Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Web Server

Pengertian Web Server

Ratings: (0)|Views: 828 |Likes:
Published by hoztuff_ariq

More info:

Published by: hoztuff_ariq on May 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as ODT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

 
1.Pengertian Web Server
Web Server adalah software server yang menjadi tulang belakang dari World Wide Web(WWW). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser sepertinetscape navigator, Internet Explorer, modzilla, dan program browser lainnya. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu dan kemudianmemberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data inimempunyai format yang standar disebut dengan format SGML ( Standard General MarkupLanguage). Data yang berupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengankemampuan browser itu. Contohnya ialah bila data yang dikirim berupa data gambar, browser yang hanya mampu menampilkan text (misalnya lynx) tidak akan mampu menampilkannya dan jika ada akan menampilkan alternatifnya saja.Web Server, untuk berkomunikasi dengan clientnya (web browser) mempunyai protokolsendiri yaitu HTTP (HyperText Transfer Protocol). Dengan protokol ini, komunikasi antar webserver dengan clientnya (browser) dapat saling dimengerti dan lebih mudah.Seperti telah dijelaskan diatas, Standar format data pada World Wide Web adalah SGML.Tapi sudah menjadi hal yang umum bahwa para pengguna internet lebih banyak menggunakanformat HTML (HyperText Markup Language) karena penggunaannya yang lebih sederhana danmudah dipelajari.Kata HyperText mempunyai arti bahwa seorang pengguna internet dengan web browsernyadapat membuka dan mambaca dokumen-dokumen yang ada dalam komputernya atau bahkankomputer yang jauh tempatnya sekalipun. Hal ini memberikan cita rasa dari suatu proses yangtridimensional, artinya pengguna internet dapat membaca dari satu dokumen ke dokumen yanglain hanya dengan mengklik beberapa bagian dari halaman-halaman dokumen (web) itu.Proses yang dimulai dari permintaan webclient (browser), diterima web server, diproses,dan dikembalikan hasil prosesnya oleh web server ke webclient lagi dilakukan secara transparan.Setiap orang dapat dengan mudah mengetahui apa yang terjadi pada tiap-tiap proses. Secara garis besarnya web server hanya memproses semua masukan yang diperolehnya dari web clientnya.
 
Untuk membuat sebuah web server, maka kita akan menemukan berbagai macam persoalan, dimulai dari pemilihan software web browser yang mana yang paling sesuaikebutuhan, apa spesifikasi hardware yang dibutuhkan, bagaimana kondisi interkoneksi jaringaninternet yang ada, dan lain sebagainya. Belum lagi termasuk bagian pembuatan halaman-halaman webnya, mau menggunakan format apa (HTML, SGML, PHP, PHP3, CGI, dan lain-lain). Hal yang paling utama dalam proses pembuatan Web Server adalah memilih softwaremana yang akan digunakan sebagai web server kita.Untuk itu, perlu adanya beberapa pertimbangan sebagai berikut :1.Komersial lawan Freeware (software gratis).2.Kemudahan instalasi3.Kemudahan mengonfigurasi4.Kemudahan untuk menambah atau mengubah periferalnya.5.Kemampuan software.6.Besar ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan file-file minimal yangdibutuhkan agar software berfungsi dengan baik 7.Prospek software tersebut dimasa yang akan dating8.Performasi dan konsumsi sumber daya yang digunakan software itu.9.Fasilitas apa yang mampu didukung software itu.10.Dukungan Teknis (mempunyai site-site atau mailis untuk bertanya bila terjadimasalah).11.Dukungan Platform (jenis sistem operasi apa saja yang dapat menjalankansoftware tersebut)12.Dukungan terhadap third party (Apakah software ini dapat ditambahkan softwaretambahan sebagai pelengkap)
 
1.Cara Kerja Web Server
Cara kerja web server cukup sederhana, karena pada dasarnya tugas web server hanya ada dua,yaitu:
Menerima permintaan (request) dari client
Mengirimkan apa yang diminta oleh client (respone)Keterangan Gambar:a)Client disini dapat berupa computer desktop dengan minimal memiliki browsedan terhubung ke web server melalui jaringan (intranet atau internet)
b)
Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkatlunak web server. Agar komputer ini dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung ke jaringan (intranet atau internet). Dalam jaringan internet,komputer ini bisa saja bernamawww.google.com,www.bl.ac.id, atau memiliki kode computer (disebut IP Address) seperti 202.10.20.10 dan 200.100.50.25.
c)
Pertama
tama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di komputer client. Misalnya client mengetikkan suatu alamat (biasadisebut URL) di browser http://www.google.com. Client menekan tombol Enter atau klik tombol Go pada browser. Lalu apa yang terjadi? Melalui media jaringan(bias internet, bisa intranet) dan melalui protokol http, akan dicarilah komputer  bernamaww.google.com. Jika ditemukan, maka seolah
olah terjadi permintaan,“hai google, ada client yang minta halaman utama nich, ada dimanahalamannya?”. Inilah yang disebut request.
d)
Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utamagoogle dari client, si server akan mencari
cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Namanya juga mencari, kadang ketemu, kadang juga tidak ketemu.Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404.Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hendry Alamsyah liked this
tariy_holalaho liked this
sugarluvsugar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->