Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KIMIA-MINYAK BUMI

KIMIA-MINYAK BUMI

Ratings: (0)|Views: 209 |Likes:
Published by Freddy Ajax

More info:

Published by: Freddy Ajax on May 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2014

pdf

text

original

 
PROSES PEMBENTUKKAN MINYAK BUMI
Minyak bumi
(bahasa Inggris:
 petroleum
, dari bahasa Latin:
 petrus
), dijuluki jugasebagai
emas hitam
adalah cairan kental, coklat gelap, atau kehijauan yang mudahterbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumidan gas alam berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar150 juta tahun yang lalu. Sisa-sisa organisme tersebut mengendap di dasar lautan,kemudian ditutupi oleh lumpur. Lapisan lumpur tersebut lambat laun berubahmenjadi batuan karena pengaruh tekanan lapisan di atasnya. Sementara itu, denganmeningkatnya tekanan dan suhu, bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa jasad renik tersebut dan mengubahnya menjadi minyak dan gas.Proses pembentukan minyak bumi dan gas ini memakan waktu jutaan tahun.Minyak dan gas yang terbentuk meresap dalam batuan yang berpori seperti airdalam batu karang. Minyak dan gas dapat pula bermigrasi dari suatu daerah kedaerah lain, kemudian terkosentrasi jika terhalang oleh lapisan yang kedap. Walupun minyak bumi dan gas alam terbentuk di dasar lautan, banyak sumberminyak bumi yang terdapat di daratan. Hal ini terjadi karena pergerakan kulit bumi,sehingga sebagian lautan menjadi daratan.Dewasa ini terdapat dua teori utama yang berkembang mengenai asal usulterjadinya minyak bumi, antara lain:
1. Teori Anorganik (Abiogenesis)
Barthelot (1866) mengemukakan bahwa di dalam minyak bumi terdapatlogam alkali, yang dalam keadaan bebas dengan temperatur tinggi akan bersentuhandengan CO2 membentuk asitilena. Kemudian Mandeleyev (1877) mengemukakan bahwa minyak bumi terbentuk akibat adanya pengaruh kerja uap pada karbida-karbida logam dalam bumi. Yang lebih ekstrim lagi adalah pernyataan beberapa ahli yang mengemukakan bahwa minyak bumi mulai terbentuk sejak zaman prasejarah, jauh sebelum bumi terbentuk dan bersamaan dengan proses terbentuknya bumi.Pernyataan tersebut berdasarkan fakta ditemukannya material hidrokarbon dalam beberapa batuan meteor dan di atmosfir beberapa planet lain. Secara umumdinyatakan seperti dibawah ini:Berdasarkan teori anorganik, pembentukan minyak  bumi didasarkan pada proses kimia, yaitu :a. Teori alkalisasi panas dengan CO2 (Berthelot)Reaksi yang terjadi:alkali metal + CO2 karbida
 
karbida + H2O ocetylenaC2H2 C6H6 komponen-komponen lainDengan kata lain bahwa didalam minyak bumi terdapat logam alkali dalam keadaan bebas dan bersuhu tinggi. Bila CO2 dari udara bersentuhan dengan alkali panas tadimaka akan terbentuk ocetylena. Ocetylena akan berubah menjadi benzena karenasuhu tinggi. Kelemahan logam ini adalah logam alkali tidak terdapat bebas di kerak  bumi. b. Teori karbida panas dengan air (Mendeleyef) Asumsi yang dipakai adalah ada karbida besi di dalam kerak bumi yang kemudian bersentuhan dengan air membentuk hidrokarbon, kelemahannya tidak cukup banyak karbida di alam.
2.Teori Organik (Biogenesis)
Berdasarkan teori Biogenesis, minyak bumi terbentuk karena adanya kebocoran kecil yang permanen dalamsiklus karbon. Siklus karbon ini terjadi antara atmosfirdengan permukaan bumi, yang digambarkan dengandua panah dengan arah yang berlawanan, dimanakarbon diangkut dalam bentuk karbon dioksida (CO2).Pada arah pertama, karbon dioksida di atmosfir berasimilasi, artinya CO2 diekstrak dari atmosfir olehorganisme fotosintetik darat dan laut. Pada arah yangkedua CO2 dibebaskan kembali ke atmosfir melaluirespirasi makhluk hidup (tumbuhan, hewan danmikroorganisme).P.G. Mackuire yang pertama kali mengemukakan pendapatnya bahwa minyak bumi berasal dari tumbuhan. Beberapa argumentasi telah dikemukakan untuk membuktikan bahwa minyak bumi berasal dari zat organik yaitu:
Minyak bumi memiliki sifat dapat memutar bidang polarisasi,ini disebabkanoleh adanya kolesterol atau zat lemak yang terdapat dalam darah, sedangkanzat organik tidak terdapat dalam darah dan tidak dapat memutar bidangpolarisasi.
Minyak bumi mengandung porfirin atau zat kompleks yang terdiri darihidrokarbon dengan unsur vanadium, nikel, dsb.
Susunan hidrokarbon yang terdiri dari atom C dan H sangat mirip dengan zatorganik, yang terdiri dari C, H dan O. Walaupun zat organik menggandungoksigen dan nitrogen cukup besar.
Hidrokarbon terdapat di dalam lapisan sedimen dan merupakan bagianintegral sedimentasi.
Secara praktis lapisan minyak bumi terdapat dalam kambium sampaipleistosan.
Minyak bumi mengandung klorofil seperti tumbuhan.
 
Proses pembentukan minyak bumi terdiri dari tiga tingkat, yaitu:
Pembentukan sendiri, terdiri dari:- pengumpulan zat organik dalam sedimen- pengawetan zat organik dalam sedimen- transformasi zat organik menjadi minyak bumi.
Migrasi minyak bumi yang terbentuk dan tersebar di dalam lapisansedimenterperangkap.
Akumulasi tetes minyak yang tersebar dalam lapisan sedimen hingga berkumpil menjadi akumulasi komersial.Proses kimia organik pada umumnya dapat dipecahkan dengan percobaan dilaboratorium, namun berbagai faktor geologi mengenai cara terdapatnya minyak  bumi serta penyebarannya didalam sedimen harus pula ditinjau. Fakta inidisimpulkan oleh Cox yang kemudian di kenal sebagai pagar Cox diantaranyaadalah:Minyak bumi selalu terdapat di dalam batuan sedimen dan umumnya pada sedimenmarine, fesies sedimen yang utama untuk minyak bumi yang terdapat di sekitarpantai.Minyak bumi memeng merupakan campuran kompleks hidrokarbon.Temperatur reservior rata-rata 107°C dan minyak bumi masih dapat bertahansampai 200°C. Diatas temperatur ini forfirin sudah tidak bertahan.Minyak bumi selalu terbentuk dalam keadaan reduksi ditandai adanya forfirin dan belerang.Minyak bumi dapat tahan pada perubahan tekanan dari 8-10000 psi.Proses transformasi zat organik menjadi minyak bumi.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Yanpit Rumbruren liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->