Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perencanaan dan evaluasi kesehatan

perencanaan dan evaluasi kesehatan

Ratings: (0)|Views: 2,430 |Likes:
Published by Nisa Novita Sari

More info:

Published by: Nisa Novita Sari on May 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2014

pdf

text

original

 
 Dr. Oswald
 Perencanaan Program Kesehatan
Perencanaan Program Kesehatan Batasan. Yang dimaksud dengan perencanaan adalah antara lain :a)
 
Kemampuan untuk memilih satu kemungkinan dari berbagaikemungkinan yang tersedia dan yang dipandang paling tepat untuk mencapai tujuan. (Billy E Goetz) b)
 
Pekerjaan yang menyangkut penyusunan konsep serta kegiatan yangakan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan demimasa depan yang lebih baik (Le Breton)c)
 
Upaya menyusun berbagai keputusan yang bersifat pokok yangdipandang paling penting dan yang akan dilaksanakan menuruturutannya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Maloh danDeacon)d)
 
Proses menetapkan pengarahan yang resmi dan menetapkan berbagaihambatan yang diperkirakan ada dalam menjalankan suatu programguna dipakai sebagai pedoman dalam suatu organisasi. (Ansoff danBrendenberg )Suatu proses kerja yang terus menerus yang meliputi pengambilankeputusan yang bersifat pokok dan penting dan yang akan dilaksanakan secarasistematik, melakukan perkiraan-perkiraan dengan menggunakan segala pengetahuan yang ada tentang masa depan, mengorganisir secara sistematik segala upaya yang dipandang untuk melaksanakan segala keputusan yang telahditetapkan serta mengukur keberhasilan dari pelaksanaan keputusan tersebutdengan membandingkan hasil yang dicapai terhadap target yang telahditetapkan melalui pemanfaatan umpan balik yang diterima dan yang disusunsecara teratur dan baik ( Drucker ). Suatu proses menganalisa dan memahamisistem yang dianut, merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus yang ingindicapai, memperkirakan segala kemampuan yang dimiliki, menguraikan segalakemungkinan yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah
 
 Dr. Oswald
ditetapkan, menganalisa efektivitas dari berbagai kemungkinan tersebut,menyusun perincian selengkapnya dari kemungkinan yang terpilih, sertamengikatnya dalam suatu sistem pengawasan yang terus menerus sehinggadapat dicapai hubungan yang optimal antara rencana rencana yang dihasilkandengan sistem yang dianut.(Levey dan Loomba)Dalam aktivitas sehari-hari dikenal beberapa istilah yang agak identik dengan perencanaan dengan nuansa yang sedikit berbeda antara lain
 
Peramalan ( Forcasting ) Adalah suatu upaya menduga apa yangakan terjadi di masa depan, yang juga merupakan ciri perencanaan.Tapi dalam peramalan tidak ditemukan unsur-unsur yang bersifat pasti, sehingga tidak dapat diperhitungkan.Peramalan bertolak dari asumsi asumsi tertentu, kemudiandilanjutkan dengan cara.
 
Projectory; yaitu kecenderungan yang di proyeksikan pada masayang akan datang
 
C
yclic; jika peristiwa yang lalu berulang ulang terjadi dan olehkarenanya pada masa yg akan juga akan terjadi.
 
Associative; yaitu menghubungkan peristiwa atau keadaanmisalnya jika timbul kondisi A maka akan terjadi peristiwa B, dandemikian seterusnya.
 
Persistency; ialah karena faktor faktor adalah stabil, maka keadaanyang diramalkan tidak mengandung sesuatu perubahan keadaanyang lalu ataupun yang sekarang berlaku.Penyelesaian masalah
 
(Problem solving) : Suatu upaya menghilangkan hambatan ataumasalah, yang juga merupakan ciri perencanaan. Namun dalam penyelesaian masalah tidak terkandung uraian yang lengkaptentang bagaimana melaksanakan berbagai kegiatan.
 
Penyusunan program (Programming) : Suatu upaya menyusunrangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, namun rangkaian
 
 Dr. Oswald
kegiatan yang disusun pada penusunan program dapat dilakukantidak dari tahap awal.
 
Penyusunan rancangan ( Designing ) : Suatu upaya menghasilkan pedoman (bagan kerja ) namun . Penyusunan program bukanlah perencanaan karena hasil akhir perencanaan tidak terbatas hanya pada penyusunan pedoman ( bagan ) kerja saja.
 
Pengkajian kebijakan ( Policy analisis ) adalah suatu upaya untuk menyelesaikan masalah sebagaimana juga merupakan ciri perencanaan, namun pengkajian kebijakan lebih bersifatretrospektif, yakni hanya mengkaji berbagai kebijakan dengansegala akibatnya yang telah ada atau yang telah terjadi. Sedangkandalam perencanaan lebih bersifat prospektif serta bermaksudmenghasilkan gagasan baru.
 
Proses pengambilan keputusan (Decision making process: Adalahsuatu upaya menetapkan keputusan, yang juga merupakan ciri perencanaan namun proses yang berlangsung dalam pengambilankeputusan umumnya lebih kompleks dimana perencanaan biasanyahanya merupakan salah satu masukan untuk pengambilankeputusan.Aspek perencanaan Dalam membicarakan perencanaan ada tiga aspek  pokok yang perlu diperhatikan:1.
 
Hasil dari pekerjaan perencanaan ( Outcome of planning ) : Yangdisebut dengan rencana ( Plan ) yang dapat berbeda antara satudengan yang lain.2.
 
Perangkat perencanaan ( Mechanic of planning ) adalah satuanorganisasi yang ditugaskan dan atau yang bertanggung jawabmenyelenggarakan pekerjaan perencanaan. Juaga sebagaimanadengan hasil perencanaan perangkat perencanaan dapat berbedadari satu pekerjaan perencanaan dengan yang lain. Pada satu

Activity (32)

You've already reviewed this. Edit your review.
Mega Al-Rachim liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Rudy Vi Dikcy liked this
fitriyahbunga liked this
Maulida Aulia liked this
Cheet d'Octo liked this
Fandy Poexa liked this
Neny Prince liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->