Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
243Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Skala Nyeri

Skala Nyeri

Ratings: (0)|Views: 13,479 |Likes:
Published by dr Wiyogo
isi makalah ilmu penyakit dalam
isi makalah ilmu penyakit dalam

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: dr Wiyogo on May 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/02/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN1.1 Pengertian nyeri
3
Menurut IASP 1979 (International Association for the Study of Pain) nyeri adalahsuatu pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan, yang berkaitan dengankerusakan jaringan yang nyata atau yang berpotensi untuk menimbulkan kerusakan jaringan,dari definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa nyeri bersifat subyektif dimana individumempelajari apa itu nyeri, melalui pengalaman yang langsung berhubungan dengan luka(injuri), yang dimulai dari awal masa kehidupannya.Pada tahun 1999, the Veteran’s Health Administration mengeluarkan kebijakan untuk memasukan nyeri sebagai tanda vital ke lima, jadi perawat tidak hanya mengkaji suhu tubuh,nadi, tekanan darah dan respirasi tetapi juga harus mengkaji tentang nyeri.Sternbach (1968) mengatakan nyeri sebagai konsep yang abstrak yang merujukepada sensasi pribadi tentang sakit, suatu stimulus berbahaya yang menggambarkan akanterjadinya kerusakan jaringan, suatu pola respon untuk melindungi organisme dari bahaya.McCaffery (1979) mengatakan nyeri sebagai penjelasan pribadi tentang nyeri ketikadia mengatakan tentang nyeri apapun yang dikatakan tentang nyeri dan ada dimanapun ketikadia mengatakan hal itu ada.1.2 Manfaat Skala NyeriSkala nyeri sering digunakan para praktisi umum untuk mengevaluasi tingkat rasanyeri yang dialami orang sakit. Skala ini membantu dalam membedakan tingkat beratnyasuatu penyakit, tipe penyakit, dan durasi dari nyeri tersebut. Dan juga digunakan untuk membuat diagnosis yang akurat, mengetahui rencana pengobatannya, dan mengevaluasiefektivitas pengobatannya.
4
1.3 Tujuan Pembuatan Makalah
1
 
Makalah ini dibuat agar mahasiswa dapat mengerti definisi nyeri, patofisiologinya,dan dapat menggunakan skala nyeri untuk menilai kondisi klinis pasien, dan prinsip cara penanganan kasus nyeri yang sering jumpai pada praktisi umum.
2
 
BAB 2PATOFISIOLOGI NYERIReseptor nyeri adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menerima rangsang nyeri.Organ tubuh yang berperan sebagai reseptor nyeri adalah ujung syaraf bebas dalam kulit yang berespon hanya terhadap stimulus kuat yang secara potensial merusak. Reseptor nyeri disebut juga nosireceptor, secara anatomis reseptor nyeri (nosireceptor) ada yang bermielien dan ada juga yang tidak bermielin dari syaraf perifer.
1
Berdasarkan letaknya, nosireseptor dapat dikelompokkan dalam beberapa bagaiantubuh yaitu pada kulit (Kutaneus), somatik dalam (deep somatic), dan pada daerah viseral,karena letaknya yang berbeda-beda inilah, nyeri yang timbul juga memiliki sensasi yang berbeda.
1
 Nosireceptor kutaneus berasal dari kulit dan sub kutan, nyeri yang berasal dari daerahini biasanya mudah untuk dialokasi dan didefinisikan. Reseptor jaringan kulit (kutaneus)terbagi dalam dua komponen yaitu :
1
a. Reseptor A deltaMerupakan serabut komponen cepat (kecepatan tranmisi 6-30 m/det) yang memungkinkantimbulnya nyeri tajam yang akan cepat hilang apabila penyebab nyeri dihilangkan b. Serabut CMerupakan serabut komponen lambat (kecepatan tranmisi 0,5 m/det) yang terdapat padadaerah yang lebih dalam, nyeri biasanya bersifat tumpul dan sulit dilokalisasi. Struktur reseptor nyeri somatik dalam meliputi reseptor nyeri yang terdapat pada tulang, pembuluhdarah, syaraf, otot, dan jaringan penyangga lainnya. Karena struktur reseptornya komplek,nyeri yang timbul merupakan nyeri yang tumpul dan sulit dilokalisasi.Reseptor nyeri jenis ketiga adalah reseptor viseral, reseptor ini meliputi organ-organviseral seperti jantung, hati, usus, ginjal dan sebagainya. Nyeri yang timbul pada reseptor ini
3

Activity (243)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Vanessa J Salu liked this
Dyanz Ferdianz liked this
Arie Gayo liked this
Nandini Nelanda liked this
Nurul Salam liked this
Nurul Salam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->