P. 1
Laporan Akhir_Bab 7_Rencana Struktur

Laporan Akhir_Bab 7_Rencana Struktur

Ratings: (0)|Views: 14,299|Likes:
Published by makassar2030
Rencana Struktur
Rencana Struktur

More info:

Published by: makassar2030 on May 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

 
 
VII - 1
A. RENCANA PENGEMBANGAN STRUKTUR RUANG PERKOTAAN1. Kriteria Sistem Perkotaana) Rencana Pusat-Pusat Kegiatan
Dalam rumusan pusat-pusat kegiatan, secara umum dapat dikategorikan dalam pembagian pusat kegiatanpemerintahan, ekonomi, social dan budaya berada di kawasan perkotaan. Secara umum pula Makassar`telahmampu menjadi kota yang mandiri, hal ini di dukung oleh wilayah kota yang cukup strategis, memiliki ragam pulauyang eksotik dan keunikan-keunikan local lainnya. Selain itu peningkatan dari aspek ekonomi maupun socialbudaya cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil APBD setiap tahunnya.Rencana pusat-pusat kegiatan di kota Makassar didesain dan terstrukutur dalam pembagian kawasan terpadu,kawasan khusus dan kawasan prioritas. Pusat-pusat kegiatan tersebut tersebar di beberapa kawasan yangtentunya memiliki derajat aksesbilitas dan interkonektifitas yang besar, serta pelayanan prasarana wilayah yangmemadai sehingga melahirkan Makassar sebagai wujud ruang kota yang indah, sinergis dan simbiosis mutualismantar ruang-ruang kota di dalamnya.Berdasarkan PP No 26 Tahun 2008 tentang RTRW Nasional sistem perkotaan ditentukan sebagai berikut:
 
 
Pusat Kegiatan Nasional (PKN) berupa kawasan perkotaan dengan skup pelayanan nasional atau beberapaprovinsi yang fungsi kota dan prasarana wilayahnya strategis. RTRWN menempatkan PKN di Kota Makassar
 
Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) berupa Kawasan perkotaan dengan skup pelayanan provinsi atau beberapakabupaten dan atau kota dengan fungsi dan prasarana wilayah strategisnya. Wilayah ini berada di wilayah KotaMakassar.
 
Pusat Kegiatan Lokal (PKL) merupakan pusat-pusat kegiatan skala Kecamatan, sebagai pusat administrasi, pusatkegiatan perdagangan, bisnis, industri dan jasa, serta simpul transportasi yang melayani skala kecamatan.
b) Kriteria PKN dan PKL1. Pusat Kegiatan Nasional (PKN)
PKN minimal memenuhi fungsinya sebagai: (i) pusat jasa pelayanan keuangan/perbankan yang cakupanpelayanannya berskala nasional atau beberapa provinsi; (ii) pusat pengolahan/ pengumpul barang secaranasional/ beberapa provinsi, (iii) simpul transportasi skup pelayanan nasional/ beberapa provinsi; (iv) jasapemerintahan nasional/ beberapa provinsi; (v) jasa publik lainnya yang skup pelayanannya nasional/ beberapa provinsi; (vi) berdaya dorong pertumbuhan wilayah sekitarnya; (vii) potensiil menjadi pintu gerbanginternasional.
LAPORAN AKHIR
BAB VII. RENCANA STRUKTUR RUANG KOTA
 
 
VII - 2
Ketersediaan minimal fasilitas umum:Perhubungan : Pelabuhan laut (utama) dan atau terminal Tipe A.Ekonomi : Pasar induk antar wilayah, perbankan skup Nasional dan internasional.Kesehatan : Rumah sakit umum tipe A.Pendidikan : Perguruan tinggi.
2. Pusat Kegiatan Lokal (PKL)
PKL minimal berfungsi sebagai: (i) pusat pengolahan/pengumpulan barang yang melayani beberapakecamatan dalam satu kota ; (ii) simpul transportasi yang melayani kota dan beberapa kecamatankota/kabupaten tetangga; (iii) jasa pemerintahan kabupaten/kota; serta (iv) pusat pelayanan publik lainnyauntuk kota dan beberapa kabupaten tetangga.Fasilitas minimal yang harus tersedia di PKL:Perhubungan : Terminal bis tipe C.Ekonomi : Pasar Induk kabupaten/kota, perbankan skup kabupaten/kota.Kesehatan : Rumah Sakit umum tipe C.Pendidikan : SLTASelanjutnya SISTEM STRUKTUR RUANG Kota Makassar disusun terutama berdasarkan Rencana Tata RuangWilayah Nasional, Sistem Transportasi Nasional, Sistem Struktur Pulau Sulawesi, RTRWP Provinsi SulawesiSelatan, dan Sistem Perkotaan Kota Makassar. Untuk lebih jelasnya, lihat peta berikut:
Gambar 7-1
Peta Rencana Struktur Ruang Wilayah Kota Makassar 2010-2030
 
