Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Birokrasi Di Indonesia

Birokrasi Di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 1,175|Likes:
Published by Faizal

More info:

Published by: Faizal on May 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/31/2013

pdf

text

original

 
TUGAS BIROKRASI DI INDONESIA
 Disusun Oleh :
NAMA : MAULIANA SYAMNIM : E 121 06 907FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK JURUSAN KEAGRARIAANUNIVERSITAS HASANUDDINMAKASSAR 2007
 
BAB ITANTANGAN BIROKRASI DI MASA DEPAN
Berbagai perkiraan tentang masa depan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi petunjuk bahwa tantangan yang akan dihadapi oleh birokrasi pemerintahan dimasa depan akan semakin besar, baik dalam bentuk dan jenisnyamaupun dalam intensitasnya. Kesemua tantangan tersebut berkisar pada tuntutan bagi birokrasi untuk memberikan respons terhadap beraneka ragam perubahan yang akanterjadi dalam masyarakat internal suatu negara, bangsa, tingkat regional dan bahkan pada tingkat global.Pada tingkat nasional, beragam perubahan yang akan terjadi meliputi semuasegi kehidupan dan penghidupan berbangsa dan bernegara.Pada tingkat regional, perubahan yang akan timbul diperkirakan akan sangatkompleks. Misalnya, pengalaman banyak negara menunjukkan bahwa tidak terlalusulit untuk membina kerjasama dalam bidang-bidang tertentu, seperti bidangkeamanan, terutama apabila timbul persepsi bersama tentang kemungkinan timbulnyaancaman terhadap keamanan regional yang datang dari luar. Akan tetapi, ada pulasegi-segi kehidupan suatu negara bangsa yang tidak dikehendaki agar “dijamin” oleh bangsa lain. Biasanya, yang paling menonjol adalah kehidupan perekonomian bangsayang bersangkutan yang biasanya “dipayungioleh ungkapan “kepentingan perekonomian nasional”.Yang jelas gejala-gejala yang tampak dewasa ini adalah makin besarnya perhatian para negarawan pada bidang ekonomi dalam rangka kesejahteraan umatmanusia. Setiap negara yang merdeka dan berdaulat memiliki hak penuh untuk menentukan tujuan nasional yang ingin dicapainya. Birokrasi pemerintahanmemainkan peranan yang dominan dalam semua itu, meskipun berbagai kelompok dimasyarakat memang turut berperan serta.
 
TANTANGAN DI BIDANG POLITIK 
Kehidupan bermasyarakat dan bernegara akan serasi apabila setiap warganegara mampu menjaga dan memelihara keseimbangan antara perolehan hak,termasuk yang bersifat asasi dan penunaian kewajibannya. Memang benar perolehanhak itu hanya mungkin apabila setiap warga negara bersedia menunaikan kewajiban politiknya secara bertanggung jawab.Tumbuh suburnya kehidupan yang demokratis dibidang politik mempunyaikonotasi yang sangat luas.
 Pertama
, kehidupan bernegara yang demokratis berarti berfungsinya dengan efektif semua lembaga konstitusional di negara yang bersangkutan.
 Kedua
, dalam rangka pencapaian tujuan politik, organisasi-organisasi politik harus mendapat hak hidup. Berarti merupakan hal yang wajar apabila dalamsuatu negara terdapat sistem multi-partai. peran politik yang dapat dimainkan olehorganisasi-organisasi politik sungguh penting, antara lain dalam bentuk :a.Asosiasi kebijaksanaan politik yang telah disepakati bersama,; b.Penyelenggaraan pendidikan politik bagi para anggotanya;c.Partisipasi dalam pemilihan umum;d.Menyalurkan aspirasi para anggota;e.Melakukan pengawasan sosial terhadap penyelenggaraan administrasinegara.
 Ketiga
, terdapatnya aparat eksekutif yang benar-benar berperan sebagai pelaksana utama kebijaksanaan politik nasional yang telah disepakati bersama.a.Makna netralitasbirokrasiDalam teori ilmu administrasi negara ditekankan bahwa suatu birokrasi pemerintahan harus bersikap “netral”. Secara tradisional, prinsip inidiinterpretasikan dengan mengatakan bahwa birokrasi pemerintahan harus tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->