Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LP - Mola Hidatidosa

LP - Mola Hidatidosa

Ratings: (0)|Views: 1,808 |Likes:
Published by Muhamad Ilham N

More info:

Published by: Muhamad Ilham N on May 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUANMOLA HIDATIDOSAdisusun oleh :Muhamad Ilham NP174202090272AKEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIAPOLITEKNIK KESEHATAN SEMARANGPROGRAM STUDI KEPERAWATANPURWOKERTO2011
 
MOLA HIDATIDOSAA.PENGERTIAN
θ
Hamil mola adalah suatu kehamilan dimana setelah fertilisasi hasil konsepsitidak berkembang menjadi embrio tetapi terjadi proliferasi dari vili korialesdisertai dengan degenerasi hidropik (Hamilton, 1995).
θ
Mola hidatidosa adalah kehamilan dini akan berkembang secara abnormaldan uterus terisi oleh gelembung-gelembung mirip buah anggur yangmenghasilkan hormon korionik gonadotropin dalam jumlah yang sangat besar (Farrer, 1999).
θ
Hamil mola adalah suatu kehamilan dimana setelah fertilisasi hasil konsepsitidak berkembang menjadi embrio tetapi terjadi proliferasi dari vili korialesdisertai dengan degenerasi hidropik (Heller, 1986).
θ
Mola hidatidosa adalah kehamilan abnormal dimana hampir seluruh vilikorialisnya mengalami perubahan hidrofik (Mansjoer, 1999).
θ
Mola hidatidosa adalah penyakit yang berasal dari kelainan pertumbuhantrofoblas plasenta atau calon plasenta dan disertai dengan degenerasi kistik villi dan perubahan hidropik.
B.ETIOLOGI
Belum diketahui pasti, ada yang menyatakan akibat infeksi, defisiensi makanan,dan genetik. Yang paling cocok ialah teori Acosta sison, yaitu defisiensi protein.Faktor resiko terdapat pada golongan sosioekonomi rendah, usia < 20 tahun dan paritas tinggi.Menurut Heller (1986), penyebab dari mola hidatidosa adalah anomali yaitukarena pembengkakan edematosa pada villi (degenerasi hidrofik) dan proliferasitrofoblast.
C.PATOFISIOLOGI
 
Faktor ovum, imunoselektif dari tropoblas, sosial-ekonomi yang rendah, paritas tinggi, keurangan protein, infeksi virus, faktor kromosom yang belum jelas menyebabkan chorionic vili berganda.Sebagian dari vili berubah menjadi gelembung-gelembung berisi cairan jernih. Biasanya tidak ada janin. Secara histopatologik kadang-kadang ditemukan jaringan mola pada plasenta dengan bayi normal. Suatu agonesis yanglengkap/degenerasi dini dari sistem vaskularisasi buah kehamilan pada kehamilanminggu ke III – V.Sirkulasi yang terus menerus tanpa adanya fetus menyebabkan sel trofoblasmemproduksi hormon. Cairan ini dapat berupa gelembung yang dapat sebesar  butir kacang hijau sampai sebesar buah anggur. Gelembung ini dapat mengisikavum uteri.Stroma vili dan kelembaban, terlambat atau hilangnya pembuluh darah danstroma, adanya proliferasi dari trofoblast. Pada pemeriksaan kromosom poliploididan hampir pada semua kasus mola susunan sex kromatin adalah wanita.Pada mola hidatidosa ovarium dapat mengandung kista lutein kadang-kadanghanya ada satu ovarium, kadang-kadang pada keduanya. Kista ini berdinding tipisdan berisikan cairan kekuning-kuningan dan dapat mencapai ukuran tinju/kepala bayi. Kista lutein terjadi karena perangsangan ovarium oleh kadar gonadotropinchorion yang tinggi. Kista akan menghilang dengan sendirinya setelah moladilahirkan.(Mansjoer, 1999 : 266 dan Mochtar, 1998 : 239).
D.MANIFESTASI KLINIK 
Menurut Farrer (1999) dan Mansjoer (1999) :
Amenore dan tanda-tanda kehamilan.
Uterus berukuran lebih besar daripada ukuran untuk kehamilan yang normaldan teraba lunak serta bundar.
Jantung janin tidak terdengar.
Bagian tubuh janin tidak teraba.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Chaira Hisan liked this
Adi Otnairpus liked this
Redi Putra liked this
Decy Lisdyamitha liked this
Icha Nadira liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->