Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I

BAB I

Ratings: (0)|Views: 321 |Likes:
Published by Ayub Gazali

More info:

Published by: Ayub Gazali on May 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Sel adalah unit terkecil, fungsional, struktural, hereditas, produksi, dan kehidupan yangterdiri dari tiga komponen utama yaitu membran, sitoplasma, dan inti. Membran atau plasmalemma menyelubungi sel dengan fungsi mengatur keluar mansuknya zat, menyampaikanatau menerima rangsang, dan strukturnya terdiri dari dua lapisan lipoprotein yang diantaramolekul terdapat pori.Peranan membran dalam aktivitas seluler yaitu mengatur keluar masuknya bahan antarasel dengan lingkungannya, antara sel dengan organel-organelnya.Selain itu membran juga berperan dalam metabolisme sel. Organel-organel sel seperti nukleus, kloroplas, mitokondria,dan retikulum endoplasma juga diselubungi membran.Berdasarkan dari komposisi kimiamembran dan pemeabilitasnya terhadap solut maka dapat disimpulkan bahwa membran selterdiri atas lipid dan protein.Pada membran terdapat lapisan ganda dan molekul-molekul posfolipid yang letaknyateratur sedemikian rupa sehingga ujung karbon yang hidropobik terbungkus sedemikian rupa didalam sebuah lapisan amorf dalam senyawa lipid.Komponen protein membran digambarkansebagai suatu selaput yang menutupi kedua belah permukaan dan lapisa biomolekul posfolipid.Membran plasma merupakan batas kehidupan, batas yang memisahkan sel hidup darisekelilingnya yang mati. Lapisan tipis yang luar biasanya ini tebalnya kira-kira hanya 8 nmdibutuhkan lebih dari 8000 membran plasma mengontrol lalu lintas ke dalam dan ke luar selyang dikelilinginya.Permeabilitas dan semi permeabilitas merupakan kemampuan yang dimiliki olehmembran sel dalam dalam menyaring partikel-partikel yang akan melalui membran sel.Keduanya dibedakan oleh kemampuan yang dimiliki masing-masing akibat kondisi yang kurangmenguntungkan.Permeabilitas dan semi permeabilitas merupakan kemampuan yang dimiliki olehmembran sel dalam dalam menyaring partikel-partikel yang akan melalui membran sel.Permeabilitas membran tergantung pada fluiditas inti hidrofobik membran dan aktivitas protein pengangkutnya. Oleh karena itu, keadaan lingkungan yang dapat mengganggu keduanya akanmempengaruhi permeabilitas membran terhadap suatu solut..
 
Sehingga dapat dikatakan bahwa permeabilitas merupakan kemampuan yang dimilikioleh membran sel dalam menyaring partikel-partikel yang akan melalui membran, maka semi permeabilitas merupakan kemampuan membran sel menyaring partikel-partikel, yangmenyerupai sifat permeabilitas membran, hal ini dapat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan selserta fluiditas inti hidrofobik membran dan aktivitas protein pengangkutnya.
B.Tujuan Praktikum
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah agar mahasiswa dapat mengetahui sifat permeabilitasdinding sel pada buah hortikultura, terutama buah pisang.
C.Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari percobaan dan pengamatan ini adalah :1.
 
Bagaimana sifat permeabilitas dinding sel terhadap buah pisang?2.
 
Bagaimana mengatasi sifat permeabilitas dinding sel pada setiap tanaman hortikultura?3.
 
Faktor-faktor apa yang mempengaruhi permeabilitas sel pada tanaman hortikultura?
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
T
ujuan fraksionasi sel ialah untuk memisahkan sel menjadi bagian-bagian, memisahkanorganel-organel utama sehingga fungsinya masing-masing dapat dipelajari. Ada beberapa perbedaan besar antara karakter permeabilitas pada tanaman yang berbeda tetapi mempunyai prinsip umum yang sama. Salah satu faktanya adalah komposisi relatif dari daerah lipid dan area penjaringan terhadap permeabilitas yang berbeda dari tiap tanaman. Pada Chara, permeabilitasdiatur oleh solubilitas lipid pada penyerapan larutan. Sedangkan pada Beggiataa, ukuranmerupakan penentu paling utama. Pada tumbuhan tingkat tinggi yang memiliki sifat permeabilitas yang sama dengan Chara, solubilitas lipid merupakan faktor dominan penyerapanwalaupun perbedaan kuantitatif dapat diperhitungkan pada angka penyerapan. (Kimball, 2000).Beberapa teori-teori klasik tentang permeabilitas mempunyai kesulitan dalammenjelaskan gejala-gejala yang teramati.Seperti peleburan zat terlarut pada membran oleh pelarut.Semua perrcobaan permeabilitas membran melibatkan sistem yang tidak seimbang yang berubah sepanjang lintasan tidak baik apabila beberapa molekul yang tidak dapat menemduslubang batas itu. Bermuatan pada membran akan terjadi potensial, untuk potensial ini dinamakan potensial dominan. Dalam hal ini konsentrasi keseimbangan ion dari dua belah sisi membran berbeda. Proses tercapainya keseimbangan dari berbagai keadaan tidak seimbang merupakancontoh termodinamika larutan balik yang terjadi pada sistem biologi. Membran mempunyai duafungsi yaitu memberikan kerangka luar dari proses kehidupan dan pemisahan sitoplasma menjadi bahang. Membran memisahkan protoplasma menjadi bagian-bagian tetapi pemisahan itu selektif.(Lovelles,1991).Untuk melakukan hal seperti itu, bagian hidrofilik molekul tersebut harus melewati intihidrofobik membranya.Suatu membran tetap berwujud fluida begitu suhu turun, hingga akhirnya pada beberapa suhu kritis, fosfolipid mengendap dalam suatu susunan yang rapat danmembrannya membeku, tak ubahnya seperti minyak babi yang membentuk kerak lemak ketikalemaknya mendingin.Suhu beku membran tergantung pada komposisi lipidnya.Membran tetap berwujud fluida pada suhu yang lebih rendah jika membran itu mengandung banyak fosfolipiddengan ekor hidrokarbon tak jenuh.Karena adanya kekusutan di tempat ikatan gandanya,hidrokarbon tak jenuh tidak tersusun serapat hidrokarbon.(Campbell, dkk, 2002).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->