Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah

makalah

Ratings: (0)|Views: 529 |Likes:
Published by Fendy Prabowo

More info:

Published by: Fendy Prabowo on May 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
I.
 
PENDAHULUAN
1
.
1
.
 
Latar Belakang
Pengembangan hortikultura di Indonesia pada umumnya masih dalam skala perkebunan rakyat yang tumbuh dan dipelihara secara alami dan tradisional, sedangkan jenis komoditas hortikultura yang diusahakan masih terbatas. Apabila dilihat dari dataselama Pelita V pengembangan hortikultura yang lebih ditekankan pada peningkatankeragaman komoditas telah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan, yaitu pada periode 1988 ± 1992 telah terjadi peningkatan produktivitas sayuran dari 3,3 ton/hamenjadi 7,7 ton/ha, dan buah-buahan dari 7,5 ton/ha menjadi 9,9 ton/ha.Ditinjau dari aspek agroklimatnya, Indonesia sangat potensial untuk pembudidayaan buah-buahan. Selain itu, aspek teknis, ekonomi dan sosial juga sangat mendukung pengusahaan buah di negeri kita.Penyebab belum optimalnya peningkatan pendapatan petani, di antaranya adalah, pengelolaan tanaman sayuran yang masih tradisional, dimana belummenggunakan bibitunggul, kurangnya perlakukan pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit,sehingga produksi yang diharapkan tidak mencapai maksimal,bahkan tidak mencukupikebutuhan konsumsi keluarga sendiri.Disamping faktor pengelolaan, faktor lain yang menyebabkan produksi sayur sayuran rendah adalah tingkat kesuburan tanah. Rata ± rata petani selama ini belum mampumemberi perlakuan yang optimal, sehingga produktivitas tanaman sayuran juga belumoptimal. Selain itu, pada musim tertentu, harga penjualan menjadi sangat merosot karenavolume produksi melimpah, hingga menyebabkan petani sendiri tidak berdaya dalam hal pemasaran.
1
.2.
 
Tuju
an Pen
u
lisan
1.
 
Untuk mengetahui wilayah produksi tanaman buah-buahan terbesar menurutProvinsi, dan Kabupaten/ Kota di Kal-teng tahun 2008 ± 2009.2.
 
Untuk mengetahui perbandingan produksi tanaman sayuran tahun 2008 dengan 2009menurut Provinsi, dan Kabupaten/ Kota di Kal-teng3.
 
Untuk mengetahui perbandingan produksi tanaman buah-buahan dengan tingkatkonsumsi
 
2
1
.3.
 
M
etode Pen
u
lisan
Metode penulisan yang digunakan pada pembuatan makalah ini adalah meminta datalangsung dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan juga mengutip dari Internet tentanginformasi-informasi lainnya yang berhubungan dengan pokok bahasan makalah ini.
 
3
 
II.
 
T
INJAUAN PUS
T
AKA
2.
1
.
T
anaman Hortik 
u
lt
u
ra
Secara etimologis, kata Hortikultura berasal dari bahasa latin yaitu dari kataHortus: kebun dan Cultura: budidaya/pengelolaan. Hortikultura adalah ilmu dan seni bercocok tanam yang memerlukan pemeliharaan khusus, serta bercocok tanam tersebutdilakukan di kebun atau pekarangan. Pekarangan yang disebut Compound Garden atauMixed Garden oleh Terra mendefinisikan adalah sebidang tanah darat yang terletak langsung di sekeliling rumah dengan batas-batas yang jelas, serta umumnya di tanami berbagai jenis tanaman.Ditinjau dari fungsinya tanaman hortikultura dapat memenuhi kebutuhan jasmanisebagai sumber vitamin, mineral dan protein (dari buah dan sayur), serta memenuhikebutuhan rohani karena dapat memberikan rasa tenteram, ketenangan hidup dan estetika(dari tanaman hias/bunga).Peranan hortikultura adalah : a). Memperbaiki gizi masyarakat, b) memperbesar devisa negara, c) memperluas kesempatan kerja, d) meningkatkan pendapatan petani, dane)pemenuhan kebutuhan keindahan dan kelestarian lingkungan. Namun dalam kitamembahas masalah hortikultura perlu diperhatikan pula mengenai sifat khas dari hasilhortikultura, yaitu : a). Tidak dpat disimpan lama, b) perlu tempat lapang (voluminous), c)mudah rusak (perishable) dalam pengangkutan, d) melimpah/meruah pada suatu musimdan langka pada musim yang lain, dan e) fluktuasi harganya tajam. Dengan mengetahuimanfaat serta sifat-sifatnya yang khas, dalam pengembangan hortikultura agar dapat berhasil dengan baik maka diperlukan pengetahuan yang lebih mendalam terhadap permasalahan hortikultura tersebut.Ilmu hortikultura mencakup aspek produksi dan penanganan pasca panen yaitu:teknologi perbanyakan, penanaman, pemeliharaan, serta pasca panen. Sehingga ilmuhortikultura terkait erat dengan bidang ilmu lain seperti: Fisiologi, biokimia, genetika,entomologi, fitopatologi, ilmu tanah, klimatologi dan sebagainya.Luas lahan pertanian untuk lahan tanaman hortikultura di dunia adalah sangat kecil bila dibandingkan dengan luas lahan tanaman lain seperti serealia (biji-bijian) yaitu kurang

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yohan Dhiwa liked this
Mukhtar Kelana liked this
hari_setyawan_3 liked this
hari_setyawan_3 liked this
Z Suparkan liked this
Kame Syifa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->