Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
penempatan kerja

penempatan kerja

Ratings: (0)|Views: 2,382 |Likes:
Published by IRWANDI HUTBAH

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: IRWANDI HUTBAH on May 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
a.
 
Pengertian Penempatan KerjaYang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah
 placement 
atau penempatan kerja karena merupakan faktor penting yang dapat menghasilkan pendayagunaan sumber daya manusia (SDM) yang optimal bagi perusahaan sehinggadapat tercapainya tujuan perusahaan.Menurut Hasibuan, Melayu S.P.(2000:32) bahwa penempatan karyawanadalah tindak lanjut dari seleksi, yaitu menempatkan calon karyawan yang diterima pada jabatan/pekerjaan yang dibutuhkannya dan sekaligus mendelegasikan authoritykepada orang tersebut.Penempatan adalah penugasan kembali seorang karyawan kepada pekerjaan barunya (Veithzal Rifai, 2005: 170). Setiap intansi atau perusahaan harus dapatmemilih dan menentukan karyawan yang berkompeten untuk mengisi jabatan yangkosong agar tugas pokok pada jabatan tersebut dapat dilaksanakan. Untuk itu harusdiperoleh pekerja yang memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan yang akanmenjadi tanggung jawabnya dengan kata lain calon yang ditempatkan harus memilikikompetensi yang diperlukan untuk dapat melaksanakan pekerjaan dalam suatu jabatansecara efektif dan efisien.Berhubungan dengan penilaian kinerja, faktor kinerja merupakan masalahlain yang timbul pada kalangan pekerja atau karyawan. Keahlian yang diperlukan olehseorang karyawan untuk melaksanakan suatu proses kinerja seringkali terlaludiremehkan. Seorang manajer atau pimpinan perusahaan harus tahu bagaimanamenetapkan sasaran yang jelas dapat diukur dan telah dicapai kepada karyawan.
 
Mereka harus dapat menyediakan umpan balik yang membantu karyawan bukanhanya bagaimana menghargai apa yang telah di capai bawahannya (karyawan) padarapat evaluasi tetapi dengan memberikan bonus, kenaikan gaji atau bahkanmemberikan kenaikan jabatan dengan kata lain penilaian kinerja mengacu pada suatusystem formal dan terstruktur dengan pekerjaan, perilaku dan hasil termasuk jugatingkat kehadiran, kegiatan-kegiatan ini dapat memperbaiki kepuasaan sumber dayamanusia (SDM) dan dapat memberikan umpan balik perusahaan atau instansi tentang pelaksanaan kinerja karyawan.Pelaksanaan penempatan karyawan yang tepat akan tercipta, manakalakemampuan bekerja dari pegawai sudah sesuai dengan standar yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang dipercayakan kepadanya. Keputusan mengenai penempatan dimaksudkan untuk menempatkan orang yang tepat pada jabatan yangtepat.Supaya karyawan bersemangat bekerja, berdisiplin tinggi, dan bersikap loyalserta mampu mencapai target yang diharapkan dalam menunjang tujuan perusahaanmaka fungsi penempatan mutlak dilaksanakan dengan sebaik- baiknya.1)
 
Metode PenempatanPemilihan metode yang sangat penting, supaya pelaksanaannya efektif dalam mendukung tercapainya tujuan organisasi perusahaan. Manajer yang cakapakan menerapkan metode yang sesuai dan efektif dalam pelaksanaan tugas-tugasnya. Penempatan karyawan seperti promosi, transfer dan demosi hendaknyadengan metode yang efektif dan efisien supaya tercapai manfaat yang optimal.
 
Sebelum mengadakan penempatan pegawai dalam hal ini perlu melihatmetode-metode yang harus ditempuh dalam penempatan pegawai.Adapun metode-metode yang harus ditempuh dalam hal ini adalah :(a)
 
Menentukan kebutuhan- kebutuhan sumber daya manusia.(b)
 
Mengupayakan persetujuan anggaran untuk mengadakan atau mengisi jabatan- jabatan.(c)
 
Mengembangkan kriteria penempatan yang valid.(d)
 
Pengadaan (
ec
rui
tment 
);(e)
 
Mengadakan test atau sebaliknya men- screening para pelamar.(f)
 
Menyiapkan daftar dari para pelamar dan pegawai yang berkualitas.(g)
 
Mengadakan seleksi pegawai yang paling berkualitas.2)
 
Syarat-syarat penting proses Penempatan karyawan, antara lain :(a)
 
Informasi analisis jabatan yang memberikan deskripsi jabatan, spesialisasi jabatan dan standar prestasi yang seharusnya ada dalam setiap jabatan tersebut.(b)
 
Rencana-rencana sumber daya manusia yang memberikan informasi kepadamanajer tentang tersedia tidaknya lowongan pegawai suatu instansi.(c)
 
Keberhasilan fungsi rekruitmen yang akan menjamin manajer bahwa tersediasekelompok orang yang akan dipilih.Dalam rangka menempatkan karyawan yang lulus dalam seleksi yangdilaksanakan, maka manajer tenaga kerja harus mempertimbangkan beberapa faktor yang memungkinkan dan berpengaruh terhadap kontinuitas perusahaan.3)
 
Faktor- faktor yang harus dipertimbangkan dalam Penempatan karyawan,antara lain :

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Imah Angel Gelis liked this
Dian Pratama liked this
Uniq Bintang liked this
Abdullah Hafid liked this
IRWANDI HUTBAH added this note
sama-sama
Komara Ziatina added this note
Terima kasih infonya

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->