Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EKMA 4214-Manajemen SDM (Materi Supple Men)

EKMA 4214-Manajemen SDM (Materi Supple Men)

Ratings: (0)|Views: 4,080|Likes:
Published by Raden Mas Patrick

More info:

Published by: Raden Mas Patrick on May 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/15/2012

pdf

text

original

 
 
Tinjauan Mata Kuliah
 Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan salah satu dari 4 (empat) kompetensiutama yang ingin dicapai dalam Program Studi Manajemen. Secara umum ManajemenSumber Daya Manusia akan menjelaskan mengenai aktivitas yang dirancang untukmengelola dan mengkoordinasikan sumber daya manusia dalam organisasi yangmeliputi aktivitas perencanaan sumber daya manusia (termasuk rekrutmen danpengembangan karyawan) – penilaian kinerja (termasuk pengembangan karir) –pemeliharaan kesejahteraan karyawan (termasuk kompensasi dan penghargaan) –evaluasi msdm. 
Fungsi SDM dalam organisasi 
 
Pada prakteknya Fungsi SDM dalam organisasi bisa saja dikelompokkan kedalam 4bagian : 
Manpower Planning 
, meliputi perencanaan sdm termasuk juga pengadaan karyawandan perencanaan karir.
Training & Development 
, meliputi analisa kebutuhan pelatihan sampai implementasipelatihan dan evaluasi program pelatihan dan pengembangan karyawan. 
Compensation & Benefit 
kaitannya pada administrasi sdm, pemberian kompensasi danpemeliharaan kesejahteraan karyawan.
 
 
Employee Relations
– terkait juga dengan seriikat pekerja dalam hubungan industrial. 
 Apa yang Anda pelajari? 
 
Materi yang diberikan dalam Web Suplemen MSDM ini merupakan pengayaan dariBuku Materi Pokok MSDM disertai dengan contoh aplikasi yang akan memudahkananda memahami pendekatannya secara komprehensif. Materi Web Suplemen inimencakup Perencanaan SDM, Rekrutmen dan Seleksi, Pelatihan dan PengembanganSDM, Penilaian Kinerja serta Kompensasi dan Penghargaan. 
 Apa Manfaatnya? 
 
Analisis jabatan adalah proses pengumpulan dan pemeriksaan atas aktivitas kerjapokok dalam suatu posisi serta kualifikasi yang diperlukan untuk melaksanakanaktivitas ini (keahlian-pengetahuan-kemampuan-serta sifat individu lainnya). Analisis jabatan membantu menciptakan prosedur dan dokumentasi sdm seperti:
deskripsi jabatan – yang menyoroti tanggung jawab dan hubungan pekerjaan ;
spesifikasi pekerjaan – yang mendefinisikan keahlian, pengalaman danpendidikan ;
evaluasi pekerjaan yang membuat nilai relatif pekerjaan untuk sistemkompensasi.Analisis jabatan diperlukan untuk penilaian kinerja – kebutuhan pelatihan – danmenyediakan informasi untuk rekrutmen karyawan. 
Siapa yang menyelenggarakan? 
 
Salah satu bagian dari perencanaan analisis jabatan adalah pemilihan secara jeliorang-orang yang akan menyelenggarakan analisis jabatan. Organisasi bisamengangkat analis temporer dari luar organisasi – mengkaryakan pakar secara purnawaktu – atau memakai supervisor dan pemangku jabatan untuk menghimpun analisis jabatan.
 
 
 Aspek apa yang dianalisis? 
 
Agar analisis jabatan memberikan manfaat bagi organisasi maka analisis jabatanperlu memberikan informasi tentang beberapa aspek pekerjaan. Aspek pekerjaan yangdapat dianalisis meliputi :1.Output pekerjaan2.Aktivitas atau tugas yang dilakukan3.Kompetensi yang dibutuhkan4.Struktur kompensasiPada umumnya
work output 
lebih mudah diukur pada pekerjaan yang sifatnyaoperatif. Contohnya pekerjaan di bagian produksi, penjualan, pemrograman computer,administrasi dan klerikal – dimana work output berhubungan dengan aliran kerja, bahanbaku, pola gerak, waktu, dsb. Pada profesi manajerial dan teknis, pengukuran workoutput jauh lebih sulit dan bersifat subyektif. Sorotan lebih pada upaya yang dilakukandibandingkan pada hasil. Untuk jenis pekerjaan manajerial diperlukan lebih banyakindikator untuk memperoleh gambaran atas pekerjaan. Bagaimana seorang melaksanakan pekerjaan sama penting dengan apa yangdicapainya. Pada manajerial level analisis umumnya terfokus pada aktivitas pelaporanyaitu perilaku yang dapat dirasakan. Perlu diketahui apa keahlian – pengetahuan – kemampuan untuk melaksanakansuatu pekerjaan secara efektif. Informasi mengenai kompetensi ini digunakan dalammendefinisikan persyaratan kerja. Karena kompetensi sulit diukur secara obyektif,umumnya organisasi menggunakan pendidikan sebagai indikator kompetensi. Faktor-faktor dalam analisis jabatan seperti work output – pendidikan – masa jabatan digunakan untuk administasi kompensasi.
 
Teknik apa yang digunakan? 
 
Teknik pengumpulan informasi analisis jabatan yang dapat dipergunakan meliputi :1.Observasi2.Wawancara3.Kuesione4.Catatan Harian Karyawan

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Iena Thiena liked this
cintacici liked this
Sandro Harinaldi liked this
aghie13 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->