Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
82Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENYAKIT PADA POKOK JAGUNG

PENYAKIT PADA POKOK JAGUNG

Ratings:

4.67

(12)
|Views: 8,297 |Likes:
Published by yuzamri

More info:

Published by: yuzamri on Sep 04, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
PENYAKIT PADA POKOK JAGUNG
Adakah tanaman jagung anda menyerupaigambar di sebelah? Atau berwarna ungu-kemerahan?Dapatkah anda mengenali masalah padatanaman jagung dan cara-caramembetulkannya?
Latar belakang
 
Petani jagung harus belajar mengenali gejala pada gambar-gambar dalam brosurini – gejala kahat satu atau lebih hara esensial yang diperlukan untukpertumbuhan tanaman yang sehat untuk memperoleh hasil yangmenguntungkan. Engkau dapat menjadi dokter untuk tanaman jagungmu sendirl.Melihat kebun secara teratur dan mengidentifikasi gejala dari suatu masalahmerupakan aspek penting dari budidaya tanaman.
 
Keuntungan optimum dari investasi untuk produksi tergantung dari suplai harayang cukup selama pertumbuhan tanaman. Gejala kahat hara yang timbuldisebabkan karena kebutuhannya tidak terpenuhi. Hendaknya kebun dicekbeberapa kali selama satu musim. Kahat hara yang dapat dideteksi dini dapatdiatasi dengan pemupukan dalam alur di sisi tanaman. Andaikata tidak dapatdiatasi dalam tahun ini, asal diketahui di mana masalah tersebut timbul, makasudah merupakan informasi yang sangat berarti untuk perencanaan pemupukanpada musim berikutnya.Daun tanaman yang sehat harus berwarna hijau tua. Hal ini menunjukkan bahwadaun tersebut berkadar klorofil tinggi yang sangat dibutuhkan untuk menangkapsinar matahari untuk menghasilkan gula yang diperlukan untuk pertumbuhan danperkembangan tanaman. Suatu cekaman atau kahat hara akan mengubah warnadaun dan menurunkan produksi gula.
 
Kahat nitrogen
 
Kahat nitrogen (N) tidak mudah dideteksi waktu tanaman masih muda. Namunbila berwarna hijau kekuningan, maka kemungkinan tanaman kahat N. Bila kahatN dapat dideteksi dini, pemberian pupuk N dalam alur di sisi tanaman dapatmengatasi masalah ini.
 
Setelah tanaman kira-kira setinggi lutut, tingkat pertumbuhan akan meningkatyang diikuti dengan kebutuhan N yang meningkat cepat. Kebutuhan 3, 4 kgN/ha/hari adalah umum dan kebutuhan ini meningkat dua kali lipat saatpertumbuhan maksimum. Bila N tidak tersedia dalam jumlah cukup, maka warnaujung daun tua akan berubah menjadi kuning dan warna ini akan berkembangsepanjang tulang daun utama. Karena N sifatnya mobil dalam tanaman, gejalakahat N ini berangsur-angsur akan merambah ke daun-daun di atasnya. Daun tuakemudian akan mati. Uji N jaringan tanaman dapat dilakukan denganmenggunakan indikator kimia atau alat elektronik untuk membantumengdiagnosis kahat N ini. Tanaman mati muda dengan tongkol yang kecil danbijinya sedikit.
 
Kahat fosfor
 
 
Kahat fosfor (P) umumnya sudah tampak waktu tanaman masih muda. Gejalaawal dimulai dengan daun yang berwarna ungu-kemerahan. Tangkai yang lemahdan kecil tanpa tongkol atau tongkolnya kacil dan melilit - juga merupakanindikasi kahat P. Suhu rendah dan udara kering atau sangat basah pada awalpertumbuhan atau restriksi fisik untuk pertumbuhan akar dapat menyebabkankahat P, meskipun P dalam tanah cukup. Kahat P juga menyebabkan panenterlambat. Serapan P yang banyak per hari saat pertumbuhan yang cepatmenekankan pentingnya kesuburan tanah yang tinggi yang mampu menyuplaihara P yang cukup.
 
Kahat kalium
 
Kahat kalium (K) dimulai dengan warna kuning atau kecoklatan sepanjang pinggirdaun pada daun tua. Warna tersebut akan berkembang ke arah tulang daunutama dan pada daun-daun di atasnya. Gejala umum kahat K lainnya adalahwarna coklat tua pada buku batang bagian dalam dan dapat diketahui denganmengiris batang secara memanjang. Ukuran tongkol kadang-kadang tidak terlaludipengaruhi seperti halnya pada kahat N dan P, tetapi biji-biji jagung pada ujungtongkol tidak berkembang dan tongkol jagung banyak kelobotnya dengan bijisedikit sebagai akibat kahat K. Kalium juga merupakan faktor utama dalamefisiensi penggunaan air dan karena itu pengaruh kekeringan akan lebih nyatabila tanaman kahat K. Saat kebutuhan maksimum menyebabkan serapan K lebihbanyak daripada N. Hal ini menunjukkan pentingnya kesuburan tanah yang tinggiuntuk mencapai produksi yang menguntungkan.
 
