Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
21Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konservasi Alam

Konservasi Alam

Ratings: (0)|Views: 2,724|Likes:
Published by Egi Kardia

More info:

Published by: Egi Kardia on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/20/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH KONSERVASI ALAM1.1 Pengertian konservasi
Konservasi adalah segenap proses pengelolaan suatu tempat agar makna kulturalyang dikandungnya terpelihara dengan baik (Piagam Burra, 1981). Konservasi adalahpemeliharaan dan perlindungan terhadap sesuatu yang dilakukan secara teratur untukmencegah kerusakan dan kemusnahan dengan cara pengawetan (Peter Salim dan YennySalim, 1991). Kegiatan konservasi selalu berhubungan dengan suatu kawasan, kawasan itusendiri mempunyai pengertian yakni wilayah dengan fungsi utama lindung atau budidaya(UU No. 24 Tahun 1992). Kawasan lindung adalah kawasan yang ditetapkan dengan fungsiutama melindungi kelestarian lingkungan hidup yang mencakup sumber daya alam, sumber daya buatan, dan nilai sejarah serta budaya bangsa guna kepentingan pembangunanberkelanjutan. Kawasan budidaya adalah kawasan yang ditetapkan dengan fungsi utamauntuk dibudidayakan atas dasar kondisi dan potensi sumber daya alam, sumber dayamanusia, dan sumber daya buatan.(Sofa, 2008) Apabila merujuk pada pengertiannya, konservasi didefinisikan dalam beberapabatasan, sebagai berikut :1. Konservasi adalah menggunakan sumberdaya alam untuk memenuhi keperluanmanusia dalam jumlah yang besar dalam waktu yang lama (American Dictionary).2. Konservasi adalah alokasi sumberdaya alam antar waktu (generasi) yang optimalsecara sosial (Randall, 1982).3. Konservasi merupakan manajemen udara, air, tanah, mineral ke organisme hiduptermasuk manusia sehingga dapat dicapai kualitas kehidupan manusia yangmeningkat termasuk dalam kegiatan manajemen adalah survai, penelitian,administrasi, preservasi, pendidikan, pemanfaatan dan latihan (IUCN, 1968).4. Konservasi adalah manajemen penggunaan biosfer oleh manusia sehingga dapatmemberikan atau memenuhi keuntungan yang besar dan dapat diperbaharui untukgenerasi-generasi yang akan datang (WCS, 1980).(Anonim¹ , 2007)
 
1.2 Ruang Lingkup Sumber Daya
Sifat atau ciri-ciri sumber daya alam di Indonesia yang menonjol ada dua macam,yaitu penyebaran yang tidak merata dan sifat ketergantungan antara sumber daya alam.Sumber daya alam sendiri dapat diklasifikasikan berdasarkan kemampuannya menjadi duagolongan, yaitu sumber daya alam yang dapat pulih dan sumber daya alam yang tak dapatpulih. Sumber daya alam buatan adalah hasil pengembangan dari sumber daya alam hayatidan/atau sumber daya alam non hayati yang ditunjuk untuk meningkatkan kualitas,kuantitas, dan/atau kemampuan daya dukungnya, antara lain hutan buatan, waduk, dan jenis unggul. (Sofa, 2008)
1.3 Konservasi Sumber Daya Alam di Indonesia
y
Mulai tahun 1970-an konservasi sumber daya alam di Indonesia berkembang danmemiliki suatu strategi yang bertujuan untuk:a. Memelihara proses ekologi yang penting dan sistem penyangga kehidupan.b. Menjamin keanekaragaman genetik.c. Pelestarian pemanfaatan jenis dan ekosistem.
y
Peranan kawasan konservasi dalam pembangunan meliputi:a. Penyelamat usaha pembangunan dan hasil-hasil pembangunan.b. Pengembangan Ilmu Pendidikan.c. Pengembangan kepariwisataan dan peningkatan devisa.d. Pendukung pembangunan bidang pertanian.e. Keseimbangan lingkungan alam.f. Manfaat bagi manusia.
y
Berdasarkan Pasal 5 UU No. 5 Tahun 1990 dan Strategi Konservasi Dunia kegiatankonservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya meliputi kegiatan:a. Perlindungan proses-proses ekologis yang penting atau pokok dalam sistem-sistempenyangga kehidupan.b. Pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.c. Pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.
 
1.4 Strategi Konservasi Alam Indonesia
Strategi Konservasi Alam Indonesia sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Undang-undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan- ketentuan Pokok Pengelolaan LingkunganHidup (sekarang UU No. 23 Tahun 1997). Strategi konservasi sumber daya alam disusundengan maksud untuk memberikan pedoman kepada para pengelolaan sumber daya alamdalam menggunakan sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakatdan pembangunan. Menurut UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah,Kewenangan daerah mencakup kewenangan dalam seluruh bidang pemerintahan kecualikewenangan dalam bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan, moneter dan fiskal, agama serta kewenangan lain. Kewenangan lain yang dimaksud meliputikebijaksanaan tentang antara lain pendayagunaan sumber daya alam serta konservasi.Kebijakan ini dijelaskan lebih lanjut dalam PP No. 25 Tahun 2000 tentang Tugas Pemerintahyang berkaitan dengan konservasi sumber daya hayati. (Sofa, 2008)
1.5 Strategi Konservasi Alam Dunia
y
Sasaran Strategi Konservasi Dunia adalah untuk mencapai tiga tujuan utama:1. Menjaga berlangsungnya proses ekologis yang esensial.2. Pengawetan keanekaragaman plasma nutfah.3. Menjamin kelestarian pemanfaatan jenis dan ekosistem.
y
Strategi Konservasi Alam Dunia meliputi:1. Konservasi sumber daya hayati untuk pembangunan berkesinambungan.2. Perlindungan Proses Ekologi yang terutama dan Sistem Penyangga Kehidupan.3. Pengawetan Keanekaragaman Plasma nutfah.4. Pemanfaatan Jenis dan Ekosistem secara lestari.(Sofa, 2008)

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rahayu Wulandari liked this
Hana Hachirobei liked this
Dini Kohandi liked this
Kamajaya Shagir liked this
Kamajaya Shagir liked this
baehaqi_alanawa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->