Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
suspensi

suspensi

Ratings: (0)|Views: 790 |Likes:
i778hih
i778hih

More info:

Published by: KhoLek Terlalu Mekok'i on May 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/04/2013

pdf

text

original

 
suspensi
Jangan lupakan suspensi
(14/11/2007)
- Jalan berlubang, polisi tidur, separator jalan, tempat parkir yang miring semuanyamenyiksa sistem suspensi mobil. Meskipun mobil-mobil modern sudah dilengkapi sistemsuspensi handal, tapi tetap terbuka kemungkinan ada yang melengkung, putus, atau melesetkeluar dari posisinya. Bagian mobil yang sering dilupakan ini juga jadi langganan kotoran, benturan, serbuan pecahan kerikil, dan benda-benda keras lainnya. Untuk menjaga mobil andatetap aman dikendarai, suspensi juga harus diperiksa, dirawat dan diperhatikan secara berkala.Salah satu cara merawat sistem suspensi adalah melakukan perawatan wheel alignment. Ini carayang baik untuk memeriksa suspensi. Dalam proses itu, tekanan angin diperiksa, juga sistemkemudi dan sambungan-sambungan suspensi untuk mendeteksi aus atau rusak. Biasanya bengkelmemiliki informasi ayunan maksimum setiap komponen. Bila ragu-ragu apakah sambungankomponen rusak atau tidak, bisa meminta bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih detail danmenyeluruh.Peredam kejut dengan lapisan tipis oli dan debu yang menempel disepanjang batannya, masihwajar. Tidak wajar dan harus diganti jika oli sudah menetes atau mengalir. Tapi itu bukan satu-satunya indikasi mengganti peredam kejut. Pada dasarnya bila mobil terayun-ayun di jalan tidak rata atau handling terasa empuk, itu pertanda sudah harus diganti. Mobil yang biasa di pakaidijalan mulus tidak berarti peredam kejutnya aman. Pada kondisi itu, peredam kejut berayundalam rentang yang pendek. Ini terjadi bertahun-tahun menyebabkan aus pada rentang gerak itu.Kondisi ini sulit diketahui karena saat melintasi gundukan jalan tinggi, dan peredam harusmengayun dalam jarak lebar, sistem suspensi bekerja baik. Tapi dalam pengendaraan normal di jalan mulus, kemampuannya merosot signifikan.Ada salah kaprah bahwa per kaku dibutuhkan untuk menghasilkan handling lebih baik. Per seperti ini memang mengeliminir efek roll/limbung tapi itu dibayar dengan kenyamanan berkendara yang rendah dan traksi di tikungan. Racikan suspensi terbaik merupakan harmonisasi per lembut untuk kenyaman berkendara yang gerakan suspensinya dibatasi oleh peredam kejut berkualitas dan sway bars. Pada mobil-mobil modern tingkat peredaman bisa diatur denganmudah. Sehingga bisa menawarkan karakter handling sporty dengan per kaku hingga comfortyang empuk.
 
Ketika mengganti peredam kejut/per lakukan juga wheel alignment.Mobil yang di modifikasi lebih tinggi atau lebih rendah dari standar berpengaruh besar terhadaphandling karena sistem suspensi bekerja dengan sudut-sudut berbeda dari yang dirancangsemula. Pusat gravitasi mobil juga berubah, dan perubahan pada roll centre mobil, menyebabkanmobil tidak aman.Suspensi yang baik sangat penting untuk keamanan berkendara. Bila setiap penyusunnya bekerjasempurna, umur pakai ban dan efisiensi bahan bakar bertambah. Juga pengendaraan lebihnyaman.
 
Saat melihat daftar mobil, saya membaca istilah ³Suspensi´, so wondering for that word,akhirnya saya memperoleh informasi mengenai hal tersebut, mau tahu «
S
uspensi mobil
adalah komponen yang berada diantara rangka dan roda-roda, dan berfungsiuntuk menyerap kejutan-kejutan yang ditimbulkan saat perjalanan, sehingga menimbulkan rasanyaman.
 
komponen Pegas
, pegas disini berguna untuk menyerap kejutan dari jalan dan getaran roda-rodaagar tidak diteruskan ke bodi secara langsung, juga untuk mencegah daya cengkeram banterhadap permukaan jalan.
Komponen
Str
u
t
ba
r
, Strut bar berguna untuk menahan lower arm agar tidak bergerak mundur  pada saat menerima kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau dorongan akibat terjadi pengereman
Jenis-jenis
S
uspensi :
Menurut konstruksinya ada dua modal utama suspensi, yaitu1. Suspensi poros kaku (suspensi rigid)Semula semua suspensi mobil menggunakan model ini, bahkan sekarang pun masih banyak digunakan pada kendaraan berat. Poros kaku (yang tunggal) dihubungkan ke rangka atau bodidengan pegas (pagas daun atau pegas koil) dan shock absorber Jadi, tidak ada lengan-lengansuspensi seperti pada suspensi independen2. Suspensi bebas (suspensi independen)Biasanya suspensi independen ini digunakan pada roda mobil penumpang atau truk kecil. Tetapisekarang suspensi bebas banyak digunakan juga pada roda belakang mobil penumpang. Padasuspensi independen roda-roda kiri dan kanan tidak dihubungkan secara langsung pada porostunggal. Kedua roda bergerak secara bebas tanpa saling mempengaruhi. Dengan demikian,gangguan terhadap sebuah roda ditanggulangi hanya roda itu saja.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Umbu Lado liked this
Agusta Susanto liked this
VenDy RUsh liked this
Sarah Faujiah liked this
Ahmad Al Baehaki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->