Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
46Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Evaluasi Kinerja SDM

Makalah Evaluasi Kinerja SDM

Ratings: (0)|Views: 4,566 |Likes:
Published by Faizal

More info:

Published by: Faizal on May 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
Tugas : Evaluasi Kinerja
Dibuat Oleh :
Drs. MULYADI TOWALIA
NIM. 1777.01.21.2005
PROGRAM PASCA SARJANAUNVERSITAS MUSLIM INDONESIATAHUN 2006
 
EVALUASI KINERJA SDM
Pada era reformasi ini, pemberdayaan ekonomi di Indonesia perlu dilakukansecara profesional. Hal ini karena tahun 2003 telah diberlakukan AFTA yangmenuntut bangsa Indonesia untuk siap menghadapi pasar bebas (pasar global).Konsep Global Trade Point Network (GTPN) tersebut merupakan implementasi darikonsep trade efficiency programme yang dirancang oleh United Nations Conferenceon Trade and Development (UNCTAD) dengan tujuan untuk mengefektifkan danmengefisiensikan perdagangan internasional.Secara psikologis, sebenarnya pasar global terjadi oleh adanya perubahan polakehidupan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan pola dasar tersebut akan berpengaruh terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat,sebagaimana perluasan pasar terutama dengan nilai-nilai sosial. “Pasar globalmerupakan suatu sikap, cara berpikir, suatu tatanan baru sebagai akibat terjadinya pertukaran secara bebas di bidang ekonomi, politik dan kebudayaan”. Menurut A.Sonny Kerap (1998 : 221) bahwa : “Pasar global sebagai pranata moral yang dapatmemberikan keuntungan bagi semua pihak”. Sedangkan Elashmawil dan Harris(1996 : 65) berpendapat bahwa : “Kesuksesan perdagangan pada pasar.
A.Pendekatan Psikologis dan Organisasi
Pendekatan psikologi dan organisasi didasarkan pada pendapat ahli psikologis David McClelland, Everett Hagen dan Daniel Goleman yang sampaisekarang ini pendapatnya menjadi penguat yang mendasar dalam pengelolaansumber daya manusia (SDM) bisnis dan pencapaian kinerja organisasi. EverettHagen berpendapat bahwa hambatan pembangunan ekonomi pada negara berkembang termasuk Indonesia disebabkan karena sebagian besar SDMmasyarakatnya tidak memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Bahkan adakecenderungan sebagian besar SDM masih memiliki kecerdasan emosi (EQ) yang
 
kurang baik. Hal inilah tampaknya menjadi salah satu penyebab lemahnyakualitas SDM di Indonesia.Bahkan Charles Schreiber menyimpulkan hasil penelitiannya bahwa“Keberhasilan hidup seseorang ditentukan pendidikan formalnya hanya 15%,sedangkan 85% lagi ditentukan oleh sikap mentalnya (kepribadian). Oleh karenaitu, pada abad ke-21 ini, pengusaha, pimpinan bisnis, staf dan karyawannya perlumemperbaiki dan mengembangkan kecerdasan emosi (EQ) agar pencapaiankinerja individu dan organisasi secara maksimal.
B.Pendekatan Budaya dan Agama
Pendekatan kebudayaan didasarkan pada
teori Weber (1958)
yangmenekankan pada analisis sistem nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat dalamhubungannya dengan pembangunan ekonomi. Weber berpendapat bahwa pimpinan perlu menerapkan etika Protestan dalam mengelola bisnis, sebagaimanaetika Protestan merupakan kunci keberhasilan bagi pembangunan ekonomi padamasyarakat kapitalis Eropa dan Amerika. Untuk menstabilisasi ekonominyadiprediksi memerlukan waktu ribuan tahun, tetapi kenyataannya hanya beberapa puluh tahun saja Jepang telah mampu menstabilisasi ekonominya dan bahkanmenguasai teknologi. Etika Protestan antara lain mengajarkan orang jujur,disiplin, kerja keras, menghargai karya (kinerja), menghargai waktu evaluasi terusmenerus secara kontinyu, patuh pada nilai-nilai yang berlaku pada masyarakat.Penulis berpendapat bahwa pengelola SDM organisasi bisnis dan instansi pemerintah yang dilandasi pada pendekatan psikologis dan organisasi,kebudayaan serta agama diharapkan mampu menciptakan SDM bisnis yangunggul dan berhati nurani. Dengan demikian, pimpinan, pengusaha, perusahaan bisnis dan masyarakat Indonesia akan mampu mencapai kinerja maksimal.

Activity (46)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Riyanto Ahmad liked this
Hamed Nya Sya liked this
Azis Elfaqih liked this
Fawas Jundie liked this
mnankhatsu liked this
Budy Purwanto liked this
Feisya Doank liked this
Arief Djaelani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->