerah yangmasih terkena cahayamataharikurang lebih 50 m di bawah permukaan laut.
 
Beberapa tipe terumbu karang dapat hidup jauh di dalamlautdan tidak memerlukancahaya, namun terumbu karang tersebut tidak bersimbiosis dengan zooxanhellae dantidak membentuk karang.Ekosistem terumbu karang sebagian besar terdapat di perairan tropis, sangatsensitif terhadap perubahan lingkungan hidupnya terutamasuhu,salinitas, sedimentasi,Eutrofikasidan memerlukan kualitas perairan alami (pristine). Demikianhalnya dengan perubahan suhu lingkungan akibat pemanasan global yang melanda perairan tropis di tahun1998telah menyebabkan pemutihan karang (
coral bleaching 
)yang diikuti dengan kematian massal mencapai 90-95%. Selama peristiwa pemutihantersebut, rata-rata suhu permukaan air di perairan Indonesia adalah 2-3 °C di atassuhu normal.
2.3 KONDISI OPTIMUM
Untuk dapat bertumbuh dan berkembang biak secara baik, terumbu karangmembutuhkan kondisi lingkungan hidup yang optimal, yaitu pada suhu hangat sekitar di atas 20
o
C. Terumbu karang juga memilih hidup pada lingkungan perairan yang jernih dan tidak berpolusi. Hal ini dapat berpengaruh pada penetrasi cahaya olehterumbu karang.Beberapa terumbu karang membutuhkan cahaya matahari untuk melakukankegiatanfotosintesis. Polip-polip penyusun terumbu karang yang terletak pada bagianatas terumbu karang dapat menangkap makanan yang terbawa arus laut dan jugamelakukan fotosintesis. Oleh karena itu, oksigen-oksigenhasil fotosintesis yangterlarut dalam air dapat dimanfaatkan oleh spesies laut lainnya. Hewan karangsebagai pembangun utama terumbu adalah organisme laut yang efisien karenamampu tumbuh subur dalam lingkungan sedikit nutrien (oligotrofik).
2.4 FOTOSINTESIS
Proses fotosintesis oleh alga menyebabkan bertambahnya produksikalsium karbonatdengan menghilangkan karbon dioksida dan merangsangreaksi kimia  sebagai berikut:Ca(HCO
3
) CaCO
3
+ H
2
CO
3
H
2
O + CO
2
Fotosintesis oleh algae yang bersimbiosis membuat karang pembentuk terumbu menghasilkan deposit cangkang yang terbuat dari kalsium karbonat, kira-kira 10 kali lebih cepat daripada karang yang tidak membentuk terumbu(ahermatipik ) dan tidak bersimbiose dengan zooxanthellae.
2.5 DI INDONESIA dan INDO PASIFIK 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->