Kahat hara lainnya
 
Kecuali N, P dan K, kahat hara lainnya tidak sering dijumpai di lapang, tetapidapat merupakan pembatas penting produksi. Kahat belerang (S) tampak padadaun muda yang berwarna hijau muda dengan pertumbuhan yang terhambat.Sering dijumpai pada tanah berpasir atau tanah dengan kadar bahan organikrendah. Berbagai pupuk yang mengandung S dapat digunakan untuk mengatasimasalah ini.
 
Kahat magnesium (Mg) menyebabkan timbulnya warna keputihan sepanjangkanan kiri tulang daun pada daun tua dengan warna merah keunguan sepanjangpinggir daun. Gejala ini dapat merupakan indikasi bahwa tanahnya masam,terutama timbul pada tanaman muda dengan pengolahan tanah yang kurangintensif. Pemberian dolomit dapat mengatasi masalah kahat Mg ini pada tahun-tahun berikutnya. Bila pH tidak merupakan masalah, maka sumber Mg lainnyaseperti Kalium-Magnesium-Sulfat dapat mengatasi kahat Mg ini.
 
Daun pucuk yang mengering atau melilit merupakan indikasi kahat tembaga(Cu). Kahat seng (Zn) ditandai oleh garis-garis klorotik yang paralel dengantulang daun utama pada daun muda, ruas pendek dan tanaman kerdil. Tanamantanpa tongkol atau tongkolnya steril pada pertanaman dengan populasi tinggiyang mendapat pupuk cukup dapat disebabkan oleh kahat boron (B).
 
Lahan masam mempengaruhi serapan berbagai hara dan dapat menyebabkantanaman kahat hara, meskipun tanaman dipupuk cukup. Uji tanah perludilaksanakan secara teratur untuk mengidentifikasi masalah-masalah yangberkaitan dengan pH dan memonitor kadar P dan K tanah. Uji nitrat pada profiltanah akan memberikan informasi yang baik untuk arahan pemupukan N didaerah di mana residu nitrat masih tersisa dari musim sebelumnya. Di daerah
 
yang lebih lembab, uji nitrat kurang diperlukan dibandingkan dengan uji pH, Pdan K.
 
Periksa menyeluruh
 
Sebagai dokter tanaman jagung, hendaknya 'pasien' diperiksa secaramenyeluruh. Catat penampilan umum dari suatu kebun dan bandingkan antaradaerah 'bermasalah' dengan daerah 'normal' yang sehat. Cabut atau bongkarbeberapa tanaman dari daerah 'normal' dan 'bermasalah'. Secara hati-hatiperiksa akar, iris batang, dan teliti perkembangan tongkol. Perhatikan pulamasalah hama dan penyakit yang timbul. Contoh tanaman yang diambil daridaerah 'bermasalah' dan 'normal' selama pertumbuhan tanaman dapatmemberikan diagnosis setelah dianalisis di laboratorium.
 
Buatlah catatan detail mengenai apa yang dilihat dan dimana lokasinya. Gunakankamera untuk mengdokumentasi daerah 'normal' dan 'bermasalah' dalamgambar, foto atau video. Bila menggunakan kamera video, berikan penjelasanmengenai gejala tersebutdan keadaan lapangan. Jangan lupa mencatat lokasi dantanggal membuat foto. Dokumentasi semacam ini dalam bentuk catatan dangambar adalah sangat berharga untuk perencanaan pertanaman pada musimberikutnya.
 
Pada saat panen, hendaknya dilihat dan diperiksa tongkolnya sebelum dicampurdengan yang berasal dari kebun lainnya. Sekali lagi diingatkan bahwa catatanyang terperinci dapat menjadi alat perencanaan yang berguna untukmengatasimasalah pada musim berikutnya. Kebun yang buruk, tanaman tidak bertongkoldan tongkol yang salah bentuk merupakan indikasi kahat hara. Kumpulkan contohtanah dari daerah 'bermasalah' tersebut, juga dari daerah yang 'normal'. Denganmembandingkan hasil analisis laboratorium dari kedua contoh tersebut dapatmembantu mengdiagnosis tanaman yang kahat hara.
 
Menjadi dokter yang baik dan belajar mengidentifikasi berbagai kahat hara danmasalah lainnya yang berkaitan dengan kesehatan tanaman merupakan aspekpenting dari budidaya tanaman yang berhasil. Pemupukan yang tepat yangdidasarkan atas uji tanah, bersama-sama dengan aspek-aspek budidaya lainnyayang baik merupakan kunci untuk mencapai hasil yang efisien dan ekonomis.
 
Gejala Daun
 

Activity (82)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Azzry Rahman liked this
Phanumb 'Mona' liked this
Ziadatun Nikmah liked this
Ay Alle liked this
Ricky Hasnur liked this
Nazli Hanum liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->