Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Geografi_Perairan Darat_Danau Dan Rawa

Geografi_Perairan Darat_Danau Dan Rawa

Ratings: (0)|Views: 589 |Likes:
Published by Oom Saepul Rohman

More info:

Published by: Oom Saepul Rohman on May 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2011

pdf

text

original

 
PERAIRAN DARAT - 2 ( DANAU DAN RAWA)
 
Sumber : e-dukasi.net
========================================================
A. Danau
Pernahkah Anda melihat danau atau barangkali di sekitar tempat tinggal atau sekolahmuterdapat danau. Kalau pernah, coba tulis di kertas, apa nama danau yang pernah Anda lihatserta di mana danau tersebut berada. Dari hasil pengamatan Anda tentang danau, cobaperhatikan apakah sesuai jika dikatakan bahwa danau itu merupakan suatu daratan yangcekung (basin) yang digenangi air yang cukup banyak. Air yang menggenangi danau bisaberasal dari mata air, air tanah, air sungai yang berpelepasan atau bermuara di danautersebut atau bisa juga berasal dari air hujan.Bagaimana, apakah keterangan tersebut sesuai dengan keadaan danau yang Anda amati?,kalau tidak diskusikan dengan teman atau gurumu.Air yang mengisi danau biasanya air tawar, contohnya Danau Toba di Sumatera Utara, DanauPoso di Sulawesi Tengah, dan Riam Kanan di Kalimantan Selatan. Selain air tawar ada jugadanau yang airnya asin (memiliki kadar garam tinggi) seperti Danau Kaspia, Danau Laut Mati,Danau Laut Aral, Great Salt dan lain-lain. Mengapa ada danau yang airnya asin? Hal ini terjadikarena di danau terjadi penguapan yang sangat tinggi. Di samping itu air yang masuk kedanau tersebut biasanya tidak berpelepasan atau tidak mengalir lagi ke tempat lain.Ada bermacam-macam jenis danau. Coba Anda tuliskan di kertasmu macam-macam danauberdasarkan proses kejadiannya.Sekarang cocokkan jawaban Anda dengan jawaban berikut ini.Berdasarkan proses kejadiannya danau dibedakan menjadi 6 macam yaitu danau: Tektonik,Vulkanik, Tektono-Vulkanik, Karst, Glasial dan Waduk atau Bendungan.
1) Danau Tektonik
Yaitu danau yang terjadi akibat adanya peristiwa tektonik seperti gempa. Akibat gempa terjadiproses patahan (fault) pada permukaan tanah. Permukaan tanah yang patah mengalamipemerosotan atau ambles (subsidence) dan menjadi cekung. Selanjutnya bagian yang cekungkarena ambles tersebut terisi air dan terbentuklah danau. Danau jenis ini contohnya danauPoso, danau Tempe, danau Tondano, dan danau Towuti di Sulawesi. Danau Singkarak, danauManinjau, dan danau Takengon di Sumatera.
2) Danau Vulkanik atau Danau Kawah
Yaitu danau yang terdapat pada kawah lubang kepunden bekas letusan gunung berapi. Ketikagunung meletus batuan yang menutup kawasan kepunden rontok dan meninggalkan bekaslubang di sana. Ketika terjadi hujan lubang tersebut terisi air dan membentuk sebuah danau.Contoh danau jenis ini ialah danau Kelimutu di Flores, Kawah Bromo, danau gunung Lamongandi Jawa Timur, danau Batur di Bali danau Kerinci di Sumatera Barat serta Kawah gunungKelud.
3) Danau Tektono-Vulkanik
Yaitu danau yang terjadi akibat proses gabungan antara proses vulkanik dengan prosestektonik. Ketika gunung berapi meletus, sebagian tanah/batuan yang menutupi gunung patahdan merosot membentuk cekungan. Selanjutnya cekungan tersebut terisi air dan terbentuklahdanau. Contoh danau jenis ini adalah danau Toba di Sumatera Utara.
4) Danau Karst
Danau jenis ini disebut juga Doline, yaitu danau yang terdapat di daerah berbatu kapur. Danau jenis ini terjadi akibat adanya erosi atau pelarutan batu kapur. Bekas erosi membentukcekungan dan cekungan terisi air sehingga terbentuklah danau.
5) Danau Glasial
Danau yang terjadi karena adanya erosi gletser. Pencairan es akibat erosi mengisi cekungan-cekungan yang dilewati sehingga terbentuk danau. Contoh danau jenis ini terdapat diperbatasan antara Amerika dengan Kanada yaitu danau Superior, danau Michigan dan danauOntario.
6) Waduk atau Bendungan
Adalah danau yang sengaja dibuat oleh manusia. Pembuatan waduk biasanya berkaitandengan kepentingan pengadaan listrik tenaga air, perikanan, pertanian dan rekreasi. Contohdanau jenis ini misalnya Saguling, Citarum dan Jatiluhur di Jawa Barat, Riam Kanan dan RiamKiri di Kalimantan Selatan, Rawa Pening, Kedung Ombo dan Gajah Mungkur di Jawa Tengah.
2006-2007 Bamboomedia OnNet

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->