Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
20Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU No. 4/2011 Tentang Informasi Geospasial

UU No. 4/2011 Tentang Informasi Geospasial

Ratings: (0)|Views: 8,941|Likes:
Published by Bayu Kurniawan R
UU No. 4/2011 Tentang Informasi Geospasial
UU No. 4/2011 Tentang Informasi Geospasial

More info:

Published by: Bayu Kurniawan R on May 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/21/2013

pdf

text

original

 
 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANGINFORMASI GEOSPASIAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalahsebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengansegala kekayaan sumber daya alam dan sumber dayalainnya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yangharus dikelola dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab untuk menjadi sumber kemakmuran bagi seluruhrakyat Indonesia, baik di masa kini maupun di masamendatang;b. bahwa dalam mengelola sumber daya alam dan sumberdaya lainnya serta penanggulangan bencana dalamwilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan wilayah yurisdiksinya diperlukan informasi geospasial;c. bahwa agar informasi geospasial dapat terselenggaradengan tertib, terpadu, berhasil guna, dan berdaya gunasehingga terjamin keakuratan, kemutakhiran, dankepastian hukum, maka perlu pengaturan mengenaipenyelenggaraan informasi geospasial;d. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a, huruf b, dan huruf c perlu membentukUndang-Undang tentang Informasi Geospasial;Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, Pasal 25A, Pasal 28F, dan Pasal 33ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;Dengan . . .
 
 - 2 -Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG INFORMASI GEOSPASIAL.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Spasial adalah aspek keruangan suatu objek ataukejadian yang mencakup lokasi, letak, dan posisinya.2.
 
Geospasial atau ruang kebumian adalah aspekkeruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisisuatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada,atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalamsistem koordinat tertentu.3.
 
Data Geospasial yang selanjutnya disingkat DG adalahdata tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran,dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatanmanusia yang berada di bawah, pada, atau di ataspermukaan bumi.4.
 
Informasi Geospasial yang selanjutnya disingkat IGadalah DG yang sudah diolah sehingga dapat digunakansebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan,pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.5.
 
Informasi Geospasial Dasar yang selanjutnya disingkatIGD adalah IG yang berisi tentang objek yang dapatdilihat secara langsung atau diukur dari kenampakanfisik di muka bumi dan yang tidak berubah dalam waktu yang relatif lama.6. Informasi . . .
 
 - 3 -6.
 
Informasi Geospasial Tematik yang selanjutnya disingkatIGT adalah IG yang menggambarkan satu atau lebih tematertentu yang dibuat mengacu pada IGD.7.
 
Skala adalah angka perbandingan antara jarak dalamsuatu IG dengan jarak sebenarnya di muka bumi.8.
 
 Titik Kontrol Geodesi adalah posisi di muka bumi yangditandai dengan bentuk fisik tertentu yang dijadikansebagai kerangka acuan posisi untuk IG.9.
 
 Jaring Kontrol Horizontal Nasional yang selanjutnyadisingkat JKHN adalah sebaran titik kontrol geodesihorizontal yang terhubung satu sama lain dalam satukerangka referensi.10.
 
 Jaring Kontrol Vertikal Nasional yang selanjutnyadisingkat JKVN adalah sebaran titik kontrol geodesivertikal yang terhubung satu sama lain dalam satukerangka referensi.11.
 
 Jaring Kontrol Gayaberat Nasional yang selanjutnyadisingkat JKGN adalah sebaran titik kontrol geodesigayaberat yang terhubung satu sama lain dalam satukerangka referensi.12.
 
Peta Rupabumi Indonesia adalah peta dasar yangmemberikan informasi secara khusus untuk wilayahdarat.13.
 
Peta Lingkungan Pantai Indonesia adalah peta dasar yangmemberikan informasi secara khusus untuk wilayahpesisir.14.
 
Peta Lingkungan Laut Nasional adalah peta dasar yangmemberikan informasi secara khusus untuk wilayah laut.15.
 
Pemerintah adalah Presiden Republik Indonesia yangmemegang kekuasaan pemerintahan negara RepublikIndonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.16.
 
Pemerintah daerah adalah gubernur, bupati atauwalikota, dan perangkat daerah sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan daerah.17. Badan . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->