Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Kepala BPN RI No. 3 Tahun 2011

Peraturan Kepala BPN RI No. 3 Tahun 2011

Ratings: (0)|Views: 3,423 |Likes:
Published by Sigit Aribowo

More info:

Published by: Sigit Aribowo on May 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/18/2013

pdf

text

original

 
Draft
 
16
 
Agustus
 
2010
 
Jam
 
08.10
 
WIB
 
PERATURAN KEPALA BADAN PERTANAHAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIANOMOR 3 TAHUN 2011 TENTANGPENGELOLAAN PENGKAJIAN DAN PENANGANAN KASUS PERTANAHANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAKEPALA BADAN PERTANAHAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa pengelolaan pengkajian dan penanganan kasuspertanahan merupakan salah satu fungsi BadanPertanahan Nasional Republik Indonesia dalam rangkamenanggulangi sengketa, konflik dan perkara pertanahanguna mewujudkan kebijakan pertanahan bagi keadilandan kesejahteraan masyarakat;b.
 
bahwa pengelolaan pengkajian dan penanganan kasuspertanahan merupakan sarana untuk menyelesaikansengketa, konflik dan perkara pertanahan danmemperkecil potensi timbulnya masalah pertanahan;c.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan PeraturanKepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesiatentang Pengelolaan Pengkajian dan Penanganan KasusPertanahan;Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang PeraturanDasar Pokok-Pokok Agraria (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 1960 Nomor 104, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 2043);2.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentangPendaftaran Tanah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1997 Nomor 59, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 3696);3.
 
Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2006 tentang BadanPertanahan Nasional;4.
 
Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala BadanPertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 1997 tentangKetentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah;5. Peraturan ...
 
 
- 2 -5.
 
Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala BadanPertanahan Nasional Nomor 9 Tahun 1999 tentang TataCara Pemberian dan Pembatalan Hak Atas Tanah Negaradan Hak Pengelolaan;6.
 
Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional RepublikIndonesia Nomor 3 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pertanahan Nasional RepublikIndonesia;7.
 
Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional RepublikIndonesia Nomor 4 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasionaldan Kantor Pertanahan;MEMUTUSKAN :Menetapkan : PERATURAN KEPALA BADAN PERTANAHAN NASIONAL  TENTANG PENGELOLAAN PENGKAJIAN DAN PENANGANANKASUS PERTANAHAN.BAB I
 
KETENTUAN UMUMPasal 1
 
Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:1.
 
Kasus Pertanahan adalah sengketa, konflik, atau perkara pertanahan yang disampaikan kepada Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesiauntuk mendapatkan penanganan penyelesaian sesuai ketentuanperaturan perundang-undangan dan/atau kebijakan pertanahannasional.2.
 
Sengketa Pertanahan yang selanjutnya disingkat Sengketa adalahperselisihan pertanahan antara orang perseorangan, badan hukum, ataulembaga yang tidak berdampak luas secara sosio-politis.3.
 
Konflik Pertanahan yang selanjutnya disingkat Konflik adalah perselisihanpertanahan antara orang perseorangan, kelompok, golongan, organisasi,badan hukum, atau lembaga yang mempunyai kecenderungan atau sudahberdampak luas secara sosio-politis.4.
 
Perkara Pertanahan yang selanjutnya disingkat Perkara adalahperselisihan pertanahan yang penyelesaiannya dilaksanakan oleh lembagaperadilan atau putusan lembaga peradilan yang masih dimintakanpenanganan perselisihannya di Badan Pertanahan Nasional RepublikIndonesia.5.
 
Gelar Kasus Pertanahan yang selanjutnya disingkat Gelar Kasus adalahmekanisme kelembagaan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesiadalam rangka penanganan dan/atau penyelesaian Kasus Pertanahan.Gelar penanganan dan/atau penyelesaian kasus pertanahan yangmeliputi:a. Gelar ...
 
 
- 3 -a.
 
Gelar Kasus Internal adalah gelar yang pesertanya dari Kantor BadanPertanahan Nasional Republik Indonesia, Kantor Wilayah BadanPertanahan Nasional dan/atau Kantor Pertanahan.b.
 
Gelar Kasus Eksternal adalah gelar yang pesertanya dari KantorBadan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Kantor WilayahBadan Pertanahan Nasional dan/atau Kantor Pertanahan yang diikutipeserta dari unsur/instansi lainnya.c.
 
Gelar Mediasi adalah gelar yang menghadirkan para pihak yangberselisih untuk memfasilitasi penyelesaian kasus pertanahan melaluimusyawarah.d.
 
Gelar Istimewa adalah gelar yang dilaksanakan oleh Tim PenyelesaianKasus Pertanahan yang dibentuk oleh Kepala Badan PertanahanNasional Republik Indonesia atau Deputi Bidang Pengkajian danPenanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan.6.
 
 Tanah Aset adalah tanah barang milik negara atau barang milik daerahsebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004tentang Perbendaharaan Negara.7.
 
 Tanah Hak adalah tanah yang sudah diterbitkan sertipikat hak atas tanahsebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 20 Peraturan PemerintahNomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah.8.
 
 Tanah Negara adalah tanah yang dikuasai langsung oleh negarasebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.9.
 
Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia yang selanjutnyadisingkat BPN RI adalah Lembaga Pemerintah non Kementerian yangberada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yangmempunyai tugas pemerintahan di bidang pertanahan secara nasional,regional, dan sektoral sebagaimana dimaksud dalam Peraturan PresidenNomor 10 Tahun 2006 tentang Badan Pertanahan Nasional.10.
 
Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia yang selanjutnyadisingkat Kepala BPN RI adalah pimpinan tertinggi yang memimpin BadanPertanahan Nasional Republik Indonesia.11.
 
Deputi Bidang Pengkajian dan Penanganan Sengketa dan KonflikPertanahan yang selanjutnya disingkat Deputi adalah unsur pelaksanasebagian tugas dan fungsi Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesiadi bidang pengkajian dan penanganan kasus pertanahan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pertanahan NasionalRepublik Indonesia.12.
 
Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional yang selanjutnyadisingkat Kakanwil adalah unsur pelaksana yang menyelenggarakan tugasdan fungsi Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia di Provinsi.13.
 
Kepala Kantor Pertanahan yang selanjutnya disingkat Kakan adalahunsur pelaksana yang menyelenggarakan tugas dan fungsi BadanPertanahan Nasional Republik Indonesia di Kabupaten/Kota.14. Kepala ...

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wira Bhaswara liked this
kiswaticantik liked this
Alexander Ke III liked this
Oka Mestica liked this
Kemal Hazil liked this
Must Agoes Pujo liked this
Anda Putra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->