Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANALISIS AKTIVITAS PENDANAAN

ANALISIS AKTIVITAS PENDANAAN

Ratings: (0)|Views: 1,580 |Likes:

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Vina Irmayani Siahaan on May 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2013

pdf

text

original

 
1
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
´Analisis Aktivitas Pendanaanµ
Disusun oleh :Vina Irmayani (0802134327)Jurusan AkuntansiFakultas EkonomiUniversitas Riau2011
 
2
 
ANALISIS AKTIVITAS PENDANAAN
 A. Tinjauan Kewajiban
 
Kewajiban lancar
 Kewajiban lancar (jangka pendek) merupakan kewajiban yangpelunasannya menggunakan aktiva lancar atau munculnya kewajiban lancarlainnya. Periode yang diharapkan untuk menyelesaikan kewajiban adalah manayang lebih panjang satu tahun dan satu siklus perusahaan. Terdapat dua jeniskewajiban lancar. Jenis pertama timbul dari aktivita operasi, meliputi utangpajak, pendapatan diterima di muka, uang muka , piutang usha, dan akruakbeban operasi lainnya. Jenis kedua kewajiban lancar timbul dari ktivitaspendanaan, meliputi pinjaman jangka pendek dan bagian utang jangka panjang jatuh tempo dalam jangka waktu satu tahun.
 
Kewajiban tak lancar
 Kewajiban tak lancar (jangka panjang) merupakan kewajiban yang tidak jatuh tempo dalam jangka waktu satu tahun atau satu siklus operasi, mana yanglebih panjang. Kewajiban ini meliputi pinjaman, obligasi, utang, dan wesel bayar.Kewajiban tak lancar beragam bentuknya , dan penilaian serta pengukuran nyamemerlukan pengungkapan atas seluruh batasan dan ketentuan. Pengungkapanmeliputi tingkat bunga, tanggal jatuh tempo, hak konversi, fitur penarikan, danprovisi subordinasi.
 
A
nalisis Kewajiban
 Karena kewajiban merupakan klaim terhadap perusahaan, kitamemerlukan keyakinan bahwa perusahaan mencatatnya . Pencatatan ini meliputipengungkapan jumlah dan tanggal jatuh tempo , termasuk kondisi , halangan ,dan batasan yang diberlakukan pada perusahaan . Jika kewajiban dinyatakanlebih rendah dari seharusnya karena beban yang lebih rendah atauditangguhkan.
 
3
 
B
. Sewa Guna Usaha
Sewa guna usaha bentuk pendanaan yang popular, khususnya dalambeberapa industri tertentu. Sewa guna usaha (lease) merupakan perjanjiankontraktual antara pemilik (lessor) dan penyewa (lessee). Perjanjian tersebutmemberikan hak pada lesse untuk menggunakan aktiva yang dimiliki oleh lessor,selama masa sewa guna usaha. Sebagai imbalannya, lesse membayar sewa yangdisebut pembayaran sewa guna usaha minimum. Perjanjian mewajibkan lessemembayar selama periode yang ditentukan.Sewa guna usaha meningkat frekuensi maupun besarannya. Diperkirakanhampir sepertiga pendanaan aktiva pabrik. Sewa guna usaha merupakan bentukpendanaan utama dalam usaha ritel, penerbangan , dan kereta api. Pendanaan sewaguna popular karena beberapa hal. Pertama, penjual menggunakan sewa guna usahauntuk meningkatkan penjualan dengan menyediakan pendanaan bagi pembeli.Pendapatan bunga dari sewa guna usaha sering kali menjadi sumber pendapatanutama bagi penjual tersebut untuk mendanai pembelian aktivanya.
A
kuntansi dan Pelaporan sewa guna usaha
 
 
Klasifikasi dan Pelaporan sewa guna usaha
 Lesse mengklasifikasikan dan mencatat sewa guna usaha sebagai capitallease jika pada saat terjadinya, transaksi tersebut memenuhi minimal satu dariempat criteria sebagai berikut:a.
 
Terdapat transfer kepemilikan aktiva kepada lesse pada akhir masa sewaguna usaha.b.
 
Terdapat opsi untuk membeli aktiva pada harga murah .c.
 
Masa sewa guna guna usaha 75% / lebih dari estimasi umur ekonomis aktiva.d.
 
Nilai sekarang sewa pembayaran sewa dan pembayaran sewa guna usaham inimum lainnya sebesar 90% / lebih dari nilai wajar aktiva dikurangi dengankredit pajak investasi yang ditahan oleh lessor.e.
 
Sewa guna usaha dapat diklasifikasikan sebagai operating lease bila tidaksatu pun criteria tersebut terpenuhi.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
Mardiana Amir liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
amargiono liked this
SammyMikey liked this
Rieztyagoes Nisa liked this
Vizah Novita liked this
Puji Lestari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->