 
VII - 3
Mengacu pada peta rencana pola ruang wilayah di atas, bahwa rencana kawasan perkotaan di Makasaar dikonsentrasikan di beberapa kecamatan seperti kecamatan Makassar, Mariso, Ujung Pandang, Wajo, Bontoala.Kecamatan-kecamatan tersebut merupakan kawasan yang dianggap cukup potensial dan strategis. Strategis tidakhanya menghubungkan antar wilayah kecamatan, kabupaten tetapi juga strategis dalam skala provinsional, nasionaldan bahkan skala internasional. Dengan background tersebut sehingga kawasan tersebut dijadikan sebagai kawasanpusat kota, dimana kegiatan utama kawasan sebagai tempat pemukiman perkotaan, pemusatan dan distribusipelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial serta kegiatan ekonomi.
2. Rencana Kerangka Kota Makassar
Rencana Struktur Ruang Kota Makassar berguna untuk menciptakan pembangunan fisik kota dan pemanfaatan ruangkota Makassar yang berkelanjutan. Oleh karena itu, suatu Rencana Struktur Ruang Kota yang secara komprehensifmempertimbangkan seluruh aspek perencanaan kota sehingga terwujud sesuai dengan Visi dan Misi Kota Makassar.Rencana Struktur Ruang Kota Makassar digunakan sebagai pedoman untuk:
Perumusan kebijakan pokok pemanfaatan ruang
Perwujudan keterpaduan, keterkaitan, dan keseimbangan perkembangan antar kawasan terpadu dan khusus sertakeserasian antar sektor pembangunan
Pelestarian dan Pengendalian terhadap kawasan lindungRuang-ruang struktural merupakan ruang dengan fungsi-fungsi utama kota yang memiliki fungsi, peranan dan pengaruhyang sangat besar/vital, baik dari aspek ekonomi, sosial, budaya, maupun alam/lingkungan.Ruang-Ruang Struktural di Kota Makassar meliputi:
Rencana PERSEBARAN dan KEPADATAN PENDUDUK;
Rencana PENGEMBANGAN Kawasan Hijau;
Rencana PENGEMBANGAN Kawasan Permukiman;
Rencana PENGEMBANGAN Bangunan Umum;
Rencana PENGEMBANGAN Kawasan Industri;
Rencana PENGEMBANGAN Kawasan Pergudangan;
Rencana PENGEMBANGAN Kawasan Pedagang Kaki Lima;
Rencana PENGEMBANGAN Prasarana Wilayah;
Rencana INTENSITAS RUANG;
Rencana PENGEMBANGAN Sistem Prasarana Wilayah;
Rencana PENYEDIAAN Fasilitas Umum dan Sosial;
Rencana PENGELOLAAN Air Bersih;
Rencana PENGELOLAAN Air Limbah;
Rencana PENGELOLAAN Persampahan;
Rencana PENGEMBANGAN Listrik;
Rencana PENGEMBANGAN Jaringan Telepon;
Rencana PENGEMBANGAN Centerpoint Of Indonesia (COI);
Rencana PENGEMBANGAN Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP).Dalam Rencana Struktur Ruang Kota, yang menjadi Kerangka Kota
 –
Urban Struktur adalah jalan-jalan utama kota yangmenjadi jalan primer kota serta alur sungai utama yang penting.

Activity (55)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dehasri liked this
dehasri liked this
Fajrin F Patty liked this
Aktrista Trista liked this
pinkanda liked this
Nasiran Nsr liked this
st_sulaiman16037 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->