Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
73Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Kredit Bank

Manajemen Kredit Bank

Ratings: (0)|Views: 8,433 |Likes:
Published by Dikta

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Dikta on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

 
A.
 
Jenis-Jenis Kredit
Kredit oleh bank atau lembaga keuangan lainnya di berikan kepada orang dan lembagayang memerlukannya di bedakan dalam beberapa jenis kredit. Pembedaan jenis-jenis kreditsangat diperlukan dalam rangka
 setting 
kredit yang akan dilakukan oleh bank. Terdapat banyak  jenis kredit yang di berikan oleh bank umum dan bank perkreditan rakyat maupun lembagukeuangan lainnya untuk masyarakat terdiri dari beberapa jenis yaitu :
1
.
 
Dilihat Dari Segi Tujuan Pegunaannyaa.
 
Kredit Produktif 
y
 
Kredit investasiYaitu kredit yang diberikan untuk pengadaan barang modal maupun jasa yangdimaksudkan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa bagi usaha yang bersangkutan.Kredit ini diberikan kepada perusahaan yang baru akan berdiri untuk keperluanmembangun pabrik baru.
y
 
Kredit modal kerjaYaitu kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan usaha, termasuk gunamenutupi biaya produksi dalam rangka peningkatan produksi atau penjualan. Kredit inidiberikan kepada perusahaan yang telah berdiri, namun membutuhkan dana untuk meningkatkan produksi dalam operasionalnya. Misalnya dalam hal membayar gaji pegawai atau unutk membeli bahan baku.
b
.
 
Kredit Konsumtif 
Adalah kredit yang diberikan digunakan untuk konsumsi secara pribadi. Dalam kredit initidak akan menembah barang atau jasa yang dihasilkan karena memang untuk digunakan ataudipakai aleh seseorang atau badan usaha.
 
2
.
 
Dilihat Dari Segi Sektor Usaha
a. Kredit pertanianDiberikan untuk membiayai sektor perkebunan atau pertanian rakyat. b. Kredit peternakanDiberikan untuk jangka pendek misalnya untuk peternakan ayam dan jangka panjangmisalnya untuk kambing ataupun sapi.c. Kredit industriDiberikan untuk membiayai industri kecil, menengah atau besar.d. Kredit perumahanDiberikan untuk membiayai pembangunan atau pembelian rumah.
3.
 
Kredit Ditinjau Dari Segi Jangka Waktu
 a. Kredit jangka pendek Yaitu suatu kredit yang diberikan tidak melebihi jangka waktu 1 tahun. b. Kredit jangka menengahYaitu suatu kredit yang diberikan dengan jangka waktu 1 ± 3 tahun.c. Kredit jangka panjangYaitu suatau kredit yang diberikan dengan jangka waktu lebih dari 3 tahun.
4.
 
Kredit Ditinjau Dari Segi Jaminannya
 a. Kredit dengan jaminanAdalah suatu kredit yang diberikan dengan suatu jaminan, baik berupa barang / benda berwujud atau tidak berwujud, dan atau jaminan orang. b. Kredit tanpa jaminanAdalah suatu kredit yang diberikan tanpa jaminan baik berupa barang / benda berwujud atau tidak berwujud, dan atau jaminan orang.
 
B
.
 
Penyelesaian Kredit
B
ermasalah
S
epandai apapun analisis kredit dalam menganalisis setiap permohonan kredit,kemungkinan kredit tersebut macet pasti ada, hal ini disebabkan oleh 2 unsur sebagai berikut:
1
. Dari pihak per
b
ankan
Artinya dalam melakukan analisisnya, pihak analisis kurang teliti, sehingga apa yangseharusnya terjadi, tidak diprediksi sebelumnya. Dapat pula terjadi akibat kolusi dari pihak analiskrdit dengan pihak debitur sehingga dalam analisisnya dilakukan secara subjektif.
2
. Dari pihak nasa
b
ah
Dari pihak nasabah kemacetan kredit dapat dilakukan akibat 2 hal yaitu:a. Adanya unsur kesengajaanDalam hal ini nasabah sengaja untuk tidak bermaksud membayar kewajibannya kepada bank sehingga kredit yang diberikannya macet. Dapat dikatakan tidak adanya unsur kemauan untuk membayar. b. Adanya unsur tidak sengajaArtinya si debitur mau membayar akan tetapi tidak mampu.
S
ebagai contoh kredit yangdibiayai mengalami musibah seperti kebakaran, kena hama, kebanjiran dan sebagainya.
S
ehinggakemampuan untuk membayar kredit tidak ada. Dalam hal kredit macet pihak bank perlumelakukan penyelamatan, sehingga tidak akan menimbulkan kerugian.Penyelamatan yang dilakukan apakah dengan memberikan keringanan berupa jangka waktuatau angsuran terutama bagi kredit terkena musibah atau melakukan penyitaan bagi kredit yangsengaja lalai untuk membayar. Terhadap kredit yang mengalami kemacetan sebaiknya dilakukan penyelamatan sehingga bank tidak mengalami kerugian.

Activity (73)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
erlanggaherp liked this
SeyLa AnasTasia liked this
Fatimah Hakim liked this
suryadi liked this
Allan Gunadi liked this
dimansc liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->