Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
metode-penelitian-kuantitatif

metode-penelitian-kuantitatif

Ratings: (0)|Views: 2,490|Likes:
Published by zukrinurmustapa

More info:

Published by: zukrinurmustapa on May 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/26/2013

pdf

text

original

 
METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF
Oleh: Drs. Sumani, M.M.
A.Pendahuluan
Meotodologi Penelitian kuantitatif dengan teknik statistiknyadiakui mendominasi analisis penelitian sejak abad ke-18 sampai abadini. Dengan semakin canggihnya teknologi komputer, berkembangteknik-teknik analisis statistik yang mendukung pengembanganpenelitian kuantitatif. Metodologi penelitian kuantitatif statistikmenjadi lebih bergengsi daripada metodologi penelitian kuantitatif.Lebih-lebih bila diperhatikan pula pada sejumlah kenyataan bahwaada sementara calon ilmuwan yang menggunakan metodologikualitatif dengan alasan dan bukti ketidakmampuannya di dalammenggunakan teknik-teknik analisis statistik.Pada segi lain, karena bergengsinya metodologi penelitiankuantitatif dengan teknik-teknik statistiknya, banyak ilmuwanataupun pakar ilmu yang tenggelam ke dalam teknik-teknik analisisyang canggih, sehingga melupakan kelemahan di dampingkeunggulan filsafat dan teori metodologi penelitian yangmelandasinya.Secara garis besar, dapat dijelaskan bahwa metodologipenelitian kuantitatif mulai dengan menetapkan obyek studi yangspesifik, dieliminasikan dari totalitas atau konteks besarnya sehinggamenjadi ekplisist atau jelas obyek studinya. Sesudah itu, barudisusun kerangka teori sesuai dengan obyek studi spesifiknya. Darisitu, dapat ditelorkan hipotesis atau problematik penelitian,instrumen pengumpulan data, teknik sampling serta teknikanalisisnya. Selain itu juga dapat ditentukan rancangan metodologiklainnya seperti penetapan batas signifikansi, teknik-teknikpenyesuaian jika ada kekurangan atau kekeliruan di dalam hal data,adminstrasi, analisis, dan semacamnya. Dengan kata lain, semuadirancang dan direncanakan secara matang sebelum peneliti terjunke lapangan untuk melakukan kegiatan penelitiannya.
 
B.Melakukan Penelitian Kuantitati1.Persyaratan Penelitian
a.SistematisDilaksanakan menurut pola tertentu dari yang palingsederhana sampai dengan yang kompleks sehingga tercapaitujuan secara efektif dan efisien.b.BerencanaDilaksanakan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelumdilakukan penelitian, sudah dipikirkan langkah-langkahpelaksanaanya.c.Mengikuti Konsep IlmiahMulai dari awal sampai dengan akhir kegiatan, penelitiandilakukan dengan mengikuti cara-cara atau langkah-langkahyang sudah ditentukan, yaitu prinsip yang digunakan untukmemperoleh ilmu pengetahuan (taraf berpikir ilmiah oleh JohnDewey di dalam
reflective thinking
) yang antara lain meliputi:
1)The felt nee
Penelitian dilakukan karena diawali oleh adanya kebutuhanatau tantangan untuk menyelesaikan suatu masalah.
2)The Problem
Merumuskan masalah agar suatu masalah penelitianmenjadi jelas batasan, kedudukan, dan alternatif cara untukmemecahkan masakah tersebut.
3)The hypothesis
Menetapkan hipotesis sebagai titik tolak mengadakankegiatan pemecahan masalah.
4)Collection of data as evidence
Mengumpulkan data untuk menguji hipotesis.
5)Concluding belief 
Menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data dandikembalikan kepada hipotesis yang sudah dirumuskan.
6)
General value of the conclusion
 
2
 
Menentukan kemungkinan untuk mengadakan generalisasidari kesimpulan tersebut dan implikasinya di masa yangakan datang (Sutrisno Hadi di dalam Suharsimi Arikunto,1998: 15).
2.Prosedur Penelitian kuantitatif 
Langkah-langkah penelitian kuantitatif menurut SuharsimiArikunto (1998: 17) adalah sebagai berikut:
a.
Memilih Masalahb.Melakukan Studi Pendahuluanc.Merumuskan MasalahRancanganPenelitiand.Merumuskan Anggapan Dasar dan Hipotesise.Memilih Pendekatanf.Menentukan Variabel dan Sumber Data
g.
Menentukan dan Menyusun Instrumenh.Mengumpulkan Datai.Menganalisis DataPelaksanaan j.Menarik Kesimpulan
k.
Menulis LaporanPembuatanLaporanLangkah-langkah penelitian kuantitatif tersebut secara sederhanadapat diuraikan sebagai berikut:
a.Memilih Masalah
Masalah timbul karena adanya tantangan, kesangsian ataukebingungan terhadap suatu hal atau fenomena, kemenduaanarti (
ambiguity 
), halangan dan rintangan, celah (
gap
) baikantarkegiatan atau antarfenomena baik yang telah adaataupun yang akan ada. Masalah yang baik memiliki ciri-cirisebagai berikut:1)Mempunyai nilai penelitian.Masalah mempunyai nilai penelitian apabila:a)mempunyai sifat keaslian.b)menyatakan suatu hubungan.c)merupakan hal yang penting.d)dapat diuji.e)dinyatakan di dalam bentuk pertanyaan.2)Mempunyai fisibilitas (dapat dilaksanakan).Persyaratan ini akan terpenuhi apabila:
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->