Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
4Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
20050312 BRR ah UsulanProgramBluePrintAceh

20050312 BRR ah UsulanProgramBluePrintAceh

Ratings: (0)|Views: 442 |Likes:
Published by Ali_M_Akbar_7218

More info:

Published by: Ali_M_Akbar_7218 on May 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
1
BAB IPOKJA – I
TATA RUANG DAN PERTANAHANI.
 
LATAR BELAKANG
Kehadiran gempa bumi yang diikuti dengan badai tsunami dahsyat yangterjadi akhir tahun lalu telah menimbulkan berbagai macam kerusakan dikawasan pesisir barat Nanggroe Aceh Darussalam, seperti di Kabupaten AcehBesar, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireuen, Kota Banda Aceh, dan Kabupaten Aceh Utara.Musibah itu telah menimbulkan kerugian jiwa, harta benda, serta saranadan prasarana, yang sangat penting bagi kehidupan manusia, seperti jalan, jembatan, pelabuhan, dsb. Rumah-rumah banyak yang hancur dan rusak,yang mengakibatkan banyak warga yang kehilangan tempat tinggal. Merekaumumnya mengungsi ke tempat-tempat yang tidak mempunyai dampak langsung terhadap bencana.Kerusakan yang terjadi umumnya diakibatkan oleh besarnya energiyang menghantam kawasan pesisir, sehingga bangunan-bangunan yangumumnya tahan gempa ikut ambruk akibat hempasan itu. Puing-puingbangunan yang ikut serta dalam gelombang itu pun menjadi sangat berbahayabagi objek-objek yang dilaluinya. Keleluasaan gelombang itulah yang membuatbanyak kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan.Berpijak dari model dan banyaknya kerusakan yang terjadi, nampak sekali bahwa sistem pengamanan kawasan pantai masih belum optimal.Kawasan pesisir, yang umumnya disabuki oleh tanaman-tanaman pantaiseperti bakau, kelapa, dsb, keberadaannya sudah berkurang. Padahaltanaman-tanaman tersebut memiliki manfaat yang cukup spesifik dalammengurangi energi hantaman tsunami.
 
 
Usulan Program Blue Print Aceh – Univ. Syiah Kuala 
2
Belum adanya akses untuk menyelamatkan diri juga menjadi pemicu jatuhnya korban yang banyak. Kepanikan warga semakin luar biasa olehkarena jalan untuk menyelamatkan diri mencari tempat yang lebih tinggi atau jauh dari pantai, menjadi sempit dan macet, oleh karena keramaian yang ada.Warga pun tidak menemukan tempat aman atau tempat yang lebih tinggiterdekat untuk menyelamatkan diri, terutama kawasan pesisir yang jauh daridaerah perbukitan.Untuk itu, kajian yang dilakukan ini adalah mengkaji dan mengusulkanprogram-program strategis, untuk menata ulang kehidupan warga,merehabilitasi kawasan, dan mengendalikan kawasan dalam meminimalisasidampak bencana yang sama di masa mendatang.
1.1
 
Tujuan
Berkaitan dengan latar belakang yang telah diuraikan di atas, adabeberapa tujuan yang diharapkan sebagai produk dari Pokja I UAR+ ini, yaitu :1.
 
Memberikan gambaran terhadap kerusakan kawasan dan kondisisebenarnya pasca tsunami.2.
 
Memberikan penilaian dan pertimbangan kelayakan terhadap program tataruang yang akan dijalankan.3.
 
Menyusun strategi dan usulan program tata ruang untuk menata ulangkehidupan masyarakat Aceh.
1.2
 
Sasaran
1.
 
Menghasilkan program tata ruang yang dapat memperbaiki tatanankehidupan warga.2.
 
Menghasilkan langkah-langkah strategis untuk merehabilitasi kawasanterkena bencana.
 
 
Usulan Program Blue Print Aceh – Univ. Syiah Kuala 
3
3.
 
Menghasilkan langkah-langkah strategis untuk mengendalikan kerusakankawasan.
1.3
 
Cara Penyusunan
Mekanisme penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut :1.
 
Melakukan eksplorasi data dan informasi dari berbagai pihak terkait, untuk mengetahui kondisi sebenarnya pasca bencana tsunami.2.
 
Mengadakan pertemuan dengan Pokja Tata Ruang Bappenas dan PokjaTata Ruang NAD, untuk mengetahui rencana-rencana yang akan disusun.3.
 
Melakukan survey ke beberapa daerah yang terkena bencana, untuk mendapatkan aspirasi yang sebenarnya dari masyarakat.4.
 
Memberikan penilaian dan kelayakan terhadap program yang akandijalankan, untuk mendapatkan program rehabilitasi yang cocok.5.
 
Menyusun strategi dan usulan program, untuk seterusnya dijalankandalam upaya menata kembali kehidupan masyarakat, mengendalikan tataruang kawasan, dan meminimalisasai dampak bencana mendatang.6.
 
Hasil kajian di atas dirangkum dalam suatu produk Laporan.
1.4
 
Tantangan
1.
 
Terbatasnya data-data yang representif yang digunakan dalam menilaikebutuhan dan pertimbangan kelayakan.2.
 
Terbatasnya waktu dalam melakukan survey-survey.
II. RONA 
Untuk memahami kondisi real suatu wilayah diperlukan adanyagambaran diskripsi wilayah tersebut untuk menjelaskan penampakan yang ada.Penjelasan tersebut akan terkait dengan kondisi sebelum tsunami, pascatsunami dan kemungkinan akan terjaid pada masa akan datang. Disamping itu

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Syifa Munawarah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->