Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
46Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perdarahan Subarachnoid

Perdarahan Subarachnoid

Ratings: (0)|Views: 2,757 |Likes:
Published by dr Wiyogo
isi makalah ilmu penyakit saraf
isi makalah ilmu penyakit saraf

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: dr Wiyogo on May 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar BelakangSubarachnoid hemorrhage (SAH) atau perdarahan subarachnoid (PSA)menyiratkan adanya darah didalam ruang subarachnoid akibat beberapa proses patologis.Penggunaan istilah medis umum SAH merujuk kepada tipe perdarahan non-traumatik, biasanya berasal dari ruptur aneurisma Berry atau arteriovenous malformation(AVM)/malformasi arteriovenosa (MAV).
1
Insiden tahunan PSA aneurisma non-traumatik adalah 6-25 kasus per 100.000.Lebih dari 27.000 orang Amerika menderita ruptur aneurisma intrakranial setiap tahunnya.Insiden tahunan meningkat seiring dengan usia dan mungkin dianggap remeh karenakematian dihubungkan dengan penyebab lain yang tidak dapat dipastikan dengan autopsi.Beragam insiden PSA telah dilaporkan pada daerah lain di dunia (2-49 kasus pe100.000).
1
insidennya 62% pendarahan subarachnoid timbul pertama kali pada 40-60 tahun.Pecahnya pembuluh darah bisa terjadi pada usia berapa saja, tetapi paling seringmenyerang usia 25-50 tahun. Perdarahan subaraknoid jarang terjadi setelah suatu cederakepala. Pada MAV laki-laki lebih banyak daripada wanita.
2
1.2
Mortalitas / MorbiditasDiperkirakan 10-15% pasien meninggal sebelum akhirnya sampai di rumah sakit.Angka mortalitas meningkat sebesar 40% dalam minggu pertama. Sekitar setengahnyameninggal dalam 6 bulan pertama. Angka mortalitas dan morbiditas meningkat seiringusia dan perburukan keseluruhan kesehatan pasien. Kemajuan dalam manajemen PSAtelah menghasilkan pengurangan relatif pada angka mortalitas yang melebihi 25%.Bagaimanapun, lebih dari 1/3 yang selamat memiliki defisit neurologis mayor.
1
1
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
2.1 DefinisiPerdarahan subaraknoid adalah perdarahan tiba-tiba ke dalam rongga diantara otak dan selaput otak (rongga subaraknoid).
2
diantara lapisan dalam (pia mater) dan lapisantengah (arachnoid mater) para jaringan yang melindungan otak (meninges).
3
Subarachnoidhemorrhage adalah gangguan yang mengancam nyawa yang bisa cepat menghasilkan cacat permanen yang serius. Hal ini adalah satu-satunya jenis stroke yang lebih umum diantarawanita.
3
2.2 Anatomi
2
Otak dibungkus oleh selubung mesodermal, meninges. Lapisan luarnya adalah pachymeninx atau duramater dan lapisan dalamnya, leptomeninx, dibagi menjadiarachnoidea dan piamater.
2
 
Duramater Dura kranialis atau pachymeninx adalah suatu struktur fibrosa yang kuat dengansuatu lapisan dalam (meningeal) dan lapisan luar (periostal). Kedua lapisan dural yangmelapisi otak umumnya bersatu, kecuali di tempat di tempat dimana keduanya berpisahuntuk menyediakan ruang bagi sinus venosus (sebagian besar sinus venosus terletak diantara lapisan-lapisan dural), dan di tempat dimana lapisan dalam membentuk sekat diantara bagian-bagian otak.
ArachnoideaMembrana arachnoidea melekat erat pada permukaan dalam dura dan hanyaterpisah dengannya oleh suatu ruang potensial, yaitu spatium subdural. Ia menutupispatium subarachnoideum yang menjadi liquor cerebrospinalis, cavum subarachnoidalisdan dihubungkan ke piamater oleh trabekulae dan septa-septa yang membentuk suatuanyaman padat yang menjadi system rongga-rongga yang saling berhubungan.Cavum subaracnoidea adalah rongga di antara arachnoid dan piamater yang secararelative sempit dan terletak di atas permukaan hemisfer cerebrum, namun rongga tersebutmenjadi jauh bertambah lebar di daerah-daerah pada dasar otak. Pelebaran rongga inidisebut cisterna arachnoidea, seringkali diberi nama menurut struktur otak yang
3

Activity (46)

You've already reviewed this. Edit your review.
Rika Susanti liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Muhammad Iqbal liked this
Eki Jalesveva liked this
Mochamad Bilal liked this
Abdul Rahmat liked this
Rizki Juniarti liked this
Juliana Feron liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->