Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PTK MATEMATIKA KLS V

PTK MATEMATIKA KLS V

Ratings: (0)|Views: 1,510 |Likes:
Published by septina Makarani

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: septina Makarani on May 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/23/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
LATAR BELAKANG
1.
 
Latar Belakang MasalahPeranan matematika sebagai ilmu pasti sangat erat kaitannyadalam kehidupan sehari-hari. Matematika sebagai ilmu pasti baik yang bersifat matematika murni maupun matematika terapan, mempunyai peranan yang sangat dominan dalam berbagai aktivitas manusia. Olehkarena itu matematika merupakan mata pelajaran utama di sekolah-sekolah mulai dari tingkat dasar maupun tingkat atas. Tetapi kenyataanyang ada di lapangan, banyak problematika yang di keluhkan para gurusekolah dasar sehubungan dengan pelajaran matematika. Keluhan tersebut pada umumnya sama, yaitu tentang rendahnya hasil belajar siswa baik  pada saat tes formatif, tes pada tengah semester maupun pada saat siswamenempuh tes semester atau juga pada saat ujian.Problematika di atas juga terjadi pada SD Negeri Sidowayah 1,khususnya bagi siswa kelas III. Berdasar hasil analisis evaluasi, darisejumlah 21 siswa pada umumnya masih berada di bawah kriteriaketuntasan minimal. Rendahnya hasil belajar tersebut adalah sebagaiakibat penalaran anak terhadap materi masih bersifat abstrak.Dalam pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatankontekstual ini guru memberikan kesempatan secara luas kepada siswauntuk berperan langsung secara aktif dalam pembelajaran dengan melalui pengamatan, pemecahan masalah secara kelompok serta diskusi klasikal.Pembelajaran matematika volume bangun ruang di kelas III padadasarnya merupakan mata pelajaran yang berkesinambungan. Tetapi padakenyataannya pembelajaran tentang menjumlah bilangan bulat positif dannegatif yang selama ini dilaksanakan oleh guru ternyata belummenunjukkan hasil sesuai dengan harapan. Hal tersebut dapat dilihat darihasil belajar siswa pada saat ulangan harian, banyak siswa kelas III SD Negeri Sidowayah 1 yang mendapat nilai kurang dari 6 (enam).
 
2Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pada umumnya siswa masih belum memahami konsep materi pelajaran yang sedang dipelajari. Olehkarena itu guru perlu mengkaji latar belakang kurang berhasilnya gurudalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, pengkajian tersebut dapat berupa latar belakang siswa, situasi dan kondisi saat pembelajaran berlangsung, metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru saatmenyajikan materi. Dengan mengetahui berbagai masalah yang dijumpaidalam pembelajara tersebut, sebagai guru yang profesional tentu akansegera memperbaiki cara penyampaian materi pembelajaran denganmengembangkan dan menerapkan model pembelajaran, memanfaatkanalat peraga maupun sikap atau cara guru dalam menyampaikan pembelajaran, memperbaiki strategi pembelajaran dengan berbagaitindakan.Sekarang figur yang bijaksana Guru dituntut untuk menepisanggapan bahwa matematika merupakan suatu mata pelajaran yang sangatrumit, sukar dan manakutkan. Hal tersebut dapat terlaksana bila dalam proses pembelajaran guru menggunakan model dan strategi pembelajaranyang selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif,menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan karena anak dilibatkan secara langsung dan anak memahami materi yang sedangdipelajarinya melalui proses yang dialami sendiri.2.
 
Identifikasi MasalahBerdasarkan pada uraian di atas maka beberapa permasalahansecara khusus dapat kami identifikasi sebagai berikut :a.
 
Bahwa rata-rata siswa kurang menyenangi mata pelajaran matematika b.
 
Penanaman konsep pembelajaran tidak dapat tertanam secara kuat pada siswa3.
 
Analisis MasalahFaktor penyebab masalah di atas kemudian dianalisis untuk  bahan kajian selanjutnya yaitu sebagai berikut :a.
 
Pada saat proses pembelajaran siswa merasa tidak tertarik dan jenuhkarena siswa kurang menyenangi mata pelajaran matematika
 
3 b.
 
Siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yangdisampaikan guruc.
 
Guru berusaha untuk memperbaiki pembelajaran agar siswa mampumemahami materi pelajaran yang sedang dipelajarinya.
B.
 
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan dalam penelitian ini adalah,
³
Apakah dengan melalui penerapan metode diskusi dapat meningkatkanhasil belajar Matematika menjumlahkan dan membandingkan bilanganpecahan bagi siswa kelas III SD Negeri Sidowayah 1, KecamatanPolanharjo Kabupaten Klaten Tahun 2010?´
 
C.
 
TUJUAN
 
PERBAIKAN PEMBALAJARAN
 Tujuan dari perbaikan pembelajaran ini adalah :1.
 
U
ntuk meningkatkan hasil belajar matematika-menjumlah bilangan bulat positif dan negatif 2.
 
untuk meningkatkan hasil belajar matematika menjumlahkan danmembandingkan bilangan pecahan melalui penerapan metode diskusi bagisiswa kelas III SD Negeri Sidowayah 1 pada tahun 2010.
D.
 
MANFAAT PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Perbaikan pembelajaran 1 ini diharapkan bermanfaat khususnya :1.
 
Bagi siswaa.
 
Siswa memahami maksud dan tujuan proses pembelajaran yang sedangdiikutinya b.
 
Siswa berkesempatan untuk aktif dalam proses pembelajaranc.
 
Siswa berpengamatan secara langsung pada materi pelajaran yang sedangdipelajarinyad.
 
Penanaman konsep pelajaran akan tertanam kuat karena kesan siswaterhadap materi tidak bersifat abstrak e.
 
Siswa menyenangi mata pelajaran Matematikaf.
 
Hasil Belajar meningkat

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
tugas07 liked this
ewot liked this
ewot liked this
intan_chiaki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->