Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sosiologi Dan Masyarakat

Sosiologi Dan Masyarakat

Ratings: (0)|Views: 686 |Likes:
Published by ikaribajuwanita

More info:

Published by: ikaribajuwanita on May 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/12/2013

pdf

text

original

 
SOSIOLOGI DAN MASYARAKAT
Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifatmasyarakat,perilaku masyarakat,dan perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajarimasyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Sebagai cabang Ilmu, Sosiologidicetuskan pertama kali oleh ilmuwanPerancis, August Comte.Comte kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Namun demikian, sejarah mencatat bahwaÉmile Durkheim-ilmuwan sosial Perancis yang kemudian berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplinakademis. Sebagai sebuahilmu,sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yangtersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lainatau umum.
1. Pengertian Sosiologi
Sosiologi merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata latin socius yang artinyateman, dan logos dari kata Yunani yang berarti cerita, diungkapkan pertama kalinya dalambuku yang berjudul "
Cours De Philosophie Positive
" karanganAugust Comte(1798-1857).Sosiologi muncul sejak ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu. Namun sosiologi sebagaiilmu yang mempelajarimasyarakatbaru lahir kemudian diEropa.  Sejak awal masehi hingga abad 19,Eropadapat dikatakan menjadi pusat tumbuhnyaperadabandunia,para ilmuwan ketika itu mulai menyadari perlunya secara khususmempelajari kondisi dan perubahansosial.Para ilmuwan itu kemudian berupaya membangunsuatu teori sosial berdasarkan ciri-ciri hakikimasyarakatpada tiap tahapperadabanmanusia. Dalam buku itu, Comte menyebutkan ada tiga tahap perkembangan intelektual, yangmasing-masing merupakan perkembangan dari tahap sebelumya.Tiga tahapan itu adalah :a.
 
Tahap teologis; adalah tingkat pemikiran manusia bahwa semua benda di duniamempunyai jiwa dan itu disebabkan oleh suatu kekuatan yang berada di atas manusia.b.
 
Tahap metafisis; pada tahap ini manusia menganggap bahwa didalam setiap gejalaterdapat kekuatan-kekuatan atau inti tertentu yang pada akhirnya akan dapatdiungkapkan. Oleh karena adanya kepercayaan bahwa setiap cita-cita terkait pada suatu
 
3
 
realitas tertentu dan tidak ada usaha untuk menemukan hukum-hukum alam yangseragam.c.
 
Tahap positif; adalah tahap dimana manusia mulai berpikir secara ilmiah.Comte kemudian membedakan antara
sosiologi statis
dan
sosiologi dinamis
. Sosiologistatis memusatkan perhatian pada hukum-hukum statis yang menjadi dasar adanyamasyarakat.Sosiologi dinamis memusatkan perhatian tentang perkembangan masyarakatdalam arti pembangunan.Rintisan Comte tersebut disambut hangat oleh masyarakat luas, tampak dari tampilnyasejumlah ilmuwan besar di bidang sosiologi. Mereka antara lain Herbert Spencer, Karl Marx,  Emile Durkheim, Ferdinand Tönnies, Georg Simmel, Max Weber,danPitirim Sorokin(semuanya berasal dari Eropa). Masing-masing berjasa besar menyumbangkanberagam pendekatan mempelajari masyarakat yang amat berguna untuk perkembanganSosiologi pernyataan berikut:a.
 
Herbert Spencer memperkenalkan pendekatan analogi organik, yang memahamimasyarakat seperti tubuh manusia, sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian- bagian yang tergantung satu sama lain.b.
 
Karl Marx memperkenalkan pendekatan materialisme dialektis, yang menganggapkonflik antar-kelas sosial menjadi intisari perubahan dan perkembangan masyarakat.c.
 
Emile Durkheim memperkenalkan pendekatan fungsionalisme yang berupayamenelusuri fungsi berbagai elemensosial sebagai pengikat sekaligus pemelihara keteraturan sosial.d.
 
Max Weber memperkenalkan pendekatan verstehen (pemahaman), yang berupayamenelusuri nilai,kepercayaan,tujuan, dan sikap yang menjadi penuntun perilaku manusia.
2. Definisi Sosiologi yang Dikemukakan Oleh Beberapa Ahli :
a. Pitirim Sorokin  Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antaraaneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejalamoral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik
 
antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmuyang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.
 
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.c. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf   Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaituorganisasi sosial.d. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers  Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proseskemasyarakatan yang bersifat stabil.e. Max Weber  Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.f. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi  Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.g. Paul B. Horton  Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok danproduk kehidupan kelompok tersebut.h. Soejono Soekamto  Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yangbersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupanmasyarakat.i. William Kornblum  Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosialanggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompokdan kondisi.
 
 j. Allan Jhonson  Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalamkaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lisa Liisa liked this
Ar NiLa liked this
Subo Tajio liked this
Athalia Mutiara liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->