Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
8Activity
P. 1
Isi Materi IDK III Hematologi

Isi Materi IDK III Hematologi

Ratings: (0)|Views: 431|Likes:
Published by asia_esm_riaymye7

More info:

Published by: asia_esm_riaymye7 on May 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Hematologi adalah cabang kedokteran internal, fisiologi, patologi, pekerjaanlaboratorium klinis, dan pediatri yang berkaitan dengan studi tentang darah, organpembentuk darah, dan penyakit darah. Hematologi meliputi studi tentang etiologi,diagnosis, pengobatan, prognosis, dan pencegahan penyakit darah. Pekerjaanlaboratology yang masuk ke studi tentang darah sering dilakukan oleh teknolog medis.Dokter ahli darah juga sangat sering melakukan studi lebih lanjut di onkologi-pengobatanmedis kanker.Darah penyakit mempengaruhi produksi darah dan komponen-komponennya,seperti sel-sel darah, hemoglobin, protein darah, mekanisme koagulasi, dll.Dokter spesialis dalam hematologi dikenal sebagai Ahli Darah. pekerjaan rutinmereka terutama mencakup perawatan dan pengobatan pasien dengan penyakithematologi, meskipun beberapa juga dapat bekerja di laboratorium hematologi darahdan melihat film slide sumsum tulang di bawah mikroskop, menafsirkan berbagai hasiltes hematologi. Di beberapa lembaga, Ahli Darah juga mengelola laboratoriumhematologi. Dokter yang bekerja di laboratorium hematologi, dan paling seringmengelola mereka, adalah patolog spesialis dalam diagnosis penyakit hematologi,disebut sebagai hematopathologists. Ahli Darah dan hematopathologists umumnyabekerja bersama untuk merumuskan diagnosa dan memberikan terapi yang paling tepat jika diperlukan. Hematologi adalah subspesialisasi berbeda penyakit dalam, yangterpisah dari terapi tumpang tindih dengan subspesialisasi onkologi medis. Ahli Darahmungkin spesialisasi lebih lanjut atau memiliki kepentingan khusus, misalnya dalam:
Mengobati gangguan perdarahan seperti hemofilia dan purpura idiopatikthrombocytopenic
Mengobati malignacies hematologi seperti limfoma dan leukemia
Mengobati hemoglobinopathies
Dalam ilmu transfusi darah dan pekerjaan bank darah
Dalam sumsum tulang dan transplantasi sel indukSetiap makhluk hidup memerlukan oksigen dan zat makanan serta mengeluarkanzat sisa metabolisme. Berbagai proses metobolisme menghasilkan sampah (sisa) yangharus dikeluarkan oleh tubuh.Peredaran materi, baik berupa bahan-bahan yang diperlukan tubuh sepertioksigen maupun hasil metabolisme dan sisa-sisanya dilakukan oleh sistem peredaranatau sistem sirkulasi. Hasil pencernaan makanan dan oksigen diangkut dan diedarkan ke
1
 
seluruh jaringan tubuh, sedangkan sisa-sisa metabolisme diangkut dari seluruh jaringantubuh menuju organ-organ pembuangan oleh darah.Darah adalah cairan berwarna merah yang terdapat di dalam pembuluh darah.Warna merah tersebut tidak selalu tetap, tetapi berubah-ubah karena pengaruh zatkandungannya, terutama kadar oksigen dan karbondioksida. Apabila kadar oksigen tinggimaka warna daranya menjadi merah muda, tetapi bila kadar karbondioksidanya tinggimaka warna darahnya menjadi merah tua. Volume darah pada manusia adalah 8% beratbadannya.
1.2
Rumusan Masalah
 
1.Komposisi dan Struktur Sel Darah Manusia2.Elemen Pembentuk Darah Manusia3.Golongan Darah
4.
Hemostatis dan Pembekuan Darah
1.3
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan kami menyusun makalah IDK III ini adalah sebagai berikut:
1.
Membahas mengenai materi tentang Hematologi
1.4
Sistematika Penulisan
a.Cover
b.
Kata Pengantar
c.
Daftar Isi
d.
Bab I Pendahuluan
e.
Bab II Pembahasan
f.
Bab III Penutup
g.
Daftar Pustaka
1.5
Metode Penulisan
Dalam menyusun resume ini kami menggunakan metode ‘Kepustakaan’.
2
 
BAB IILANDASAN TEORI
Darah berasal dari kata haima, yang berasal dari akar kata hemo atau hemato.Darah adalah sejenis jaringan ikat yang sel-selnya (elemen pembentuk) tertahan dandibawa dalam matriks cairan (plasma). Darah terdiri dari 45% korpuskula dan 55%plasma darah. Darah lebih berat dibandingkan air dan lebih kental. Cairan ini memilikirasa dan bau yang khas, serta PH 7,4 (7,35 - 7,45). Warna darah bervariasi dari merahterang sampai merah tua kebiruan, bergantung pada kadar oksigen yang dibawa seldarah merah. Volume darah total sekitar 5 liter pada laki-laki dewasa berukuran rata-rata, dan kurang sedikit pada perempuan dewasa. Volume ini bervariasi sesuai denganukuran tubuh dan berbanding terbalik dengan jumlah jaringan adiposa dalam tubuh.Volume ini juga bervariasi sesuai dengan perubahan cairan darah dan konsentrasielektrolitnya.
2.1Komposisi dan Struktur Sel Darah Manusia
Darah memiliki komposisi yang terdiri atas sekitar 55% cairan darah (plasma)dan 45% sel-sel darah. Elemen pembentuk darah meliputi tiga macam sel darah, yaitusel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).Ketiga sel-sel darah tersebut tergolong dalam unsur padat yang disebut korpuskuler.
A.Plasma Darah
1.Plasma darah adalah cairan bening kekuningan yang unsur pokoknya samadengan sitoplasma. Plasma terdiri dari 92% air dan mengandung campuran kmpleks zatorganik dan anorganik.a.Protein plasma mencapai 7% plasma dan merupakan satu-satunya unsurpokok plasma yang tidak dapat menembus membran kapiler untuk mencapai sel.Ada 3 jenis protein plasma yang utama yaitu:(1)Albumin adalah protein plasma yang terbanyak, sekitar 55% sampai dengan60%, tetapi ukurannya paling kecil. Albumin disintesis dalam hati dan bertanggung jawab untuk Tekanan Osmotik koloid darah.(a)Koloid adalah zat yang berdiameter 1nm sampai 100nm, sedangkankristaloid adalah zat yang berdiameter kurang dari 1nm. Plasma mengandung koloid dankristaloid.
(b)
Tekanan osmotik koloid
(tekanan onkotik)
ditentukan berdasarkan jumlahpartikel koloid dalam larutan. Tekanan ini merupakan suatu ukuran “daya tarik” plasmaterhadap difusi air dari cairan ekstraseluler yang melewati membran kapiler.
3

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
gas_yoe2 liked this
Adi Sucipto liked this
Munawir Sdjazali liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->