Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan

Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 268 |Likes:
Published by nursabani

More info:

Published by: nursabani on May 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2011

pdf

text

original

 
1
PEDOMAN PENYELENGGARAANPENDIDIKAN PADA SATUAN PENDIDIKANDI LINGKUNGAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMAPROVINSI JAWA TENGAHI.
 
STANDAR ISI :
Bagian dari delapan standar yang ditetapkan oleh pemerintah yang memuat ruang lingkup materidan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensibahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi olehpeserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.Standar isi memuat :
A.
 
Kerangka dasar kurikulum
Kerangka dasar kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri ataskelompok mata pelajaran :1.
 
Agama dan Akhlaq Mulia2.
 
Kewarganegaraan dan Kepribadian3.
 
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi4.
 
Estetika5.
 
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
B.
 
Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh pesertadidik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum tiap mata pelajarandituangkan dalam bentuk kompetensi ( standar kompetensi dan Kompetensi Dasar ) yangdikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ).Struktur Kurikulum meliputi :1.
 
Komponen Mata Pelajaran :Struktur Kurikulum Komponen Mata Pelajaran berdasarkan Permen Diknas nomer 22tahun 2006 tentang Standar Isi yang merupakan standar minimal dan Peraturan MenteriAgama RI No 2 tahun 2008 tentang standar Kompetensi lulusan & Standar isi PAI &Bahasa Arab di Madrasah.2.
 
Muatan LokalMuatan Lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yangdisesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang materinya tidak sesuai menjadibagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi matapelajaran sendiriMuatan lokal merupakan mata pelajaran sehingga satuan pendidikan harusmengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap jenis muatanlokal yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiapsemester. Ini berarti dalam satu tahun satuan pendidikan dapat menyelenggarakan duamata pelajaran muatan lokal.3. Pengembangan diriPengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru.Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minatsetiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah.Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atautenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler.Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yangberkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangandiri karir peserta didik.Dalam pelaksanaan pengembangan diri disusun standar kompetensi dan kompetensi dasarsebagai pedoman dalam penyusunan silabus dan RPP.
C.
 
Beban Belajar
Beban Belajar berisi uraian tentang sistem penyelenggaran program pembelajaran yangditetapkan madrasah ( sistem paket atau kredit semester ) setiap mata pelajaran pada sistempaket dinyatakan dalam bentuk satuan jam pembelajaran meliputi
Kegiatan Tatap Muka,Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri tidak terstruktur.Kegiatan Tatap Muka
adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antarapeserta didik dengan pendidik, beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran padamasing-masing satuan pendidikan ditetapkan sebagai berikut :
 
2
1. MI berlangsung selama 35 menit;2. MTs berlangsung selama 40 menit;3. MA/MAK berlangsung selama 45 menit.Beban Belajar kegiatan tatap muka mapel dan mulok per minggu pada setiap satuanpendidikan sebagai berikut :a.
 
MI :i.
 
kelas I s.d. kelas II adalah 31 Jam Pelajaranii.
 
Kelas III adalah 33 jam pembelajaraniii.
 
kelas IV s.d. kelas VI adalah 39 jam pembelajaranb.
 
MTsJumlah jam pembelajaran tatap muka mapel dan mulok per minggu adalah 42 jampembelajaran;c.
 
MA/MAKJumlah jam pembelajaran tatap muka mapel dan mulok per minggu adalah :-
 
kelas X = 44 jam pembelajaran.-
 
Kelas XI- XII = 45 jam pelajaran
( untuk mapel Al quran Hadis, fiqih, SKI, Akidah Akhlaq dan Bahasa Arab alokasiwaktunya ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan berpedomanperaturan Menteri Agama RI No 2 tahun 2008 tentang Standar Komputer lulusandan Standar isi PAI & Bahasa Arab di Madrasah )Tabel : Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Mapel dan MulokKeseluruhan untuk setiap Satuan Pendidikan minimal :
SatuanPendidikanKelasSatu JamPemb.TatapMuka(menit)JumlahJamPemb.PerMingguMingguEfektif per TahunPelajaranWaktu Pembelajaranper TahunJumlahJam perTahun(@60menit)MII
 – 
IIIII3535313334-38884-1064 jampembelajaran (30940
 – 
37240 menit)516-621IV-VI 35 39 34-381088-1216 jampembelajran (38080-42560 menit)635-709MTs VII-IX 40 42 34-381088-1216 jampembelajaran(43520-48640 menit)725-811MAXXI-XII4545444534-381292-1482 jampembelajaran(58140-66690 menit)969-1111,5MAKXXI -XII45454445381368 jampembelajaran(61560 menit)1026(standarminimum)
Penugasan Terstruktur
adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materipembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standarkompetensi. waktu penyelesaian ditentukan oleh Pendidik Bentuk penugasan terstruktur berupaPR, latihan soal, dll.
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalamanmateri pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standarkompetensi. waktu penyelesaian diatur sendiri oleh peserta didik .Bentuk kegiatan mandiri tidak terstruktur bisa berupa : tadarus di rumah, melaksanakan sholat jamaah di masjid, mengamatiprinsip kerja pengetahuan alam dan atau pengetahuan sosial dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu untuk Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstrukturdalam sistem paket untuk MI 0 % s.d. 40 %, MTs 0% s.d. 50% dan MA/MAK 0% s.d. 60%dari waktu kegiatan tatap muka dari pelajaran yang bersanguktan.
Satuan Pendidikan baik MTs, MA atau MAK dapat memasukkan : 1) Pendidikan kecakapan hidup yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional. 2) Pendidikan berbasis keunggulan lokal atau pendidikan berbasis Pendidikan Global 
 
3
D.
 
Kalender Pendidikan
Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan denganmengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun pelajaran. Kalender pendidikan adalahpengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yangmencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif danhari libur.
1. Alokasi Waktu
Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awaltahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahunpelajaran pada setiap satuan pendidikan.Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaranterjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jedatengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan,hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.Alokasi waktu minggu efektif belajar, waktu libur dan kegiatan lainnya tertera padaTabel.
Tabel. Alokasi Waktu pada Kelender Pendidikan
No Kegiatan Alokasi Waktu Keterangan1.
 
Minggu efektif belajarMinimum 34 minggu danmaksimum 38 mingguDigunakan untuk kegiatanpembelajaran efektif pada setiapsatuan pendidikan2.
 
Jeda tengah semester Maksimum 2 minggu Satu minggu setiap semester3.
 
Jeda antarsemester Maksimum 2 minggu Antara semester I dan II4.
 
Libur akhir tahunpelajaranMaksimum 3 minggu
 
Digunakan untuk penyiapankegiatan dan administrasi akhirdan awal tahun pelajaran5.
 
Hari libur keagamaan 2
 – 
4 minggu Daerah khusus yang memerlukanlibur keagamaan lebih panjangdapat mengaturnya sendiri tanpamengurangi jumlah mingguefektif belajar dan waktupembelajaran efektif 6.
 
Hari liburumum/nasionalMaksimum 2 minggu Disesuaikan dengan PeraturanPemerintah7.
 
Hari libur khusus Maksimum 1 minggu Untuk satuan pendidikan sesuaidengan ciri kekhususan masing-masing8.
 
Kegiatan khusussekolah/madrasahMaksimum 3 minggu Digunakan untuk kegiatan yangdiprogramkan secara khusus olehsekolah/madrasah tanpamengurangi jumlah mingguefektif belajar dan waktupembelajaran efektif 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->