Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
31Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perpajakan (Subyek Dan Objek Pajak)

Perpajakan (Subyek Dan Objek Pajak)

Ratings: (0)|Views: 7,960|Likes:
Published by AyuMi Lia

More info:

Published by: AyuMi Lia on May 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/02/2014

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Subjek Pajak dan Objek Pajak 
Subyek Pajak adalah orang pribadi atau badan yang secara nyata memilikikewajiban membayar pajak Objek Pajak adalah Subyek Pajak yang dikenakankewajiban membayar pajak.Berikut adalah beberapa definisi yuang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya:
Pajak Penghasilan
(
PPh)
adalah yang dikenakan/ dipotong atas penghasilanyang bersumber dari Indonesia yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak(WP)luar negeri selain bentuk usaha tetap (BUT) diIndonesia.
Pajak bumi dan bangunan
(
PBB
) adalah pajak yang dipungut atastanahdan  bangunankarena adanyakeuntungandan/atau kedudukansosial ekonomiyang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya ataumemperoleh manfaat dari padanya.Dasar pengenaan pajak dalam PBB adalah Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). NJOP ditentukan berdasarkan harga pasar per wilayah dan ditetapkan setiaptahunolehmenteri keuangan.
Pajak Pertambahan Nilai
 
(PPN)
adalah pajak yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari barang atau jasa dalam peredarannya dari produsenkekonsumen. Dalam bahasa Inggris, PPN disebut Value Added Tax (VAT) atau Goods and Services Tax (GST). PPN termasuk jenis pajak tidak langsung,maksudnya pajak tersebut disetor oleh pihak lain (pedagang) yang bukan penanggung pajak atau dengan kata lain, penanggung pajak (konsumen akhir)tidak menyetorkan langsung pajak yang ia tanggung.
Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)
adalah pajak yangdikenakan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan.
Bea Meterai
adalah meterai tempel dan kertas meterai yang dikeluarkan olehPemerintah R.I.1
 
SUBJEK DAN OBJEK PAJAK 
PEMBAHASAN
A. SUBJEK PADA :
1.PAJAK PENGHASILAN
Subjek Pajak Penghasilan
Subjek Pajak meliputi :• orang pribadi;• warisan yang belum terbagi sebagai satu kesatuan, menggantikan yang berhak;• badan; dan• bentuk usaha tetap (BUT).Subjek Pajak dibedakan menjadi Subjek Pajak Dalam Negeri dan Subjek Pajak Luar  Negeri.
Subjek Pajak Dalam Negeri adalah:
- Orang pribadi yang bertempat tinggal di Indonesia atau yang berada di Indonesialebih dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan, atau yang dalam suatu tahun pajak berada di Indonesia dan mempunyai niatuntuk bertempat tinggal di Indonesia.- Badan yang didirikan atau bertempat kedudukan di Indonesia, kecuali unit tertentudari badan pemerintah yang memenuhi kriteria pembentukannya berdasarkanketentuan peraturan perundang-undangan, pembiayaannya bersumber dari APBN atau2
 
APBD, penerimaannya dimasukan dalam anggaran pusat atau daerah, pembukuannyadiperiksa oleh aparat pengawasan fungsional negara.- Warisan yang belum terbagi sebagai satu kesatuan, menggantikan yang berhak.
Subjek Pajak Luar Negeri adalah:
- Orang pribadi yang tidak bertempat tinggal di Indonesia atau berada di Indonesiatidak lebih dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan, dan badan yang tidak didirikan dan tidak bertempat kedudukan diIndonesia yang menjalankan usaha atau melakukan kegiatan melalui BUT diIndonesia.- Orang Pribadi yang tidak bertempat tinggal di Indonesia atau berada di Indonesiatidak lebih dari 183 hari dalam jangka waktu 12 bulan, dan badan yang tidak didirikandan tidak bertempat kedudukan di Indonesia yang dapat menerima atau memperoleh penghasilan dari Indonesia bukan dari menjalankan usaha atau melakukan kegiatanmelalui BUT di Indonesia.
Tidak termasuk Subjek Pajak 
1.Badan perwakilan Negara asing2. Pejabat perwakilan diplomatik, dan konsulat atau pejabat-pejabat lain dari negaraasing dan orang-orang yang diperbantukan kepada mereka yang bekerja pada dan bertempat tinggal bersama-sama mereka, dengan syarat:• bukan warga NegaraIndonesia; dan• di Indonesia tidak menerima atau memperoleh penghasilan lain di luar jabatan atau pekerjaannya tersebut; serta• negara yang bersangkutan memberikan perlakuan timbal balik;3.Organisasi-organisasi Internasional yang ditetapkan dengan Keputusan MenteriKeuangan dengan syarat :• Indonesia menjadi anggota organisasi tersebut;• tidak menjalankan usaha atau kegiatan lain untuk memperoleh penghasilan dariIndonesia selain pemberian pinjaman kepada pemerintah yang dananya berasal dari3

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
zucitra_styl3855 liked this
1 hundred reads
1 thousand reads
Guz Armstrong liked this
270991 liked this
Rizky Pratama liked this
Bulan Naibaho added this note|
like
Afha Doank liked this
anggarseni liked this
Ayu Widiariani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->